إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

طريقة لقضاء عطلتك في إندونيسيا بميزانية منخفضة

Murah dan Menyenangkan, Wisata Instagramable dari Dana Desa

406

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – هل تريد أن تتنزه ولكن ليس لديك المال أو الوقت الكافيين؟ لا تقلق. فالجهاز المركزي للإحصاء في عام 2018 أعلن أن هناك 1734 قرية يمكن أن تصبح قريبة سياحية.

يمكن للجميع الإستمتاع بالقرى السياحية ، فالعدد في إزدياد حيث أن العدد المحتمل للقرى السياحية في عام 2014 كان 1302 قرية فقط.

شجع الجهاز المركزي للإحصاء الحكومات المحلية على تشجيع هذه الفرصة وتطوير القرى التي لديها الإمكانية أن تصبح قرى سياحية عن طريق الدع المادي والإقتصادي.

وهذا ما قاله الرئيس جوكو ويدودو في مناسبة سابقة.

قال الرئيس: “نتمنى أن تستطيع الحكومات المحلية في إندونيسيا على تعزيز إقتصاد المنطقة ودعم القرى التي لديها القدرة أن تصبح قرى سياحية”.

يمكن أيضًا للحكومات المحلية أن تستخدم الميزانية المخصصة من الدولة لكل قرية حتى تطور من الخصائص السياحية لهم. ومن ضمن القرى التي نجحت بالفعل في هذا هي قرية بونجوك في كلاتن بجاوا الوسطى.

فمن خلال تطوير أماكن التصوير السياحية في القرية ، استطاعت القرية أن تجني أرباح قدرهها 14 مليار روبية في السنة الواحدة وهذا كله من خلال تحصيل رسوم دخول 15 ألف روبية إندونيسية للفرد الواحد.

لذلك ، لا تحتاج إلى مال كثير أو وقت طويل للإستمتاع بوقتك ، بل تستطيع فعل ذلك بميزانية منخفضة ووقت قليل في القرى السياحية الإندونيسية مع إلتقاط أفضل الصور السيلفي ورفعها على تطبيع إنستجرام.

المترجم : محمد علي | المصدر: وكالة كومباس الإخبارية


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Ingin berwisata tapi memiliki dana dan waktu terbatas? Jangan khawatir, data Badan Pusat Statistik ( BPS) 2018 menyebutkan ada 1.734 desa yang berpotensi menjadi desa wisata.

Semua orang bisa menikmati desa-desa wisata itu. Potensi pada 2018 tersebut bertambah banyak dibandingkan potensi pada 2014 yang hanya 1.302 potensi desa wisata.

Potensi yang disampaikan BPS tersebut sudah digali dan dikembangkan oleh sejumlah pemerintah daerah untuk lebih memajukan daerahnya. Ya, itu dilakukan baik dari sisi pengembangan ekonomi daerah maupun potensi destinasi wisatanya.

Hal tersebut sejalan dengan imbauan Presiden Joko Widodo pada sebuah kesempatan.

“Pemerintah daerah diharapkan bisa meningkatkan perekonomian di desanya dengan mengoptimalkan potensi yang bisa menjadi kunjungan wisata di daerahnya,” ujar Jokowi.

Terkait itulah, pemerintah daerah juga bisa memanfaatkan dana desa untuk mengembangkan potensi wisata. Salah satu daerah yang berhasil memanfaatkan sebagian dana desa untuk pengembangan obyek wisata adalah Desa Ponggok di Klaten, Jawa Tengah.

Dengan mengembangkan potensi wisata air Umbul Ponggok, Desa Ponggok berhasil mengantongi Rp14 miliar per tahun. Cukup dengan membayar tiket masuk Rp15.000 per orang, wisatawan sudah bisa berwisata air yang instagramble.

Jadi, tak ada alasan bahwa berwisata itu harus dengan kantong tebal dan waktu yang panjang. Yang pasti, desa-desa wisata di Indonesia asyik buat selfie dan diunggah ke Instagram. Yuuuk wisata ke desa!

Penerjemah: Mohamed Ali | Sumber: kompas

(98)

تعليقات
Loading...
Click Me