إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

فيلسوف إندونيسيا روكي جيرونج يتحدث عن العقل السليم

Fenomena Rocky Gerung dan Apa Itu Akal Sehat?

784

بقلم: د. شهغندا نيغولانج

أرسل أحد كبار المسؤولين الحكوميين مقطع فيديو مدته ثلاث دقائق لروكي جيرونج (RG) إلى حسابي (واتسآب) وهو متعجب، رائع جدًا. شاهدت الفيديو، محاضرة روكي جيرونج أمام عشرات الآلاف من خريجي الجامعات الإندونيسية (PT)، في منطقة تامان ميني، يوم السبت الماضي.

ولم أستطع الحضور حيث كانت المحاضرة في نفس الوقت الذي سأتناول فيه الغداء مع أنيس باسويدان.

ربما تم قطع محاضرة روكي جيرونج، ولكن في ثلاث دقائق من هذا الفيديو يمكنني استخلاص عدة أمور، منها:

أولاً: كان السبب الرئيسي وراء انضمام روكي جيرونج إلى منتدى خريجي الجامعات الإندونيسية هو استعادة المنطق السليم في هذا البلد.

كمثقف، قال روكي جيرونج أن الديمقراطية هي حكومة العقل من خلال حكومة شعبية. لذا فإن الأشخاص الذين ينقص عقلهم ، وخاصة الذين يورطون المجانين في الديمقراطية، يعتبرونه جنونًا.

ثانيا: فشلت الجامعات حاليًا في القيام بوظائفها ووجودها كمركز لنشر الأفكار المنطقية. على الرغم من أن وجود الحرم الجامعي، وفقا لتصميمه، يجب أن يكون قادرا على أن يكون منبعًا للعقول. المنطق يعني أنه ينتقد القوة المسيطرة. للأسف، حرم الجامعة حاليًا مركزًا “للاستعجال” أي للتزييف.

ثالثا: أهمية العقل، لأن العقل قادر على إعداد جيل الشباب لعام 2024. وهي غزوة للفكر بدلاً من المشاعر.

الرابع: بدون نقد لن تتنقح الآراء. يجب أن تكون الانتقادات موجودة حتى تنتج الحجج و الحجج المضادة. الحجج – الحجج المضادة سوف تظهر الحق.

يجب غسل أدمغتنا بالأفكار. من خلال الحجج المضادة وليست تزييف الأفكار، مما يجعل الحوار يتطور.

الخامس: يشير روكي جيروجع إلى قوة الله أو الكون العادل في تقاسم العقول بين البشر. مع العقل يتم القضاء على جميع الاختلافات الجسدية البشرية.

لمناقشة أفكار روكي جيرونج التى أرسلت إلي صباح الأمس، كنت بحاجة لأكثر من 12 ساعة لقراءة الأفكار الفلسفية المختلفة، مثل أرسطو وسقراط وهيوم وداروين ونيتشه وجان بول ساتر وهيدجر وهوسرل هوكينغ وفريدريك هيجل بالإضافة إلى أفكار أبي سينا وملا صدرا. لأن فهم أفكار روكي جيرونج بالأفكار العادية غير ممكن بالتأكيد، لأنه أصبح أعظم فيلسوف لأمتنا في هذا القرن. من الضروري إكمال العقل الفلسفي لمناقشة أفكار الفلاسفة.

دعونا نناقش أفكار روكي جيرونج على النحو التالي:

  1. حول المنطق السليم

والمنطق السليم ، وفقاً لتعريف أرسطو، هو قدرة الشخص على إصدار الأحكام الأساسية للإنسان والحيوان، لكن البشر فقط هم الذين لديهم “تفكير منطقي حقيقي”.

المنطق السليم وفقًا لروكي جيرونج هو بداهة. نشأ المنطق السليم من العقل الذي منحه الله أو الكون إلى البشر كلطف من الله حتى يتمكن البشر من القيام بمهمات حياتهم.

علاوة على ذلك، فإن “المنطق السليم” هو الحكمة ، “الحقيقة البديهية” لكنها عقلانية. أصبحت “العقلانية مقابل التجريبية” في تحديد المنطق السليم مناقشة طويلة الأمد. الهيجلية لا تتطلب خبرة تجريبية للاعتقاد بالمنطق السليم. على العكس من ذلك، على سبيل المثال ماركس يعتقد بأن المنطق السليم من منتجات التاريخ والمادية.

عند مناقشة دور الحرم الجامعي باعتباره “منبع العقول” ومركزًا لحضارة المنطق السليم، على سبيل المثال، يعتقد روكي جيرونج من جانب واحد أن الحرم الجامعي مصمم حقًا للمصالح البشرية. هذا الفكر يتناقض مع الحقيقة البديلة التي مفادها أن الحرم الجامعي قد تم تصميمه بالفعل ليكون وسيلة لتبرير السلطة وأصحاب رؤوس الأموال. على سبيل المثال، في أيام سوكارنو وسوهارتو، كان للحرم الجامعي والأساتذة دور في تبرير جميع أعمال عنف النظام لإسكات حرية الكلام و الفكر. بل على سبيل المثال، في زمن هتلر في ألمانيا، تم قتل 2 مليون يهودي بناء على تأييد الحرم الجامعي والمثقفين هناك.

  1. حول الجدلية

أكد روكي جيرونج على أهمية النقد. النقد لديه فهم نظري وتجريبي. في مفهومه النظري، يذكر روكي جيرونج مصطلح الجدلية، أي أن كل حجة (tesa) يجب أن يتم انتقادها بحجة أخرى متناقضة (antitesa) بحيث تولد توليف.

في المجال التجريبي، يذكر روكي جيرونج، بدون نقد ستكون السلطة بعيدة عن التوازن (توازن القوى). بدون توازن السلطة، ستكون هناك سيطرة تميل إلى أن تكون شريرة. يقول روكي جيرونج إن إنشاء الحرم الجامعي لانتقاد السلطة وليس للخضوع لها.

إن الديالكتيك في صيغة روكي جيرونج هي جدلية هيغيلية تقع بين المفهوم والتعريف. وليس في زمن سقراط الذي يقع بين الشخص ضد الآخر .

مع التناقضات في المفاهيم المتعارضة، من المطلوب أن يكون هناك مفهوم أكمل ينتج من التوليف.

كمذهب الفينومينولوجيا، شجع روكي جيرونج الأفكار الشاملة لرؤية مشكلة المستقبل بالنظر إلى الماضي.

والمفهوم وفقًا له هو الرابط بين الماضي والمستقبل. لذلك إن النظام الذي لا يستند إلى المنطق السليم لن يكون قادراً على سد التغيير اللازم.

  1. حول الحقيقة المزورة

ذكر روكي جيرونج أنه لم يكن صحيحا أن يتنتقده أنصار جوكوي لأنه لا ينتقد برابوو. وهذه الأفكار ومثلها أفكار خاطئة. لأنها، وفقا لروكي جيرونج، لا يوجد دعم منطقي له لانتقاد برابوو الذي ليس له أي سلطة. إذا دعي روكي جيرونج إلى منتدى مؤيدي جوكوي، يجب أن يكون حاضرًا، ولكن ليس لانتقاد برابوو، ولكن لانتقاد جوكوي. لماذا؟

لأن الحاكم هو صاحب الفكرة الرئيسية (سواء بمعايير الحقيقة أم التنمية) التي تتطلب فكرة مضادة. والمقصود قبله وهو من قبل ديالكتيك.

فكرة الحاكم هي فكرة يجب اختبارها بتناقض. لا يمكن أن يتم ذلك إلا من قبل المعارضة. لذلك وعد روكي أنه سيعارض برابوو بعد اثنتي عشرة دقيقة بعد أن تم تنصيبه رسميًا في عام 2019 إذا نجح في انتخابات الرئاسة.

وبناء على ذلك، في الوقت الحاضر، روكي جرنج هو فيلسوف عظيم لأمتنا. على الرغم من أن روكي جيرونج، وفقا لمذهبه، يختلف عن التجريبيين مثل الداروينية، و ماركس، و نيتشه، إلا أن أفكار روكي جيرونج ليست مفيدة فقط للمثاليين، بل يمكنها أيضًا أن تشجع”التجريبيين” على الظهور لتنوير أمتنا.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: مؤمن مجدي | المصدر: ريبوبليكا


Oleh: Dr Syahganda Nainggolan

Seorang pejabat tinggi negara mengirimkan video pidato Rocky Gerung (RG) selama tigs menit lebih ke WA saya sambil mendecak kagum, luar biasa. Saya menonton video itu, kuliah RG dihadapan belasan ribu alumni perguruan tinggi (PT) se Indonesia, di daerah Taman Mini, Sabtu lalu.

Saya sendiri tidak bisa hadir karena jadwal saya bentrok dengan jadwal lunch dengan Anies Baswedan.

Mungkin pidato RG itu terpotong, tapi dalam tiga menitan itu saya dapat mengambil sari daripadanya, yakni:

Pertama, Alasan utama RG datang di forum alumni PT itu adalah mengembalikan akal sehat di negeri ini.

Sebagai masyarakat berpendidikan tinggi, RG mengatakan bahwa demokrasi itu adalah pemerintah akal (government of reason) melalui pemerintah rakyat (government of people). Maka orang-orang  yang kurang berakal, apalagi melibatkan orang-orang gila dalam berdemokrasi, menurutnya adalah sebuah ketidakwarasan.

Kedua. Universitas saat ini gagal menjalankan fungsi dan keberadaannya sebagai pusat distribusi akal pikiran. Padahal keberadaan kampus, sesuai desainnya,  seharusnya mampu sebagai sumur akal pikiran. Akal pikiran itu artinya mempunyai kritik terhadap kekuatan dominan. Sayangnya kampus saat ini menjada pusat “grasa-grusu”  alias abal-abal.

Ketiga. Pentingnya akal pikiran karena akal pikiran inilah yang mampu mentransformasi kaum milenial pada pertarungan 2024. Sebuah pertarungan pikiran bukan perasaan.

Keempat. Tanpa kritik, sebuah  pandangan tidak akan menghasilkan dialektika. Kritik harus ada sehingga melahirkan anti tesa. Tesa – Anti tesa akan melahirkan sintesa.

Otak-otak kita harus banyak dicuci dengan argumen. Melalui argumen kontra argumen, bukan pemalsuan pikiran, yang menjadikan dialektika berkembang.

Kelima. RG merujuk pada kekuatan Tuhan YME atau alam semesta yang maha adil dalam membagikan akal pikiran kepada manusia. Dengan akal pikiran semua perbedaan fisikal manusia terhilangkan.

Untuk membahas pikiran RG yang diposting ke saya Subuh kemarin, saya membutuhkan lebih dari 12 jam membaca berbagai pikiran filosof, seperti Aristotle, Socrates, Hume, Darwin, Nietzsche, Jean Paul Satre, Heidegger, Husserl, Hawking dan Friedrich Hegel serta sekilas pikiran Abu Sina dan Mulla Sadra. Sebab, memahami RG dengan ilmu biasa tentu tidak mungkin, karena RG ini sudah menjadi filosof terbesar bangsa kita di abad ini. Perlu kelengkapan pikiran filosof untuk membahas pikiran filosof (i).

Marilah kita bahas pikiran RG tersebut sebagai berikut:

  1. Tentang Akal Sehat (common sense).

Akal sehat, menurut definisi Aristotles adalah  kemampuan seseorang melakukan penilaian (judgment) yang bersifat basic (dasar) bagi manusia dan hewan, tetapi hanya manusia yang mempunyai “real reasoned thinking”.

Akal sehat menurut RG bersifat a priori bukan a posteriori. Akal sehat muncul dari akal pikiran yang diberikan Tuhan atau alam semesta kepada manusia sebagai kebaikan Tuhan sehingga manusia bisa menjalankan misi kehidupannya.

Lebih lanjut, “Common Sense” adalah sebuah wisdom, “self-evident truth” namun rasional. “Rationalism vs empiricism”  dalam menentukan akal sehat sudah menjadi perdebatan lama. Hegelianism tidak membutuhkan pengalaman empirik untuk meyakini sebuah akal sehat. Sebaliknya, misalnya Marx, meyakini akal sehat produk dari sejarah dan materialism.

Dalam membahas peranan kampus sebagai “sumur pikiran” dan pusat peradaban akal sehat, misalnya,  RG secara sepihak meyakini bahwa kampus memang di desain untuk kemashalatan manusia. Pikiran ini bertentangan dengan fakta alternatif bahwa kampus memang di desain untuk menjadi alat pembenar kekuasaan dan pemilik modal. Contoh, dalam masa Sukarno dan Suharto, kampus dan para professor berperan membenarkan semua tidakan kekerasan rezim untuk membungkam kebebasan berpendapat dan ilmiah. Bahkan, misalnya, di German di masa Hitler, pembunuhan 2 juta orang Jahudi dilakukan atas dikungan kampus dan intelektual di sana.

  1. Tentang Dialektika

RG menekankan pentingnya kritik. Kritik itu mempunyai pengertian pada dataran konseptual maupun realitas. Dalam pegertian konsepsi, RG menyebutkan istilah Dialektika, yakni setiap argumen (tesa) harus dikritik dengan argumen lain yang oposit (antitesa) sehingga melahirkan sintesa.

Dalam dataran empirik, RG menyebutkan tanpa kritik, kekuasaan akan jauh dari keseimbangan (power balance). Tanpa keseimbangan kekuasaan, akan terjadi dominasi yang cenderung jahat. RG berpendapat bahwa kampus dilahirkan untuk mengkritik kekuasaan, bukan membungkuk.

Dialektika versi RG adalah dialektika Hegelianism, yang beroposisi adalah konsep atau definisi. Bukan masa Socrates  yang beroposisi orang vs. orang lain.

Dengan kontradiksi2 dari konsep2 yang beroposisi, diinginkan suatu konsep yang lebih sempurna sebagai sintesa.

Sebagai mazhab phenomenology, RG mendorong sebuah pemikiran yang holistik untuk melihat persoalan masa depan (reinventing the future) dengan tetap melihat masa lalu (remembering the past).

Konsep menurutnya adalah penghubung masa lalu ke masa depan. Sehingga rezim tanpa (bersandar) pada akal sehat tidak akan mampu menjembatani transformasi yang dibutuhkan.

  1. Tentang Kebenaran yang Dipalsukan

RG menyebutkan bahwa tidak benar pikiran pendukung Jokowi yang mengkritik dirinya tidak mengkritik Prabowo. Pikiran seperti itu adalah pikiran palsu. Sebab, menurut RG, tidak ada sandaran logis bagi dirinya untuk mengkritik Prabowo yang tidak berkuasa. Jika RG diundang ke forum pro Jokowi, dia pasti hadir, tapi bukan untuk mengkritik Prabowo, melainkan untuk mengkritik Jokowi. Kenapa?

Karena penguasa adalah pemilik konsep utama (baik standar kebenaran maupun pembangunan) yang membutuhkan kontra konsep. Dalam apa yang dimaksud sebelumnya adalah untuk dialektika tadi.

Konsep sang penguasa adalah konsep yang harus diuji dengan kontradiksi. Itu hanya bisa dilakukan oleh oposisi. Untuk itu Rocky berjanji bahwa dia akan beroposisi terhadap Prabowo setelah dua belas menit sejak Prabowo dilantik pada 2019 nanti.

Atas hal tersebut, saat ini, Rocky Gerung adalah filosof besar bangsa kita. Meskipun secara mazhab, RG berbeda dengan kaum empiricist seperti Darwinis, Marx, dan Nietzsche, namun pikiran-pikiran RG selain berguna bagi kaum idealis, dapat juga memotovasi kaum “empiricist” untuk muncul memberi pencerahan buat bangsa kita.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor:  Mukmin Majdi | Sumber: Republika

(173)

تعليقات
Loading...
Click Me