إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

قصة السائحة الإندونيسية ورحلتها إلى إسرائيل

Turis Indonesia Ini "Solo Traveling" ke Israel, Begini Kisahnya...

- الإعلانات -

0 132

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –   في الغالب تكون إجراءات الدخول إلى بلد ما على نفس الأمور  ، أي مع جواز السفر والتأشيرة إما السفر الفردي أو مع مجموعة من وكلاء الجولات السياحية. لكن الأمر مختلف إذا كنت ترغب في زيارة إسرائيل.

المناطق الإسرائيلية والفلسطينية المتنازع عليها تجعل إجراءات صارمة على هجرة أولئك الراغبين في دخول المنطقة . خاصةً إسرائيل التي أصبحت بوابة دخول السياح إلى فلسطين .

لدخول أراضي إسرائيل ، يجب على مجموعة  السياح المرور بإجراءات صارمة للغاية. واحد من اكتمال الوثيقة هو بيانات الوالدين و أجداد السياح. واحدة من السياح الإندونيسيين الذين زاروا إسرائيل بمفردهم ، هي  ميليسا أغوستينا تحكي قصة رحلتها إلى إسرائيل  لكومباس ترافل.

وقالت خلال اتصالها بكومباس ترافل يوم الخميس (31/5/2018) “إنه صعب للغاية ، لقد كنت هناك في (إسرائيل) وحدي ,  في ذلك الوقت  أتقدم بطلب في السفارة الإسرائيلية في الأردن. إنه في الواقع  ستعرض عليكم شروط أكثر إذا كنت تسافر وحدك”.

وقالت ، أن السائحين الإندونيسيين يحتاجون إلى إعداد مستندات  وهي فحص جوازات السفر من البداية ، وفحص  بطاقة العائلة ، و فحص البطاقة الشخصية، ويلزم ملء استمارة  خاصة . لأنها  جاءت وحدها  بدون أي إرشاد من وكالة السفر، كانت هناك وثائق إضافية. هناك إضافات مثل شهادات التوظيف وشهادات الادخار  وخطابات الضمان من الرعاة أو الشركاء في إسرائيل.

وقالت “لقد دعيت من قبل الأصدقاء هناك ، لذلك هناك ضمان من السكان المحليين”. بعد اجتياز متطلبات الوثيقة ، لا يزال على ميليسا الخضوع لعملية مقابلة صارمة. الشيء الوحيد الذي أثار دهشتها هو أن المحاور قد سألها  بكل دقة عن  عائلتها  وأجدادها.

تقول ميليسا: “لأنهم يتوقعون أولئك الذين لديهم نسل مع النازيين بعد المحرقة” ميليسا التي لا تحفظ الاسم الكامل لجميع أجدادها ، فجأة تفكر في الإجابة من إنشائها.

ومع ذلك ، يفضل أن يسأل والديه أولاً في إندونيسيا . بعد تفتيش طويل ، تمكنت أخيرًا من دخول إسرائيل وفلسطين بنفسها.

وقالت “قبل دخول المنطقة الفلسطينية يجب ان يدخل الزائر اراضي اسرائيل اولا، ويجب المرور بنقاط الحراسة من اراضي اسرائيل ، وهذا يتطلب النضال والجهود”.

وراء هذه العملية ، اتضح أن زميلها الذي دعاها قد قدم أيضا ضمانات للهجرة ، وقد مر أيضا  بإجراءات صارمة. وقالت ميليسا: “كان على صديقي كتابة وتقديم بعض الوثائق إلى السفارة الإسرائيلية في الأردن ، وهذا أمر صعب للغاية”.

  المترجمة  : مايا يونياتي | المحرر :  د . فارس البدر | المصدر: كومباس


Jakarta, Indonesiaalyoum.com –  Prosedur memasuki satu negara meyoritasnya sama, yaitu dengan paspor dan visa baik bepergian sendiri maupun bersama rombongan agen tour travel. Namun berbeda halnya jika Anda ingin mengunjungi Israel.

Kawasan Israel dan Palestina yang kerap konflik berkepanjangan membuat imigrasi mereka melakukan prosedur ketat bagi yang ingin masuk ke kawasannya. Terutama Israel yang jadi gerbang masuk wisatawan ke Palestina

Untuk masuk ke kawasan Israel, rombongan wisatawan harus melalui prosedur yang amat ketat. Salah satu kelengkapan dokumennya ialah data orang tua hingga kakek nenek wisatawan.

Salah satu turis Indonesia yang pernah berkunjung ke Israel seorang diri, Melissa Agustina berbagi cerita pada KompasTravel saat memberanikan pergi sendiri (solo traveling) ke Israel.

“Memang sangat ketat, saya pernah ke sana (Israel) sendiri waktu itu, saya apply di kedutaan Israel di Jordania. Memang lebih banyak banget syaratnya kalau sendiri,” ujarnya saat dihubungi KompasTravel, Kamis (31//5/2018).

Ia menjelaskan prosedurnya, wisatawan Indonesia perlu menyiapkan dokumen mulai scan paspor, scan kartu keluarga, dan scan KTP. Selanjutnya diwajibkan untuk mengisi form khusus.

Karena ia datang sendirian tanpa panduan agen tour travel, ada tambahan dokumen. Ada tambahan seperti surat keterangan kerja, surat keterangan tabungan (rekening koran), dan surat penjaminan dari sponsor atau rekanan di Israel.

“Saya waktu itu dapat undangan dari teman di sana, jadi ada jaminan dari warga lokal,” tuturnya.

Lolos persyaratan dokumen, Melissa masih harus menjalani proses wawancara yang ketat. Satu yang membuat ia terheran ialah pewawancara menanyakan betul tentang keluarganya hingga kakek dan neneknya.

“Karena mereka mengantisipasi yang punya keturunan dengan Nazi pasca holocaust,” tutur Melissa

Ia yang tidak hafal perihal nama lengkap semua kakek dan neneknya, sontak berfikir untuk mengarangnya. Namun, ia pun lebih memilih untuk bertanya terlebih dahulu pada orang tuanya yang ada di Indonesia

Setelah pemeriksan yang cukup lama, akhirnya ia pun bisa masuk ke Israel dan Palestina seorang diri.

“Mengunjungi Palestina itu harus memasuki teritori Israel dulu, seperti Betlehem ada West Bank, Jericho juga harus lewat pos-pos penjagaan dari teritori Israel dulu. Itu juga butuh perjuangan,” tuturnya.

Di balik prosesnya tersebut, ternyata rekan yang mengundangnya dan memberikan jaminan keimigrasian, juga menempuh prosedur yang ketat

 “Teman saya harus menyurati dan menyerahkan beberapa dokumen ke Kedubes Israel di Yordania itu, itu ribetnya gak kalah,” kata Melissa.

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Fares Al.badr | Sumber: Kompas

(8)

تعليقات
Loading...
Click Me