إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

قطر الخيرية توزع 64.8 طن من الأرز في إندونيسيا

Pemkot salurkan 64,82 ton beras bantuan Qatar Charity di Banda Aceh

94

بدعم كريم من متبرعي دولة قطر قامت قطر الخيرية بتوزيع64,82 طن من الأرز ضمن مشروع زكاة الفطر في إقليم آتشيه في إندونيسيا، وذلك بالتعاون مع الحكومة المحلية بمدينة بندا آشيه.

ويستهدف المشروع الوصول إلى 16.205 شخصًا، ويأتي هذا التوزيع بعد قيام قطر الخيرية في إندونيسيا بتوزيع 12.500 حصة غذائية في عدد من المدن الإندونيسيا منها في العاصمة جاكرتا، وإقليم آتشيه ومدينة بوجور بجاوا الغربية، الأمر الذي أسعد المستفييدين للغاية في ظل الأوضاع الراهنة الصعبة بسبب جائحة كورونا.

قال والي مدينة بندا آشيه، السيد أمين الله عثمان يوم الجمعة (15/05)، لقد قامت قطر الخيرية بتوزيع 64.82 طن من الأرز، سيستفيد من تلك المساعدات 3.241 أسرة أي حوالي 16.205 شخصًا، موزعين في عدد من مراكز المدينة والقرى في بندا آتشيه منهم 2.147 أٍسرة في حي لويونغ. كل أسرة حصلت على 20 كيلو من الأرز.

كما قدم والي مدينة بندا آتشيه شكره وتقديره الكبير لجهود ومساعدات قطر الخيرية لجمهور إندونيسيا عامة ومدينة آتشيه خاصة، حيث قال إن هذه المساعدات تكون بمثابة دعمًا وسندًا لشعبنا خاصة في الأزمة الحالية التي تتمثل في مواجهة جائحة كورونا.

وفي أثناء مراسم توزيع مشروع زكاة الفطر من قطر الخيرية قام والى المدينة بتوزيع المشروع لــ2.147 أسرة وذلك في قاعة مركز لووينع بيتا بندا آتشيه الخميس (14 مايو 2020).

تم توزيع هذه المساعدات بحضور الرئيس فرع مكتب قطر الخيرية في آتشيه الإندونيسية محمد إظهار شاه، و رئيس الشؤون الإجتماعية بمدينة بندا آتشيه ريزال جنيد، ورئيس مركز لووينغ السيد مصطفى، وعدد من أعضاء مجلس الشورى المدينة.

وتابع قوله، إن هذه المساعدات ليست الأولي، حيث قامت قطر الخيرية في وقت سابق بتوزيع المساعدات في عدد من المدن. وأضاف أن هذه المساعدات تأتي في وقت مناسب في ظل مواجهة وباء كوفيد 19، كما أسهمت هذه المساعدات في توفير احتياجات الأهالي في شهر رمضان و عيد الفطر.

وتأمل الحكومة المحلية في بندا آتشيه أن تستمر هذه المساعدات لتخفيف أعباء سكان المدينة بعد تعرضهم لوباء كوفيد اضافة لآثار السيول التي ضربت مدينة بندا آتشيه في وقت سابق.

واختتم قوله: نحن بصفتنا نمثل سكان المدينة، نعجز عن التعبير عن فرحتنا بهذه المساعدات وندعو الله أن يتقبل صالح الأعمال ونسأل الله أن يدوم البركة والتقدم والنجاح لقطر الخيرية والمتبرعين من دولة قطر الشقيقة.

ومن جانبه قال رئيس فرع مكتب قطر الخيرية في أتشيه، إظهار شاه إن قطر الخيرية قامت بتوزيع هذه المساعدات ضمن مشاريع زكاة الفطر التي قامت قطر الخيرية بجمعها وتوزيعها حول العالم.

وأضاف إظهار شاه أن هذه المساعدات تعكس اهتمام قطر الخيرية بسكان مدينة بندا أتشيه للتخفيف من أعبائهم المعيشية في ظل مواجهة جائحة كورونا والسيول.

وقد عبر عدد من المستفيدين من مساعدات زكاة الفطر عن شكرهم لقطر الخيرية، منه ما جاء على لسان السيدة المستفيدة زهرة حيث قالت: “نشكر قطر الخيرية على المساعدات كما نشكر والي المدينة الذي يدعمنا ويساندنا في مواجهة كوفيد 19”.

وفي سياق متصل قالت نور عيني: “نحن في حاجة ماسة لمثل هذه المساعدات في مواجهة الظروف الاقتصادية الصعبة وتساعدنا في توفير احتياجنا في شهر رمضان و عيد الفطر القادم”.

 


Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh menyalurkan 64,82 ton beras merupakan bantuan Qatar Charity bagi 3.241 Kepala Keluarga (KK) pada bulan suci Ramadhan di tengah wabah COVID-19 yang telah menjadi pandemi global.

“Di Kecamatan Lueng Bata ada 2.147 KK, untuk Banda Aceh seluruhnya dibantu mencapai 3.241 KK. Masing-masing KK mendapatkan 20 kg (kilogram) beras. Total seluruhnya untuk Banda Aceh mencapai 64,82 ton beras,” kata Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman di Banda Aceh, Jumat.

Ia menyampaikan apresiasi yang tinggi dan terimakasih kepada Qatar Charity, karena bantuan tersebut sangat membantu warga Banda Aceh yang sedang terkena dampak sosial pandemi COVID-19.

Wali Kota Aminullah menyerahkan bantuan  beras secara simbolis dari Qatar Charity bagi 2.147 kepala keluarga di Aula Kantor Camat Lueng Bata, Banda Aceh, Kamis.

Ketika menyerahkan bantuan ini, Wali Kota didampingi oleh Koordinator Qatar Charity Cabang Aceh Muhammad Idharsyah, Kepala Dinas Sosial Banda Aceh Rizal Junaedi, Camat Lueng Bata Mustafa, dan unsur musyawarah pimpinan kecamatan (muspika).

“Bantuan ini bukan yang pertama, sebelumnya Qatar Charity juga telah menyalurkannya di kecamatan lain. Ini datang di saat yang tepat, selain di tengah pandemi COVID-19, bantuan ini juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan di bulan puasa dan Hari Raya Idul Fitri,” kata Aminullah.

Menurutnya, suatu kebaikan yang telah dilakukan setiap individu maupun organisasi Insyaa Allah dibalas oleh Allah Yang Maha Esa Allah SWT.

Pemkot setempat berharap program bantuan itu masih akan terus berlanjut untuk meringankan beban warga yang sedang dilanda musibah, termasuk COVID-19 dan banjir yang melanda Banda Aceh akibat tingginya curah hujan beberapa hari lalu.

“Kami dan warga kota, hanya bisa mendoakan agar amalan ini mendapat balasan dari Allah SWT. Kami juga mendoakan agar Qatar Charity terus meraih kemajuan, dan kesuksesan di masa yang akan datang,” ujar Wali Kota Aminullah.

Koordinator Qatar Charity Cabang Aceh, Muhammad Idharsyah, mengatakan, bantuan beras diberikan pihaknya merupakan zakat fitrah yang berhasil dikumpulkan organisasi tersebut.

Ia menambahkan, bantuan beras tersebut merupakan bentuk kepedulian pihaknya terhadap warga Banda Aceh yang sedang dilanda wabah corona dan bencana banjir.

“Ini merupakan zakat fitrah yang kita kumpulkan. Kita menindaklanjuti arahan dari kantor pusat untuk mempercepat distribusinya, mengingat kondisi yang sedang diterpa wabah corona dan bencana banjir serta jelang Idul Fitri,” ungkap dia.

Sejumlah warga kota kurang mampu sebagai penerima bantuan zakat fitrah masing-masing 20 kg itu, mengaku sangat senang. Apalagi beras tersebut diserahkan langsung Wali Kota bersama koordinator Qatar Charity di Aula Kantor Camat Lueng Bata.

“Kepada Qatar Charity kami sampaikan terimakasih atas bantuannya. Terimakasih juga untuk Pak Wali yang selalu mendukung kami menghadapi COVID-19 dan banjir. Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat buat kami dan keluarga,” ucap Zuhra, warga Lorong III, Gampong (Desa) Lueng Bata.

“Bantuan ini sangat membantu kami di tengah kondisi ekonomi yang sedang sulit. Ini, bisa kami gunakan untuk kebutuhan bulan puasa dan lebaran nanti,” ujar Nuraini, warga yang telah berusia lanjut.*

(84)

تعليقات
Loading...
Click Me