إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

لجنة الانتخابات تقيم المناظرة الرئاسية الثانية

Bawaslu: Komentar Pendukung Saat Debat Pilpres Mengganggu

0 182

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – قيم مقوض اللجنة المشرفة على الانتخابات الرئاسية الإندونيسية، رحمات باججا، سير المناظرة الرئاسية الثانية التي كانت الأحد 17/2. قال انتقد رحمات تعليقات الجمهور أثناء سير المناظرة، حيث لا حاجة لها.

صرح رحمات من مقر البرلمان بمنطقة سينايان، الخميس 21/2: “التعليقات أثناء سير المناظرة أخلت بالنظام. و يجب أن تتعلم لجنة الانتخابات من هذه التجربة و كذلك كلا المرشحين الرئاسيين.”

و لذلك طلبت اللجنة المشرفة على الانتخابات الرئاسية أن يتم تقليل عدد الجمهور في المناظرة الرئاسية الثالثة. كما نبهت اللجنة على الجمهور الداعم لكلا المرشحين ألا يعلوا صوتهم بالهتاف أثناء المناظرة.

أضاف رحمات: “ما نريده من المناظرات الرئاسية هو تنافس للأفكار و الرؤى و برامج العمل، و ليس تنافس في الهتاف. لا يمكن أن تكون الاجتماعات بهذا الشكل. هذا الهتاف و الصراخ سيسمح به فيما بعد قبل 21 يومًا من فترة الصمت الانتخابي.”

كشف رحمات عن نتيجة اجتماع لجنة الانتخابات، حيث طلبت اللجنة أن يكون عدد الداعمين لكل مرشح في المناظرة المقبلة من 50 إلى 75 شخص على الأكثر. كما أن اللجنة اعتبرت موقع وقوف المرشحان الرئاسيان على مسرح المناظرة قريب للغاية من الجمهور، مما يؤثر على أدائهما في المناظرة.

المترجم : مؤمن مجدي | المصدر: ريبوبليكا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja mengevaluasi jalannya debat kedua yang berlangsung pada Ahad (17/2) lalu. Bagja menilai para pendukung tidak seharusnya melontarkan komentar-komentar yang tidak perlu pada saat kedua pasangan calon (paslon) menyampaikan gagasannya

“Komentar ‘huu’ (saat debat berlangsung) itu sudah mengganggu tata tertib, dan itu harus menjadi evaluasi buat KPU buat kami juga dan buat pasangan 01 dan 02,” kata Bagja di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (21/2).

Oleh karena itu, Bawaslu meminta jumlah pendukung yang hadir pada debat ketiga nanti untuk dikurangi. Selain itu, Bawaslu juga meminta kedua pendukung paslon untuk tidak meneriakkan yel-yel saat debat berlangsung.

“Yang kita ingin lihat kan adu gagasan, adu visi misi, adu program kerja kanitu intinya, bukan kemudian adu yel-yel. Nanti rapat umum bisa kok seperti itu, yel-yel itu bisa seperti di rapat umum 21 hari menjelang masa tenang itu terbuka untuk semua orang,” ujarnya.

Bagja mengungkapkan, berdasarkan pembahasan rapat pleno di KPU, Bawaslu meminta pendukung yang hadir dibatasi maksimal 50-75 pendukung per masing-masing paslon. Selain itu, tata letak panggung antara paslon dengan pendukung yang terlalu dekat dinilai juga mempengaruhi kondusifitas jalannya debat.

Penerjemah: Momen Magdy | Sumber: REPUBLIKA

تعليقات
Loading...
Click Me