إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

لشراء القماش النموذجي من مدينة باليمبانج، إليك المكان المناسب

Belanja Kain Khas Palembang, Ini Tempatnya

- الإعلانات -

0 146

باليمبانج ، إندونيسيا اليوم – قبل العودة من الإجازة في باليمبانج ، من الأفضل أن يقوم السياح بالتسوق لشراء الهدايا التذكارية . على سبيل المثال ، التسوق من أجل مختلف الأقمشة النموذجية من باليمبانج.

لعشاق قماش نوسانتارا ، بالتأكيد ليس غريبا عندهم الأقمشة التقليدية من باليمبانج ، مثل سونكيت، وجومبوتان، و تاجونج. ، في باليمبانج هناك قرية يمكن أن تكون وجهة لتسوق هذه الأقمشة الخاصة.

يمكن للمسافر شراء أقمشة منوعة وشخصية أو هدايا من معرض توان كينتانج ، وهو معرض تم بناؤه من قبل الشركات الصغيرة والمتوسطة لبنك إندونيسيا في جنوب سومطرة . قرية أقمشة توان كينتانج تقع في شارع أيبتو عبد الوهاب وهي تحتفظ بعدد لا يحصى من التراث التاريخي والثقافي ، واحد منها هو الملابس التقليدية لمدينة باليمبانج.

بالإضافة إلى التسوق من أجل القماش ، يمكننا أن نرى أيضا عملية صنع الأقمشة التقليدية في هذه القرية. وسوف يشرح الحرفيون نوع النسيج وعملية صنعه.

أغلب الحرفيين في هذه القرية ينتجون قماش جومبوتان، وتاجونج . فقماش جومبوتان هو القماش الملون عن طريق الصبغة. في حين أن قماش تاجونج هو نسيج منسوج ، تكون عملية صنعه مثل صناعة قماش سونكيت ولكن لا تستخدم الخيوط الذهبية مثل سونكيت بشكل عام.

كون هذا المعرض مكانا للحرفيين لبيع منتجاتهم من الأقمشة. الأقمشة التي تباع هناك وهي ذات نوعية جيدة مع زخارف وألوان متنوعة. يتراوح السعر من 40.000 روبية إلى 300.000 روبية لكل متر.

المترجمة : مايا يونياتي | المحرر : د . فارس البدر | المصدر: ديتيك


Palembang, Indonesiaalyoum.com –   Sebelum pulang dari liburan di Palembang, asyiknya belanja oleh-oleh khas terlebih dahulu. Misalnya saja belanja aneka kain khas Palembang.

Bagi traveler pencinta wastra Nusantara, pastinya tidak asing lagi dengan kain-kain tradisional Palembang, seperti Songket, Jumputan dan Tajung. Nah, di Palembang ada sebuah kampung kain yang bisa menjadi destinasi perburuan kain-kain khas ini.

Traveler dapat membeli kain untuk koleksi pribadi atau oleh-oleh di Griya Kain Tuan Kentang, sebuah galeri binaan UMKM Perwakilan Bank Indonesia di Sumatera Selatan. Kampung Kain Tuan Kentang yang berada di Jalan Aiptu A Wahab, Kelurahan Tuan Kentang, Kecamatan Seberang Ulu 1, Palembang, ini menyimpan segudang warisan sejarah dan budaya, salah satu bentuknya adalah kain-kain tradisional khas Palembang.

Selain berburu kain, kita juga dapat melihat proses pembuatan kain-kain tradisional di kampung ini. Para pengrajin dengan ramah akan menjelaskan jenis kain dan proses pembuatannya.

Mayoritas pengrajin di kampung ini memproduksi kain Jumputan dan Tajung. Jumputan adalah kain yang pembuatan motifnya dengan cara dijumput dan pewarnaannya dengan cara dicelup atau dikuas. Sedangkan Tajung adalah kain tenun yang proses pembuatannya seperti Songket tetapi tidak menggunakan benang emas seperti Songket pada umumnya.

Galeri ini menjadi tempat bagi para pengrajin menjual kain produksi mereka. Kain yang dijual di sini berkualitas baik dengan motif dan warna yang beragam. Harganya berkisar antara Rp 40.000 sampai Rp 300.000 per meter.

Jika traveler ke Palembang, sempatkan mampir ke Kampung Kain Tuang Kentang untuk berburu kain Palembang dan melihat proses pembuatannya. Berfoto di antara kain jumputan yang sedang dijemur keren juga, lho.

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Fares Al.badr | Sumber: Detik

(9)

تعليقات
Loading...
Click Me