مجلس علماء إندونيسيا يدعو الشعب للاحتفال برأس السنة بدون تبذير

MUI Imbau tak Rayakan Tahun Baru dengan Berfoya-foya

0 649

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  نقل نائب رئيس مجلس العلماء الإندونيسي، زين التوحيد، رسالة من المجلس بشأن الاحتفال بالعام الجديد 2019. وطلب المجلس من الشعب الإندونيسي عدم التبذير في الاحتفال برأس السنة.

قال زين التوحيد في بيان مكتوب تلقته صحيفة ريفوبليكا، الاثنين (31/12): “إن مجلس العلماء الإندونيسي يدعو جميع أفراد الشعب الإندونيسي للاحتفال بالسنة الجديدة 2019 بروح البساطة، بعيدًا عن الإسراف والتبذير وإهدار المال على ما لا فائدة منه”.

كما دعا المجلس الشعب إلى زيادة الوعي الاجتماعي في عام 2019 من خلال تعزيز التضامن الوطني من أجل تخفيف الأعباء عن المنكوبين حول إندونيسيا، خاصة في جزيرة لومبوك، نوسا تنجارا الغربية، وبالو ودونغغالا وسولاويسي الوسطى وبانتين.

وقال زين التوحيد: “هذا شكل من اشكال تطبيق القيم الانسانية والتعاطف والاهتمام ببعضنا البعض.”

و بمناسبة السنة الجديدة، حث زين التوحيد المسلمين على شكر الله تعالى الذي أنعم عليهم بطول العمر والعافية والرزق.

“لذلك، ينبغي علينا أن نكثر الدعاء والذكر والتقرب إلى الله تعالى، وبشكل خاص من أجل سلامة الأمة والبلاد من مختلف الكوارث التى أصابت إندونيسيا في الآونة الأخيرة”، أوضح زين التوحيد.

وأضاف: “بذلك أصبحت إندونيسيا دولة آمنة ومحفوظة من البلاء والفتن والمصائب”.

 

 

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: مؤمن مجدي  | المصدر: ريفوبليكا


 

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid menyampaikan pesan MUI untuk menyambut datangnya tahun 2019. MUI meminta kepada seluruh masyarakat Indonesia agar tidak merayakan tahun baru tersebut dengan berfoya-foya.

“MUI mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menyambut Tahun Baru 2019 dengan semangat kesederhanaan, menjauhkan diri dari sikap boros, berfoya-foya, dan menghambur-hamburkan uang untuk kepentingan yang tidak banyak manfaatnya,” ujar Zainut dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Senin (31/12).

MUI juga mengajak kepada umat agar pada 2019 mendatang meningkatkan kepedulian sosial dengan menggalang solidaritas nasional dalam rangka meringankan beban penderitaan masyarakat yang sedang tertimpa musibah, khususnya di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, serta di Banten.

“Hal tersebut sebagai bentuk refleksi dari nilai-nilai kemanusiaan, kasih sayang, dan kepedulian antarsesama,” ucap Zainut.

Dalam momen pergantian malam tahun baru ini, Zainut juga mengajak kepada umat Islam untuk memperbanyak bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan karunia berupa umur panjang, kesehatan, dan kemurahan rezeki.

“Untuk hal tersebut, hendaknya kita memperbanyak berdoa, berzikir, dan mendekatkan diri (takarub) kepada Allah SWT,  khususnya berdoa untuk keselamatan bangsa dan negara dari berbagai musibah dan ancaman bencana yang akhir-akhir ini sering menimpa bangsa Indonesia,” jelasnya.

“Sehingga, bangsa dan negara Indonesia menjadi negara yang aman dan diselamatkan dari berbagai macam ujian, fitnah, dan cobaan,” imbuhnya.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor:  Mukmin Majdi | Sumber:  Republika

تعليقات
Loading...