معروف أمين يتحدث عَن ألقابه بعد المنصب..

Maruf tak Masalah Dipanggil Abah, Kiai, atau Wapres

461

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – تَكَلمْ نائِب الرَئيس الإندونيسي -معروف أمين- عَن ألقابه بعدما تَقلد هذا المنصب. أكَدْ مَعروفْ أنَّ ألقابه زادت واحدة عَن (آباه) و(كياي) بَعد فَوزهِ بهذا  المنصب، وأصبح هُناك لقب (نائب الرئيس). ولذلك، سُئِلَ معروف أمين كثيرا عَن هذا الأمر.

والجدير بالذكر، أن معروف أمين كَان يَعمل كرئيس سابِقْ لإكبر جمعية إسلامية وهي جمعية نهضة العلماء (MUI).

قال معروف أمين في لقاء عقد معه عل هامش حفل ختام مؤتمر شباب بانشاسيلا في فندق السلطان بجاكارتا يوم الإثنين (28/10): “الكثير مِن الناس لا يَعرفون ألقابي. هُناك مَن يُناديني (آباه)، أو (كياي)، أو (نائِب الرئيس)”.

لذلك، أجاب الأستاذ معروف أمين عَن هذا الأمر ليحسم تِلك الحيرة. وأكد أنه ليس هُناك فَرق بين أي لَقب. ويستطيع الجميع أن ينادوه بالألقاب التي كَان عليها، أو لَقب (نائب الرئيس).

قال معروف: “نادوني بـ(آباه)، أو (كياي)، أو (نائب الرئيس)”.

وأضاف معروف أيضًا أن مَن يُريد مناداته بالثلاثة أسماء في وقت واحد فهذه ليست مشكلة.

حيث قال: “هناك مَن طَلب مني استخدام الثلاثة أرقام مرَّة واحِدة. ليست هُناك أي مشكلة في ذلك. (آباه)، أو (كياي)، أو (نائب الرئيس)”.

أعاد معروف أمين حديثه هذا مرَّة أخرى عند زيارة مؤيديه في فندق جراند شاهد جايا بجاكارتا يوم الجمعة (24/10). وطَلبَ معروف مِن الجميع عَدم الحيرة في مناداتِه.

قال معروف: “نادوني (آباه)، أو نادوني (نائب الرئيس)، أو (كياي)، ليست هُناك أي مشكلة”.

 

المترجم : محمد علي | المصدر: وكالة ريبوبليكا الإخبارية


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyingung panggilannya setelah ia terpilih menjadi wakil presiden. Menurut Ma’ruf, usai dilantik menjadi wapres, panggilannya bertambah, tidak hanya Abah atau Kiai, tetapi juga Wapres. Karena itu, banyak yang mempertanyakan kepadanya terkait panggilan kepada Ketua Majelis Ulama indonesia (MUI) nonaktif tersebut.

“Banyak orang kemudian bingung menyebut saya, ada yang nyebut Abah, Pak Kiai, sekarang ada yang nyebut Wapres,” kata Ma’ruf saat menghadiri acara penutupan Musyawarah Besar X Ormas Pemuda Pancasila di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (28/10).

Karena itu, untuk menjawab kebingungan banyak pihak, Ma’ruf mengaku tidak mempersoalkan panggilan orang lain kepadanya. Ma’ruf pun mempersilakan orang lain memanggilnya dengan sebutan yang selama ini diberikan kepadanya, seperti sebelum ia menjadi wakil presiden.

“Silakan nyebut Abah, Kiai, atau Wapres,” ujar Ma’ruf.

Bahkan, kata Ma’ruf, jika tidak ingin menghilangkan tiga kata tersebut, ia juga tidak masalah jika kemudian tiga kata tersebut digabung.

“Ada yang bilang digabung aja, Abah Kiai Wapres. Sehingga tidak hilang semuanya ada, Digabung tiga-tiganya juga tidak masalah, abah Kiai wapres,” ujar Ma’ruf yang kemudian disambut tawa oleh peserta yang hadir.

Pernyataan Ma’ruf ini juga mengulang saat ia menghadiri Silaturahmi dan Tasyakuran dengan para pendukungnya di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (24/10). Ma’ruf juga meminta orant tidak lagi pusing dengan panggilan kepadanya.

“Saya dipanggil Abah juga tidak masalah, dipanggil Kiai tidak masalah, dipanggil Wapres tidak masalah. Digabung tiga-tiganya juga tidak masalah,” kata Ma’ruf.

Penerjemah: Mohamed Ali | Sumber: nasional.republika.co.id

تعليقات
Loading...