مرشح منصب نائب الرئيس بإندونيسيا يتحدث عن دجال إندونيسيا

0 818

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – مرشح منصب نائب الرئيس، معروف أمين (في إندونيسيا يترشح الرئيس و نائبه في قائمة واحدة)، في القائمة الرئاسية رقم 1، يقول بأن إندونيسيا تتعرض لموجة تسونامي شائعات تركز على انخابات الرئاسة 2019.

و يضيف بأن هذه الشائعات يمكن أن تفت في عضد الشعب الإندونيسي و تفتت وحدته.

قال عروف أمين، من مسجد محمد يوسف بديبوك-جاوا الغربية: “علينا أن نجنب دولتنا التفتت. إندونيسيا حاليًا تواجه تسونامي من الشائعات و الفتن. لقد أوشكنا على أن نتشاجر بسبب الشائعات و الفتن تلك.” السبت 12/1.

وصف أمين الأخبار الكاذبة و الشائعاب بأنها كالدجال الذي يريد تدمير إندونيسيا.

قال: “الدجال كاذب. يوجد دجال يريد أن يفسد أمورنا. نحن ندعوا الله أن يحمينا من الكذبه الذين يصنعون تلك الشائعات.”

أضاف أمين أنه يأمل أن يكون الشعب الإندونيسي أكثر ذكاءً في التعامل مع الأخبار التي لم يتم تأكيد صحتها بعد. و ذلك حتى لا تتأثر وحدة الشعب و تفسد بسبب تلك الأخبار الكاذبة.

كما حكي معروف عن تجربته مع الشائعات، و كيف أنه قد انتشرت عنه شائعة أنه قد قام بالرقص مع إحدى المغنيات في حفل خيري في توجو يوم 21 سبتمبر الماضي.

و أكد على أنه كان يشارك الحضور التصفيق، لكنه لم يرقص كما ذكرت وسائل الإعلام.

قال: “لقد تعرضت للغيبة من قبل. حيث قيل أنني شاركت بالرقص، بينما أنا كنت أصفق فقط.”

فيما يتعلق بقضية الشائعات في إندونيسيا، كانت الشرطة قد ألقت القبض على أحد المعلمين في منطقة تشيليجون، و ذلك للاشتباه في تورطة في نشر شائعة عن وجود سبعة حاويات بها أوراق اقتراع مزورة. و ذلك يوم 6 يناير الجاري.

حيث كانت انتشرت تسجيلات قبل مدة تقول بوجود سبع حاويات بها أوراق اقتراع مزيفة لانتخابات الرئاسة 2019، و قد تم تظليلها.

المترجم : مؤمن مجدي | المصدر: سي ان ان إندونيسيا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Ma’ruf Amin menyatakan Indonesia saat ini sedang diterpa oleh tsunami kabar bohong atau hoaks di kampanye Pilpres 2019 ini.

Ia menyatakan tsunami hoaks itu justru berpotensi membuat pertengkaran dan perpecahan sesama anak bangsa yang seharusnya tak perlu terjadi.

“Negara ini harus kita hindari dari perpecahan. Indonesia juga sedang menghadapi tsunami hoaks dan fitnah, hoaks itu seperti tsunami itu, goyang. Hampir kita bertengkar sesama bangsa gara-gara hoaks dan fitnah,” kata Ma’ruf di Masjid Muhammad Yusuf, Depok, Jawa Barat, Sabtu (12/1)

Dia pun turut menyinggung agar dihindarkan dari Dajjal yang ingin merusak Indonesia dengan segala kabar-kabar bohong.

“Dajal itu pembohong, ada Dajal yang akan merusak itu, Dajal juga maknanya pembohong, jadi kita meminta kepada Allah, berlindung dari pembohong yang mengeluarkan hoaks-hoaks itu,” kata dia.

Lebih lanjut, Ma’ruf berharap agar masyarakat Indonesia bisa lebih cerdas dalam menerima berita yang belum terbukti kebenarannya. Hal itu bertujuan agar masyarakat tak terpengaruh dengan kabar bohong sehingga berpotensi merusak persatuan bangsa.

Disisi lain, Ma’ruf pun bercerita bahwa dirinya pernah jadi korban hoaks berjoget bareng biduan saat acara relawan di Tugu Proklamasi, 21 September lalu.

Ia menyatakan saat itu dirinya hanya bertepuk tangan dan tak berjoget seperti yang diberitakan oleh media.

“Saya juga pernah kena ghibah, waktu itu saat mengambil nomor ke KPU, saya dikatain pernah joget, padahal saya cuma tepuk tangan doang,” katanya.

Terkait dengan kasus hoaks, seorang guru asal Cilegon berinisial MIK (38) ditangkap karena dianggap terlibat dalam penyebaran hoaks tujuh kontainer berisi surat suara tercoblos. Polisi menetapkan MIK sebagai tersangka setelah ditangkap di daerah tugasnya di Cilegon pada (6/1).

Sebelumnya terdapat rekaman yang diduga disebar menyampaikan soal tujuh kontainer surat suara Pemilu 2019 yang sudah tercoblos di Tanjung Priok, beberapa waktu lalu.

Penerjemah: Momen Magdy | Siumber: CNN Indonesia

تعليقات
Loading...