معروف امين: المناظرة الرئاسية صعبة بالرغم من معرفتنا بالاسئلة

Ma'ruf Yakin Debat Tetap Sulit Meski Pertanyaan Disiapkan

0 829

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  صرح المرشح لمنصب نائب رئيس الجمهورية في إندونيسيا رقم (2) (معروف أمين) أن المناظرة الإنتخابية المقرر عقدها من قبل الهيئة العامة للإنتاخابات ليست بالضرورة مفيدة ومربحة لطرفه، بالرغم من أن الهيئة قررت عقد المناظرة جزء من المنظارة بطريقة الاسئلة المعروفة مسبقًا، حيث أنهم أرسلوا إلى المرشحان 20 سؤال متوقعين قبل المناظرة بعشرة أيام، في حين أن يُسألوا عن ثلاثة فقط.

قال (معروف) في لقاء عقد ببيته في منطقة (مانتينج) بجاكارتا يوم الأحد الموافق (1/6): “المناظرة ليست سهلة، فإن الهئية أرسلت لنا اسئلة كثيرة لا نعلم مَن مِنها سوف يوجه لنا ومَن سوف يوجه للمنافسين”.

وأوضح (معروف أمين) أنهم على أتم إستعداد لحضور المناظرة حيث أن المسؤولين في حملته الإنتخابية قد زاروه في بيته هذا الصباح للإستعداد وعلى رأسهم (إريك طاهر) ومعه  بعض الشخصيات الذين عرضوا المساعدة في التحضير للمناظرة ولكن (معروف) رفض الإفصاح عن أسمائهم وإلى أي جهة ينتمون.

قال (معروف) : “مسؤولين الحملة الإنتخابية زاروني هذا الصباح للإستعداد للمناظرة، ولذلك فإني أعلن عن إستعدادي أنا و(جوكوي) للحضور وأننا الآن نبحث كل المواضيع والاسئلة الخاصة بالمناظرة حيث أن جميعها أمور مهمة تستحق البحث والتحضير حيث أننها أيضًا سوف نصنع محاكاه للمناظرة سويًا”.

وكما هو معلوم أن الجهة المنظمة لهذه المناظرة المقرر عقدها يوم 17 يناير هي الهيئة الوطنية للإنتخابات وسوف تدور حول عدة مواضيع مثل حقوق الإنسان والإرهاب والعدالة والفساد. وسوف تدار المناظرة عن طريق الاسئلة المعروفة مسبقًا والاسئلة غير المعروفة مسبقًا حيث أن بعض الاسئلة قد أستلمها المرشحان بالفعل والبعض الآخر سوف يعرض عليهم لأول مرة يوم المناظرة.

المترجم : محمد علي | المصدر: سي ان ان اندونيسيا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Calon Wakil Presiden Nomor Urut 02, Ma’ruf Amin menilai format debat capres dan cawapres yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum tentu menguntungkan. Meskipun, KPU telah memastikan format debat menggunakan sistem pertanyaan terbuka.

“Ya memudahkan juga tidak, soalnya kan pertanyaannya banyak. Mana yang untuk kami, mana yang untuk pasangan lain, kami juga belum tahu,” kata Ma’ruf di kediamannya kawasan Menteng, Jakarta, Minggu (6/1).

Diketahui KPU bakal mengirim 20 pertanyaan kepada pasangan calon dan hanya tiga yang akan diajukan saat debat perdana berlangsung. KPU mengirimkan pertanyaan lebih dulu kepada para paslon 10 hari sebelum debat.

Kendati demikian, menurut Ma’ruf, pihaknya sudah mulai bersiap untuk debat nanti. Bahkan tim pemenangannya, yaitu Erick Thohir pagi tadi telah menyambangi kediamannya untuk memberi masukan. Erick, kata Ma’ruf juga datang ditemani oleh tim yang siap membantunya dan Joko Widodo menjelang debat. Namun Ma’ruf menolak menyebut identitas pihak yang terlibat.

“Tadi datang ke sini untuk memberikan semacam masukan-masukan tentang persiapan debat yang akan datang karena itu kita, pak Jokowi dan saya sudah siap untuk mengikuti debat yang akan datang,” ucapnya.

Ia mengatakan semua materi debat pada 17 Januari 2018 nanti akan dipelajari tanpa pengecualian. Menurutnya semua materi adalah hal penting yang harus dibahas, terutama untuk para calon pemimpin tersebut.

Ma’ruf menambahkan dirinya dan Jokowi juga akan melakulan simulasi untuk menghadapi debat melawan kubu nomor dua, yaitu Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

“Ya tentu, (simulasi) harus. Kami akan melakukan simulasi, pendalaman juga,” kata Ma’ruf.

Seperti diketahui adapun tema yang dipilih KPU untuk debat pada 17 Januari nanti adalah HAM, Terorisme, Hukum, dan Korupsi. KPU bakal menggabungkan pertanyaan terbuka dan tertutup.

Jika pertanyaan terbuka dibuat oleh KPU, pertanyaan tertutup adalah saat paslon saling melempar pertanyaan. Disebut tertutup lantaran seluruh peserta debat benar-benar tidak mengetahui apapun yang akan ditanyakan lawannya.

Penerjemah: Mohamed Ali | Sumber: CNN Indonesia

تعليقات
Loading...