إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

معنى التفقه في الدين (2)

Makna Tafaqquh Fiddin Bag. Kedua

420

بقلم  كياهي الحاج الإمام زركشي

وَلِيُنْذِرُوا قَوْمَهُمْ إِذَا رَجَعُوا إِلَيْهِمْ لَعَلَّهُمْ يَحْذَرُوْنَ (التوبة: 122)

ماذا يعني بالتفقه في الدين؟ عذرًا، إذا كانت الكلمات التي استخدمتها عالية إلى حدٍّ ما، هذا ليس لغرض الكبرياء، ولكن هكذا الحال الحقيقي. فهم الذين سينصحون أهلهم ومجتمعهم. وأولئك الذين سيقودون المهندسين والأطباء والأساتذة. وإذا سمع المهندسون الذين هم أقل ذكاءً في هذا الأمر، فيعتبرون أننا نتحرش عليهم. كلاّ!

وهكذا ما ورد في القرآن الكريم! ومن السهل علينا أن نقول للطبيب ونذكره، “يا أيها الطبيب، يجب عليك أن تدعو الله عند وصف الدواء وأن تعلم أن الشفاء لا يكمن في الدواء ولا في الطبيب ذاته، ولكن يكون بإذن الله سبحانه وتعالى.” والآن يحدث حقا وأن كثيراً من الأطباء يبسملون عند الحقن. فيكون له عدد كبير من المتعالجين وكذلك ما يفعله المهندسون وغيرهم.

وأريد أن أذكر أولادي الذين يقودون المعاهد الإسلامية بعدم الابتئاس والذل بسبب فشلهم في أن يكونوا أطباء أو مهندسين، فأقول أنت الذي تقودهم. وهذا هو القرآن. لا ينبغي لك أن تبتئس. إن مكانة رجال الدين حالياً واحترام الناس لهم يتغير تماما بالمقارنة مع الخمسين العام الماضية.

إذا استخدمنا مصطلح الشباب اليوم، فإن الحالة الاجتماعية لرجال الدين ترتفع لكنهم قد يغيروا كيفية حياتهم إثر تغير حالتهم الاجتماعية. وهذا غير صحيح إلى حد ما، يغيرون أسلوب حياتهم ورفاهيتهم وثروتهم حتى ينسون معاهدهم ويفضلون شركاتهم، وما إلى ذلك.

وهذا الذي أقوله لكم. والآن استراح بالي بعد أن ألقيت هذه الكلمة. لكن الكلمات التي ذكرتها “الذين يقودون” متجهة إلينا فقط. إذا التقيت بمهندسٍ، فلا تقول له ذلك، بل قل لنفسك: “يجب عليّ أن أقودك يا مهندس”.

ولا يصعب علينا الآن أن نطرح سؤالاً، أي مهندس ينبغي أن نذكرّه؟ وأعتقد بأنكم تعرفون كل شيء أي طبيبٍ يجب أن نذكرّه؟ وأي خبير قانوني يجب أن نحذره؟ حاليا يكون الأمر سهلاً، فقد عرف الناس العاديين أخطائهم. ويمكننا القول إن الحالة الاجتماعية للمعاهد الإسلامية تختلف تماما مما كانت عليه في السابق.

عليك أن تتذكر أن مؤسسي المملكة الإسلامية الماضية في أرخبيل إندونيسيا كانوا من العلماء، سواء في جزيرة جاوا أوسومطرة أوسولاويسي أوكاليمانتان  وغيرها من الجزر. لذا، فإذا قلنا ذلك وليس غريبا جدا، حتى الآن تم عرض بعض منهم في السينما، أي الملوك الجاويين والسلطان باجانج، وهلم جرّا. جاء أحدهم في ذلك الوقت إلى الشيخ سنن كاليجاغا والشيخ سنن قدوس وغيرهما من العلماء وطلب منهم أن ينصحوه، من هنا  نعرف مكانة العلماء في ذلك العهد.

وبعد ذلك نعمل ثم نعمل، وقد قال السيّد سهل عن العمل، “ليست سوى غريزة، وما قمت بإنشاء معهدا إسلاميًّا جديدًا، ولكن أريد الغريزة مع الفهم، كان والدي رجل دين، ولابد لي من أن أواصل جهده كرجل دين. وبعد أن صرت رجل دين تصرفت بأحسن تصرف مما يتصرف به رجال الدين عامتهم. ثم خلفني ولدي عبد الله شكري الذي يشارك دائما في الندوات ويرجع إلى البيت حاملا معه الكلمة، “لقد وضع الله على عاتقنا لنكون قادةً للمعهد الإسلامي أي نحن مكلفون بالتفقه في الدين.

ويقول الناس إنهم ملقّبون بذلك. إذا كنت تريد أن تعيش في المعهد الإسلامي، فلا تتردد ولا تشكّ، هل تريد الوصول إلى ما تتطلع إليه؟ إذن، ضع في نصب عينيك قول المثل “من سار على الدرب وصل” أي كل شيء إذا مررنا به، فيوصلنا إلى الغاية المنشودة. وهذا يعني أنه يمكن لأي شخص كالتاجر إنشاء المعهد الإسلامي أو إعداد الطباعة، فيصل إلى غايته إذا سار على طريقه. تابع المقال في العدد التالي….

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر: فارس البدر


Oleh KH Imam Zarkasyi

وَلِيُنْذِرُوا قَوْمَهُمْ إِذَا رَجَعُوا إِلَيْهِمْ لَعَلَّهُمْ يَحْذَرُوْنَ (التوبة: 122)

Untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya. (QS. at-Taubah [9]: 122)

Mendalami ilmu agama (tafaqquh fiddin) itu untuk apa? Maaf, kalau kata-kata agak tinggi, ini tidak sombong, tetapi memang begitu. Mereka ini yang akan menasihati kaumnya, masyarakatnya. Jadi, mereka yang akan memimpin insinyur, dokter, profesor-profesor. Ini kalau didengarkan oleh insinyur-insinyur yang kurang cerdas, dianggap kita ini menggagahi mereka. Tidak!

Kita suci al-Qur’an begitu! Umpamanya mudah saja, seorang dokter misalnya. Kita bisa mengingatkan, “Pak dokter sebaiknya memberi obat itu sambil berdoa bahwa yang sebenarnya yang menyembuhkan itu bukan obatnya, bukan dokternya, tapi Allah SWT.” Sekarang betul-betul terjadi, seorang dokter membaca bismillahirrahmanirrahim ketika menyuntik. Laris jadinya. Kepada insinyur begitu juga, dan kepada yang lain-lain.

Karena itu, saya ingin mengingatkan kepada anak-anakku yang menjadi pemimpin pondok pesantren, jangan kecil hati, merasa rendah diri bahwa kamu tidak menjadi dokter, tidak menjadi insinyur, justru kamulah yang harus memimpin mereka. Ini al-Qur’an. Jadi, kita jangan kecil hati. Kedudukan sebagai kyai sekarang ini, penghargaan masyarakat berubah jauh sama sekali dibandingkan 50 tahun yang lalu.

Kalau memakai istilahnya anak-anak sekarang, status sosialnya naik. Hanya kadang-kadang, kyai kita ini karena berubah status sosialnya berubah pula cara hidupnya. Ini agak kurang tepat, berubah cara hidupnya, kemewahan, kekakayaan, yang sampai lupa kepada pondoknya, mengutamakan perausahaannya, dan sebagainya.

Inilah yang saya sampaikan. Sekarang saya sudah puas menyampaikan ini, tapi kata-kata tadi “yang akan memimpin” itu untuk kita saja. Kalau ketemu dengan insinyur, jangan katakan begitu, tapi katakan dalam batinmu semua, “Saya yang harus memimpin.”

Kalau sekarang kita mudah mengambil contoh, insinyur yang bagaimana yang harus kita ingatkan? Para hadirin semua tahu. Dokter yang bagaimana yang harus kita ingatkan? Ahli hukum yang mana yang harus kita peringatkan? Sekarang mudah, orang awam banyak yang tahu kesalahan mereka. Bisa dibilang, status sosial pondok pesantren sekarang lain.

Ingatlah, yang mendirikan kerajaan Islam di Nusantara ini ulama, baik di Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, dan lain-lain. Jadi kalau kita mengatakan itu, tidak terlalu aneh, bahkan sekarang banyak diangkat dalam sinema, yaitu raja-raja Jawa, Sultan Pajang, dan lain sebagainya. Ketika itu ada yang minta nasihat kepada Sunan Kudus, Sunan Kalijaga, dan lain-lain. Dari sini, kita tahu status ulama ketika itu

Sesudah itu kita bekerja, beramal. Beramal itu, kalau Pak Sahal mengatakan begini, “Saya ini hanya naluri, katanya saya tidak mendirikan pondok baru, tapi saya ingin naluri dengan pengertian, orang tua saya itu kyai, saya harus meneruskan sebagai kyai. Lantas, sesudah saya sebagai kyai harus berbuat sebagaimana kyai yang sebaik-baiknya. Kemudian ada Syukri (Abdullah Syukri) yang mengikuti seminar-seminar, pulang membawa kata-kata, ‘Kita ini sudah diletakkan oleh Allah menjadi kyai memimpin pondok pesantren.’ Artinya, kita semua ini sudah diberi beban tafaqquh fiddin.”

Kata orang, mereka panggilannya begitu. Kalau memang mau di situ, jangan ragu-ragu, jangan setengah-setengah, apa bisa sampai? Mahfudzatnya, “Man sara ‘aladdarbi wasala.” Artinya, segala sesuatu jika kita lalui sebagaimana mestinya, pasti sampai. Itu mengandung arti, pedagang membikin madrasah atau mendirikan percetakan, pokoknya kalau sara ‘ala thariqihi wasala. bersambung…

Penerjemah: Sairul Nafsahu | Editor: Faris Al-Badr

(42)

تعليقات
Loading...
Click Me