إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

مغامرة في أكبر محمية لقرود انسان الغاب في العالم

Berkeliling Lokasi Konservasi Orangutan Terbesar Dunia

- الإعلانات -

0 189

كوتا وارينغين، إندونيسيا اليومعندما تسمع عن حديقة تانجونج بوتنج الوطنية من المؤكد أنك تتخيل منظر قرود انسان الغاب ،ها هي أكبر منطقة محمية لقرود انسان الغاب. تقع حديقة تانجونج بوتنج الوطنية بمنطقة كوتاوارينغين بارات، وسط كاليمانتان. للذهاب إلى تانجونج بوتنج، عليك أن تبدأ الرحلة من بانكالانج بون أوّلاً، ثم تتجه إلى كوماي وتستغرق 15 دقيقة فقط بالسيارة. من كوماي عليك أن تركب السفينة (تركب عادة سفينة صغيرة بسيطة) التي تختلف سعتها اعتمادا على عدد الركاب ويستغرق حوالي 2 ساعة. ومما يجعلك مستمتعا عند ركوب هذه السفينة، إمكانية الصعود إلى الطابق العلوي للسفينة لمشاهدة المناظر أكثر وضوحا.

وعالبا ما يقضي السياح أوقاتهم في تانجونج بوتنج حوالي ثلاثة أيام وليلتين. الوجهات السياحية في تانجونج بوتنج كثيرة من بينها تانجونج هارابان، بوندوك تانغجوي، وكامب ليكي. يمكننا في هذه المواقع مشاهدة عددا كبيرا من القرود التي تعيش في بيئتها الطبيعية. وتعتبر كامب ليكي أكبر منطقة محمية لتلك القرود في تانجونج بوتنج.

ستشاهد عند الإطعام، العمال  يدعونها بصوت مميز  للقدوم إلى مكان الإطعام. لقد دهشنا عند قدوم القرود من جميع أنحاء الغابة. فأضحكتنا تصرفاتها عند التنافس في الطعام . بل منا من داعب أكبر القرود وأشدهم قوّة.

ورأينا في هذه الحديقة الوطنية عددا كبيرا من القرود التي تحمل صغارها في كل مكان. على الرغم من أننا فرحنا بعد رؤيتها إلا أنه لا يُسمح لنا بلمسهم. اكتشاف تانجونج بوتنج بالسفينة الصغيرة من التجارب المثيرة. إذا كانت السفينة تستخدم كمكان للجلوس وتناول الطعام  في النهار، فقد تحولت السفينة في الليل إلى مكاننا للنوم. وذلك لأنه في رحلتنا يشارك ما يقرب من 20 شخصا.

وعادة ما ترسو السفينة قبيل المساء في أحد أركان نهر سيكونير. لذلك، لا تنس استعمال مستحضر المضاد للناموس او تلجأ إلى الناموسية عند النوم. في الليل، يمكنك أن ترى شيئا نادرا في هذه المدينة وهو اليراعات. وعددها كبير حتى نرى أنها تعلو الأشجار وتبدو كأنها شجرة عيد الميلاد المزينة بالأنوار. وسيستقبلك تغريد الطيور عند استيقاظك في الصباح.

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر: طلال الشايقي | المصدر: ديتيك


Kotawaringin, Indonesiaalyoum.com – Mendengar Taman Nasional Tanjung Puting, pasti yang terbayang adalah orangutan. Inilah lokasi konservasi orangutan terbesar di dunia.  Taman Nasional Tanjung Puting terletak di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Untuk menuju Tanjung Puting dari Pangkalan Bun terlebih dahulu harus menuju Kumai yang dengan kendaraan hanya sekitar 15 menit. Dari Kumai kita naik kapal (biasanya adalah kapal klotok) yang kapasitasnya bermacam-macam tergantung banyaknya penumpang dan memakan waktu sekitar 2 jam. Dan yang menyenangkan naik kapal klotok ini, kita juga bisa naik ke atas dek untuk melihat pemandangan dengan lebih jelas.

Pada umumnya, para wisatawan yang mengunjungi Tanjung Puting menghabiskan waktu selama 3 hari 2 malam. Lokasi yang dituju di Tanjung Puting adalah Tanjung Harapan, Pondok Tanggui dan Camp Leakey. Di lokasi-lokasi tersebut kita dapat melihat orangutan yang jumlahnya sangat banyak di habitat aslinya. Camp Leakey merupakan tempat pelestarian orang utan yang paling besar di Tanjung Puting.

Pada saat feeding time, kita bisa melihat para petugas memanggil orangutan dengan suara khas agar mereka datang ke tempat feeding. Kami takjub melihat akhirnya orangutan berdatangan dari berbagai penjuru hutan. Lucu juga melihat tingkah laku orangutan yang berebutan mengambil makanan yang diberi petugas. Bahkan ada juga yang sampai kucing-kucingan dengan orangutan yang lebih besar dan berkuasa.

Di taman nasional ini, banyak terlihat orangutan yang menggendong anaknya ke mana-mana. Bikin gemas. Walaupun senang melihatnya, kita tidak diperbolehkan menyentuh orangutan. Mengeksplor TN Tanjung Puting dengan klotok merupakan pengalaman yang seru. Jika pada siang hari kapal dijadikan tempat duduk, tempat makan, di malam hari kapal ini disulap menjadi tempat kami tidur. Hal ini dilakukan karena dalam trip kami ada hampir 20 orang.

Menjelang malam, kapal ini akan bersandar di salah satu sudut Sungai Sekonyer. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memakai lotion anti nyamuk walaupun saat kita tidur dipakaikan kelambu. Di malam hari, kita bisa melihat sesuatu yang sudah jarang kita temukan di kota yaitu kunang-kunang. Tidak sedikit jumlahnya, karena kita bisa lihat kunang-kunang memenuhi pepohonan sehingga terlihat seperti pohon natal yang dihiasi lampu. Saat bangun di pagi hari, suara burung-burung berkicau akan menyambut pagi kita.

Penerjemah: Sairul Nafsahu | Editor: Talal Al-Shaiqi | Sumber: Detik

(19)

تعليقات
Loading...
Click Me