منح سعادة السفير الدكتوراه الفخرية - إندونيسيا اليوم
إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

منح سعادة السفير الدكتوراه الفخرية

Duta Besar Arab Saudi Dianugerahi Gelar Doktor Kehormatan

- الإعلانات -

0 196

باندونج، إندونيسيا اليوم – منحت جامعة إندونيسيا التربوية (أوبي) في مدينة باندونج  سفير خادم الحرمين الشريفين في إندونيسيا السفير أسامة بن محمد الشعيبي درجة الدكتوراه الفخرية في العلاقات الإنسانية/ قسم تربية القيم والأخلاق من كلية الدراسات العليا بالجامعة وذلك تقدير لسعادته على جهوده وإنجازاته في دعم التعليم في اندونيسيا خاصة في مجال القيم الإسلامية والمعرفة وهي أول شهادة فخرية تمنح لسفير في أند ونيسا وقد أقيم حفلٌ تكريمي كبير احتفاءً بهذه المناسبة برعاية معالي وزير التعليم العالي الإندونيسي الأستاذ الدكتور محمد ناصر وبحضور سفراء الدول العربية والإسلامية والصديقة يتقدمهم السفير الجزائري والقائم بالأعمال بالجمهورية اليمنية الشقيقة، كما حضر منسوبو التعليم في جمهورية إندونيسيا ورؤساء الجامعات  ومنسوبو وعمداء الكليات ورؤساء الأقسام وأعضاء هيئة التدريس وطلاب الجامعة.

حيث بدأ الحفل بآيات من الذكر الحكيم ثم عرض مرئي احتوى على السيرة الذاتية لسعادة السفير الشعيبي  ثم بعد ذلك  منح مدير الجامعة يرافقه رئيس المجلس الأكاديمي بالجامعة سفير خادم الحرمين الشريفين في إندونيسيا السفير أسامة بن محمد الشعيبي شهادة الدكتوراه الفخرية.

منح سعادة السفير الدكتوراه الفخرية

بعد ذلك ألقى مدير الجامعة كلمة رحب فيها بالحضور مؤكدا أن منح درجة الدكتوراه الفخرية في تخصص التربية القيمية والأخلاقية من جامعة إندونيسيا التربوية لسعادة السفير أسامة بن محمد الشعيبي هو تقدير واعتراف صريح لجهوده المخلصة وإنجازاته العظيمة في تصوير العملية التربوية في إندونيسيا خاصة التي تنبع من القيم الإسلامية أو ما يعرف بطريقة تعليم الحرمين والتي طبقها سعادة السفير في إندونيسيا وقد حققت نجاحا باهرا في بناء الأمة وأخرجت جيلا طائعا لله نافعا لوطنه وذا مكانة مرموقة في المجتمع.

وزير العليم الإندونيسي الأستاذ الدكتور محمد ناصر أشار في كلمته أن درجة الدكتوراه الفخرية هي درجة تمنح بالعادة للشخصيات ذات الإنجازات العظيمة والمكانة المرموقة وهي صفات تشكل شخصية سعادة السفير الشعيبي فبشخصيته وما يتمتع به من صلاحيات ساعدته كثيرا في القيام بالعديد من الاجازات والابتكارات لترقية القيم التربوية وخصوصا تلك التي تتعلق بالتربية الإسلامية في إندونيسيا، وهو صاحب فكرة  تطوير معهد العلوم الإسلامية والعربية في إندونيسيا وذلك بإنشاء فروع أخرى مماثلة له في عدد من المدن الإندونيسية الكبرى هذا إلى جانب تشييده وتطويره الركن العربي في كثير من الجامعات الإندونيسية ومن ضمنها جامعتنا الحبيبة.

منح سعادة السفير الدكتوراه الفخرية1

بعد ذلك ألقى سعادة السفير الشعيبي كلمة بعنوان القيم التربوية والأخلاقية من دروس الحرمين وإسهاماتها في تكوين المجتمع الإندونيسي دينيا وأخلاقيا حيث رحب سعادته بالحضور الكرام مبينا أن هذا اليوم هو يوما مشهود حيث يجتمع به أهل العلم والعلماء والمعرفة الذي تعهد الله سبحانه وتعالى برفهم درجة عن غيرهم بسبب علمهم الذي تعلموه  ومن ثم نقلوا ما تعلموه لغيرهم  لتعم المنفعة على الناس أجمعين ولهذا جزاءه الله هذا التفضيل عن غيرهم .

وأضاف الشعيبي أن معاني السرور قد اكتملت في هذا اليوم اتصلت بداخله حروف الفرح واجتمعت في كلمة النجاح والفلاح بأن فضلني ربي كأول سفير سفراء الدول العربية أن ينال شرف منحكم  وتكريمكم بمنحي شهادة الدكتوراه الفخرية من هذا الجامعة العريقة فقد عجز اللسان عن التعبير، ورجع البصر إلى البصيرة بالتذكير، بان نادى لسان حالي مستهديا بمنطق النبي سليمان عليه السلام كما ورد في الذكر الحكيم (هذا من فضل ربي).

منح سعادة السفير الدكتوراه الفخرية2

وقدم السفير الشعيبي شكره وامتنانه ومجددا ولائه وطاعته لخادم الحرمين الشريفين الملك سلمان بن عبد العزيز وسمو ولي عهد الأمير محمد بن سلمان بن عبد العزيز يحفظهم الله بأن مكناه من خدمة الوطن الغالي من أرض هذا البلد المسلم.

مؤكدا أن ما حصل عليه هذا اليوم من تكريم  هو نتيجة للسياسة الحكمية التي تنتهجها المملكة العربية السعودية تجاه أشقاءها الدول العربية والإسلامية والصديقة، مشيرا إلى أن هذا التكريم هو بمثابة تكريم للمملكة العربية والسعودية وللشعب السعودي بأكمله الذي يكن كل الاحترام والتقدير لأخوته المسلمين في كل أرجاء المعمورة .

وقال الشعيبي أن العلاقات الأخوية بين البلدين الشقيقين المملكة العربية السعودية وجمهورية إندونيسيا الشقيقة أزليه حيث لاقى الجانب العلمي والديني نصيب الأسد من الاهتمام من دعم وتشجيع من قبل حكومة خادم الحرمين الشريفين يحفظه الله.

وثمن الشعيبي التفاعل والتناسق والدعم اللامحدود سواء حضوريا او معنويا  من قبل القيادة الإندونيسية تجاه الفعاليات والأنشطة السعودية في الأرخبيل الإندونيسي وهوما يساعد كثير في توثيق وتقوية العلاقات بين البلدين .

منح سعادة السفير الدكتوراه الفخرية3

وركز الشعيبي في كلمته أيضا على دور الحرمين الشريفين والمشاعر المقدسة في بث روح المحبة والمودة بين الشعوب العربية والإسلامية والصديقة من مبدأ وسطية الإسلام والتقارب بين الأديان لبث روح الفكر المسالم بين شعوب العالم.

وأختتم السفير الشعيبي كلمته أن شكر الله سبحانه وتعالى أن وفقه في مهمته الوطنية في العمل في الارخبيل الإندونيسي ويسره له مهمته لخدمة الدين ثم المليك والوطن.

المترجم: يومراني


Bandung, Indonesiaaalyoum.com – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, menganugerahkan gelar doktor kehormatan (doctor honoris causa) kepada Yang Mulia Duta Besar Kerajaan Arab Saudi di Indonesia, Osama bin Mohammed Al-Shuaibi dalam bidang Pendidikan Umum dan Karakter dari Program Pasca Sarjana UPI.

Hal tersebut sebagai penghargaan atas dedikasi dan prestasinya dalam mendukung pendidikan di Indonesia khususnya di bidang nilai-nilai Islam dan pengetahuan umum. Gelar doktor kehormatan ini pertama kali diberikan kepada duta besar negara Arab yang berada di Indonesia.

Acara penganugerahan ini dihadiri oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D, Ak dan para duta besar negara-negara Arab dan Islam serta negara sahabat lainnya, di antaranya adalah Duta Besar Aljazair dan Yaman. Di samping itu, turut hadir pula sejumlah tokoh pendidikan Indonesia, rektor, dekan, kepala jurusan, dosen dan mahasiswa UPI dan universitas lainnya.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur`an, lalu presentasi visual tentang biografi Osama bin Mohammed Al-Shuaibi. Selanjutnya, Rektor UPI yang didampingi oleh Ketua Dewan Guru Besar UPI menganugerahkan gelar doktor kehormatan kepada Yang Mulia Duta Besar Kerajaan Arab Saudi di Indonesia, Osama bin Mohammed Al-Shuaibi.

منح سعادة السفير الدكتوراه الفخرية4

Acara dilanjutkan dengan kata sambutan yang disampaikan oleh Rektor UPI Prof. Dr. H. Rd. Asep Kadarohman, M.Si. Dalam sambutannya, Asep Kadarohman mengucapkan selamat datang kepada semua hadirin. Asep menegaskan bahwa pemberian gelar doktor kehormatan kepada Osama bin Mohammed Al-Shuaibi merupakan penghargaan dan pengakuan secara eksplisit atas dedikasi tulus dan prestasi besar dalam bidang pendidikan di Indonesia. Khususnya yang berbasis nilai-nilai Islam atau yang dikenal sebagai Model Pendidikan Haramain.

Model Pendidikan Haramain yang telah diterapkan oleh Osama di Indonesia telah berhasil membina umat dan melahirkan generasi yang taat, bermanfaat, dan bermartabat. Model Pendidikan Haramain telah berhasil mencetak generasi istimewa yang berakhlak mulia dan menjadi teladan di lingkungan masyarakat.

Hal senada juga disampaikan oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D, Ak dalam dalam sambutannya. Menurutnya, gelar doktor kehormatan adalah gelar yang diberikan kepada kepribadian yang mempunyai prestasi besar dan kualitas bergengsi. Hal ini terdapat dalam pribadi Osama bin Mohammed Al-Shuaibi.

Al-Shuaibi, lanjut Menristektiditi, kewenangan, ketokohan, dan kiprahnya telah melakukan berbagai upaya dan terobosan untuk memajukan dan meningkatkan mutu pendidikan, khususnya yang terkait dengan pendidikan dunia Islam di Indonesia.

Osama merupakan pemrakarsa pengembangan LIPIA (Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Bahasa Arab) di sejumlah kota besar di Indonesia serta mendirikan dan mengembangkan Arabic Corner atau Saudy Culture Corner di beberapa perguruan tinggi di Indonesia, termasuk di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

منح سعادة السفير الدكتوراه الفخرية6

Setelah itu, pidato singkat disampaikan oleh Osama bin Mohammed Al-Shuaibi berjudul “Nilai-Nilai Pendidikan dan Moral dari Model Pendidikan Haramain dan Kontribusinya Dalam Pembentukan Masyarakat Indonesia Secara Agama dan Moral.”

Di awal pidatonya, Al-Shuaibi menyapa para hadirin. Ia mengatakan bahwa hari itu (Senin, 16/7/2018-red) adalah hari yang terhormat dan mulia bagi dirinya, karena pada hari itu ia dapat berkumpul dengan para ulama, ilmuwan dan pakar yang telah dijanjikan Allah untuk mendapatkan derajat yang lebih tinggi dibanding manusia lainnya. Sebab, manusia mengetahui segala hal melalui ilmu yang ditimba dari para ulama. Selanjutnya, mereka juga mentransfer ilmu tersebut kepada orang lain lagi, sehingga bermanfaat bagi semua manusia. Semoga Allah memberikan balasan yang berlimpah kepada para ulama umat ini.

Al-Shuaibi menambahkan bahwa kegembiraan yang ia dapatkan pada hari itu bertambah sempurna dengan fakta bahwa dirinya merupakan duta besar negara Arab pertama yang memperoleh gelar doktor kehormatan dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Sungguh, lanjut Al-Shuaibi, rasa gembira yang luar biasa ini membuat lidahnya seolah-olah kelu untuk berbicara. Lisannya hanya ingin mengucapkan perkataan yang disebutkan oleh Nabi Nabi Sulaiman Alaihissalam sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur`an “Hadza Min Fadhli Rabbi (Ini adalah karunia dari Tuhanku).”

منح سعادة السفير الدكتوراه الفخرية7

Dalam kesempatan itu, Al-Shuaibi juga mengucapkan terima kasih dan loyalitasnya kepada kepada Pelayan Dua Kota Suci, Yang Mulia Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud dan Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdul Aziz yang memberikan dirinya kesempatan berkhidmat untuk tanah air tercinta dari tanah negara muslim ini (Indonesia).

Al-Shuaibi mengatakan, semua prestasi yang telah dia raih ini merupakan hasil dari kebijakan yang diambil oleh Kerajaan Arab Saudi terhadap negara-negara Arab, Islam dan negara sahabat lainnya. Kehormatan ini, lanjut Al-Shuaibi juga merupakan penghargaan bagi Arab Saudi, baik pemerintah maupun warganya secara keseluruhan dan penghargaan untuk saudara-saudara sesama muslim di seluruh dunia.

Al-Shuaibi melanjutkan, hubungan persaudaraan antara dua negara sahabat, Kerajaan Arab Saudi dan Republik Indonesia akan kekal karena berkaitan erat dengan sisi ilmiah dan agama serta mendapatkan perhatian dan dukungan penuh dari Pelayan Dua Kota Suci, Yang Mulia Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud.

Di samping itu, Al-Shuaibi juga mengapresiasi interaksi, konsistensi, dan dukungan tak terbatas, baik secara langsung atau secara moral dari para tokoh dan pemerintah Indonesia dalam mendukung acara dan kegiatan yang diselenggarakan Pemerintah Arab Saudi di Nusantara (Indonesia). Sangat banyak pihak yang membantu dalam memperkuat hubungan antara kedua negara ini.

منح سعادة السفير الدكتوراه الفخرية8

Dalam pidatonya, Al-Shuaibi juga menyebutkan tentang Dua Masjid Suci (Masjidil Haram dan Masjid Nabi) serta tempat-tempat suci lainnya dalam menyebarkan semangat cinta dan kasih sayang antara negara-negara Arab, Islam dan negara sahabat lainnya, yang tidak lain merupakan prinsip Islam moderat dan pemulihan hubungan antara agama-agama untuk menyebarkan semangat perdamaian antara bangsa-bangsa di dunia.

Al-Shuaibi menutup pidatonya dengan memanjatkan rasa syukur kehadirat Allah Ta’ala atas taufik dan hidayah-Nya kepada dirinya, sehingga dia dapat menjalankan tugas kenegaraan dengan bekerja sebagai duta besar di Indonesia, serta dimudahkan untuk melayani agama Islam, Raja dan negara.

Penerjemah: Yum Roni

(24)

تعليقات
Loading...
Click Me