إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

موسكو وواشنطن توافقان على عقد القمة بين بوتين وترامب

Moskow dan Washington Sepakati Pertemuan Puncak Putin-Trump

0 456

موسكو، إندونيسيا اليوم –  توصلت موسكو وواشنطن إلى اتفاق يوم الأربعاء لعقد قمة فورية بين الرئيس الروسي فلاديمير بوتين والرئيس الأمريكي دونالد ترامب.

إنها خطوة قد تثير قلق بعض حلفاء الولايات المتحدة وتسحب رد فعل بعض خصوم ترامب في البلاد.

وتحدث مساعد السياسة الخارجية الكرملين، يوري أوشاكوف، بعد أن التقى بوتين بمستشار الأمن القومى الأمريكى، جون بولتون، فى الكرملين قائلا إن القمة ستعقد فى دولة ثالثة ذات منفعة متبادلة، وهناك حاجة إلى بضع أسابيع لإعدادها.

وقال أوشاكوف للصحفيين، “كان من المقرر عقد الاجتماع منذ فترة طويلة”. وهذه مهمة جدا بالنسبة لروسيا والولايات المتحدة.لما لها من تأثير كبير على جميع الأوضاع الدولية. أعتقد أنها ستكون حدثا دوليا رئيسا في الصيف.”

قد تثير مثل هذه القمة غضب حلفاء الولايات المتحدة الذين يريدون عزل بوتين، مثل بريطانيا، أو الذين يشعرون بالقلق من موقف ترامب تجاه روسيا.

وهذه القمة ربما  تكون لها تأثيرات غير إيجابية خصوصا لأطراف من الأجانب والمحليين الذين يشككون في التزام ترامب بحلف الناتو ويشعرون بالقلق من رغبته في إعادة بناء العلاقات مع موسكو، حتى في الوقت الذي تشدد فيه واشنطن العقوبات.

وقال أوشاكوف إن موسكو وواشنطن ستعلنان عن زمان ومكان انعقاد القمة يوم الخميس، لكن من المرجح أن يعقد بوتين وترامب محادثات لعدة ساعات عندما يجتمعان ويعقدان مؤتمرا صحفيا مشتركا.

وتحدث الاوساط السياسية عن بيان مشترك محتمل في قمة  تحسين العلاقات الأمريكية الروسية والأمن الدولي، وقال إن الكرملين كان سعيدًا بزيارة بولتون الماضية.

وأضاف أن وزير الخارجية الروسي، سيرجي لافروف، سيلتقي ايضا بنظيره الامريكي مايك بومبيو.

ومن المتوقع أن تعقد القمة بعد أن يحضر ترامب قمة الناتو ويزور بريطانيا في الشهر المقبل. وقال مسؤول أمريكي كبير يوم الثلاثاء إن العاصمة الفنلندية، هلسنكي، من المتوقع أن تكون مكان الاجتماع.

وقدم بولتون، وهو من المؤيدين بشدة للسياسة الخارجية والذي حذر في العام الماضي قبل تعيينه بأن واشنطن تتفاوض مع بوتين على كل المخاطر التي يواجهها، مؤتمرا صحفيا في حوالي الساعة 23:00 بتوقيت غرب إندونيسيا، حيث من المرجح أن يقدم المزيد من التفاصيل.

وهنأ ترامب بوتين على الهاتف في مارس بعد فوزه في الانتخابات، وقال إن الاثنين سيجتمعان قريبا.

ومنذ ذلك الحين، ساءت العلاقة بين واشنطن وموسكو حول الحرب في سوريا وتسميم روسيا لجاسوس مزدوج في بريطانيا، مما أدى إلى طرد دبلوماسي كبير في كلا البلدين.

وتواجه واشنطن وموسكو نزاعات على أوكرانيا واتهامات بالتدخل الروسي في الانتخابات الرئاسية الأمريكية عام 2016 الامر الذي تنفيه موسكو وبشدة كما نقلته صحيفة ريوترز.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر: وكالة أنتارا


Moskow, Indonesiaalyoum.com – Moskow dan Washington mencapai kesepakatan pada Rabu untuk mengadakan pertemuan puncak segera antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden AS Donald Trump.

Hal tersebut menjadi langkah yang mungkin mengkhawatirkan beberapa sekutu AS dan menarik reaksi berapiapi dari beberapa penentang Trump di dalam negeri.

Asisten kebijakan luar negeri Kremlin Yuri Ushakov saat berbicara setelah Putin bertemu dengan Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton di Kremlin mengatakan pertemuan puncak itu akan berlangsung di negara ketiga, yang saling menguntungkan, dan bahwa beberapa minggu lagi diperlukan untuk menyiapkannya.

“Pertemuan itu direncanakan sejak lama,” kata Ushakov kepada wartawan, “Itu sangat penting bagi Rusia dan Amerika Serikat, juga memiliki kepentingan besar untuk seluruh keadaan antarbangsa. Saya pikir itu akan menjadi acara internasional utama pada musim panas.”

Pertemuan puncak seperti itu mungkin akan mengesalkan sekutu AS yang ingin mengisolasi Putin, seperti Inggris, atau yang khawatir tentang sikap Trump terhadap Rusia.

Hal itu juga cenderung dipandang buruk di kalangan kritikus asing dan domestik yang mempertanyakan komitmen Trump kepada NATO dan khawatir atas keinginannya untuk membangun kembali hubungan dengan Moskow, bahkan ketika Washington memperketat sanksi.

Ushakov mengatakan Moskow dan Washington akan mengumumkan waktu dan tempat pertemuan puncak pada Kamis, tetapi Putin dan Trump kemungkinan akan mengadakan pembicaraan selama beberapa jam ketika mereka bertemu dan mengadakan konferensi pers bersama.

Dia berbicara tentang kemungkinan deklarasi bersama di pertemuan puncak tentang peningkatan hubungan AS-Rusia dan keamanan internasional serta mengatakan Kremlin senang dengan kunjungan Bolton yang telah berlalu.

“Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mungkin juga bertemu dengan mitranya dari AS, Mike Pompeo,” tambahnya.

Pertemuan puncak ini diperkirakan akan berlangsung setelah Trump menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi NATO dan mengunjungi Inggris bulan depan. Seorang pejabat senior AS mengatakan pada Selasa bahwa ibu kota Finlandia Helsinki diperkirakan sebagai lokasi pelaksaan pertemuan tersebut.

Bolton, pendukung kebijakan luar negeri yang keras, yang memperingatkan tahun lalu sebelum pengangkatannya sendiri bahwa Washington berunding dengan Rusia Putin atas segala risikonya, memberikan konferensi pers pada sekitar 23.00 WIB, di mana ia kemungkinan akan memberikan rincian lebih lanjut.

Trump mengucapkan selamat kepada Putin melalui telepon pada Maret setelah kemenangan pemilihan kembali pemimpin Rusia itu dan mengatakan keduanya akan segera bertemu.

Sejak itu, hubungan yang buruk antara Washington dan Moskow telah semakin memburuk atas konik di Suriah dan peracunan mata-mata Rusia di Inggris yang memicu pengusiran diplomatik besar di kedua negara.

Washington dan Moskow juga berselisih atas Ukraina dan tuduhan campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden AS pada 2016, yang disangkal Rusia, demikian Reuters melaporkan.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alSahiqi | Sumber: Antara

تعليقات
Loading...
Click Me