إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

ميانغاس، جزيرة بأقصى شمال إندونيسيا

Miangas, Pulau Terutara Indonesia yang Eksotis nan Menawan

0 530

تالاود، إندونيسيا اليوم – إن السفر إلى الجزر خارج إندونيسيا ممتعة للغاية. كما هو الحال في جزيرة  ميانغاس، مديرية جزر تالاود. إنها تضم الشاطئ النظيف ومياه البحر الصافية ومزين بالأسماك المنوعة. ولا يزال السكان المحليون يحافظون على ثقافة جزيرة ميانغاس من وقت لآخر.

بالنسبة لبعض الشعب الإندونيسيين، فإن اسم ميانغاس غريب. لأنها بعيدة عن جزيرة سولاويسي. وهي تقع في أقصى الشمال من محافظة سولاويسي الشمالية، وبعيدًا عن عاصمة مديرية تالاود، ميلونجوين. وهذا مما يتحدى الزوار لزيارة هذا المكان. علاوة على ذلك، فإن المنطقة أقرب إلى البلدان المجاورة، الفلبين. ولكن الآن، ليس من الصعب زيارة الجزيرة. وذلك لأن الجزيرة لديها مطار بدأ تشغيله في يناير 2017.

ميانغاس، جزيرة بأقصى شمال إندونيسيا

بالإضافة إلى أنها تمتلك مناظر شاطئ رائعة، فإن الجزيرة تشتهر بقبرها المقدس. وهو الموقع الوحيد المتبقي لنضال شعب ميانغاس عندما كانوا يدافعون عن أنفسهم من هجمات قبيلة مورو في الفلبين. لا تستغرب عند زيارتك لهذه الجزيرة الصغيرة. لأن جميع السكان المحليين بالجزيرة يرحبون بك.

إذا جاءت السفن والطائرات إلى الجزيرة، يذهب السكان المحليون إلى الميناء والمطار أفواجا. إذا كان هناك ضيف مهم، فسيتم استقباله بالرقص المحلي واللغة التقليدية. ليس ذلك فحسب، فإن حفيف الموجات الكبيرة يسمح باستخدام شاطئ ميانغاس كمكان للتزلج على الأمواج. ومع ذلك، فإن الجزيرة مازالت جميلة، ومحاطة بالغابات من جوز الهند التي أصبحت مصدرا للمجتمع في كسب العيش بعد مهنة الإبجار.

تستغرق ساعتين فقط لاكتشاف جزيرة ميانغاس. من المستحسن أن تستخدم الدراجة النارية. إذا كنت في جزيرة  ميانغاس ستشعر وكأنك في جنة السياحة البحرية. لأنك تستطيع أن تلاعب بحرية الرمال البيضاء في بعض شواطئها.

ميانغاس، جزيرة بأقصى شمال إندونيسيا2

لكن للسباحة، يجب عليك أن تسأل السكان أولاً. لأن هناك بعض النقاط المحظورة للقيام بأنشطة السباحة. إنك لا تتمتع فقط بجمال الرمال البيضاء مع إطلالة على جزيرة مينداناو في الفلبين، لكنك تستطيع أن تكتشف جميع أنحاء الجزيرة. كما تستطيع أن تكتشف جمال صفوف الرمال البيضاء والصخور والتلال الصخرية مع الاستماع إلى انصفاق الموجات الساحرة.

وقال رئيس منطقة ميانغاس، أمس،” لا داعي للدفع إذا أراد الزوار الاستمتاع بجمال شاطئ ميانغاس.”

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر: فارس البدر | المصدر: رادار تيغال


Talaud, Indonesiaalyoum.com – Sungguh asyiknya berwisata di pulau terluar Indonesia. Seperti di Pulau Miangas, Kabupaten Kepulauan Talaud. Pantainya jernih, air lautnya bening dan dihiasi pemandangan ikan beraneka ragam. Tak lupa, masyarakat yang tetap mengawetkan kebudayaan Pulau Miangas dari masa ke masa.

Bagi sebagian masyarakat Indonesia, nama Miangas mungkin masih terdengar asing. Sebab, tempatnya jauh dari Pulau Sulawesi. Letaknya berada di Ujung Utara Provinsi Sulawesi Utara dan terpisah jauh dari Ibukota Kabupaten Talaud, Melonguane. Tantangan tersebut menjadikan tempat ini sangat menantang untuk didatangi. Apalagi, wilayah ini lebih dekat dengan Negara Tetangga, Filipina. Tapi sekarang, untuk berwisata ke Pulau Miangas tak akan sulit lagi. Pasalnya, pulau tersebut telah memiliki bandar udara yang mulai beroperasi pada Januari 2017.

Selain memiliki pemandangan pantai yang indah, Pulau Miangas terkenal dengan makam keramatnya. Itu merupakan satu-satunya situs sisa perjuangan masyarakat Miangas, saat mempertahankan diri dari serangan suku Moro Filipina. Jangan kaget bila berkunjung ke pulau kecil ini. Sebab para wisatawan akan disambut seluruh masyarakat Pulau Miangas.

Bila ada kapal maupun pesawat yang datang, masyarakat berbondong-bondong ke Pelabuhan dan Bandara. Bila ada tamu penting, akan disambut dengan tarian dan bahasa adat wilayah setempat. Tak hanya itu, desiran ombak yang besar memungkinkan Pantai Miangas dijadikan tempat berselancar. Pun begitu, pulau ini masih asri, rimbun dengan hutan kelapa yang menjadi sumber mata pecaharian masyarakat. Tentunya setelah profesi melaut.

Untuk mengelilingi Pulau Miangas hanya dibutuhkan waktu dua jam saja. Disarankan menggunakan sepeda motor. Berada di Pulau Miangas serasa berada di surganya wisata bahari. Wisatawan dengan leluasa bisa bermain pasir putih di beberapa pantai.

Namun untuk berenang, wisatawan harus bertanya kepada warga sekitar terlebih dulu. Sebab, ada beberapa titik yang dilarang untuk melakukan aktivitas renang. Tak hanya menikmati keindahan pasir putihnya dengan view Pulau Mindanao Philipina, wisatawan juga bisa berjalan kaki mengelilingi pulau. Menyusuri indahnya barisan pasir putih, batu-batu karang, bahkan bukit-bukit karang dengan deburan ombak nan menawan.

“Tak perlu bayar untuk menikmati indahnya Pantai Miangas. Menginap saja kami kasih gratis. Makan pun dikasih gratis,” ujar Camat Miangas Steven Maarisit, kemarin.

Penerjemah: Sairul Nafsahu | Editor: Fares Al-Badr | Sumber: radartegal

تعليقات
Loading...
Click Me