نادي اليخوت، طريقة جديدة لتعزيز السياحة لدى منطقة سابانج

Yacht Club, Cara Baru Sabang Promosi Wisata

0 671

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Sabang Marine Festival 2018 kembali digelar. Demi tingkatkan promosi wisata, akan dibentuk klub perkumpulan Yachter yang diberi nama Sabang Yacht Club.

Deputi Komersial dan Investasi Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) Agus Salim mengatakan, Sabang Yacht Club dibentuk sebagai sebagai wadah tempat berinteraksi sesama pelaut serta saling mengunjungi di antara club-club yacht yang ada di dunia. Selain itu, kehadiran klub ini juga untuk mempromosikan parisiwata di ujung barat Indonesia.

“Ke depan kita berharap Sabang Yacht Club akan mirip-mirip seperti yacht club yang ada di negara tetangga seperti yang ada di Pangkor (Thailand), Langkawi (Malaysia) yang bernama Langkawi Yacht Club,” kata Agus dalam keterangan tertulis kepada detikTravel, Jumat (27/4/2018).

Menurut Agus, Yacht Club memegang peranan penting dalam pengambangan kawasan wisata khususnya wilayah yang kerap dikunjungi oleh yachter. Kehadiran Sabang Yacht Club yang merupakan unit usaha baru di (BPKS) akan menjadi sebuah wadah baru dalam melakukan promosi-promosi wisata khususnya bagi komunitas yachter dunia.

Agus juga menambahkan bahwa komunitas Sabang Yacht Club juga akan berdampak terhadap ekonomi Sabang. Terbentuknya klub ini dinilai dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat Sabang khususnya bagi para tour guide dan LO lokal.

“Karena wadah ini juga berfungsi untuk melayani segala kebutuhan yachter seperti BBM, perijinan dan kebutuhan yachter lainya. Tentunya ini akan menampung tenaga kerja,” jelasnya.

“Dengan adanya Sabang Yacht Club ini akan menarik para yachter lainya untuk datang ke Sabang dan ini tentunya akan berdampak langsung kepada ekonomi masyarakat,” ungkap Agus.

BPKS telah menyelenggarakan Sabang Marine Festival beberapa kali dan sudah menjadi agenda tahunan sejak Tahun 2015. Sabang Marine festival juga memiliki peran dalam melakukan promosi wisata khususnya wisata bahari untuk menarik para yachter agar dapat singgah ke Kota Sabang.

“Harapan kita, Sabang akan semakin dikenal dan menjadi salah satu tempat tujuan yachter untuk melakukan liburan,” harap Agus.

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Fares alBadr | Sumber: Detik

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – مهرجان سابانج البحري 2018 عقد مرة أخرى , من أجل زيادة الترويج للسياحة ، سيتم تأسيس جمعية نادي اليخوت ما يسمى ب”سابانج نادي اليخوت”

قال نائب وكالة التجارة والاستثمار لمنطقة التجارة الحرة وميناء سابانج الحر (BPKS) أغوس سالم , تم تأسيس نادي سابانج لليخوت كمكان للتفاعل بين البحارة وزيارة بعضهم البعض من بين نوادي اليخوت في العالم. بالإضافة إلى ذلك ، فإن وجود هذا النادي هو أيضا لتعزيز السياحة في الطرف الغربي من اندونيسيا

“في المستقبل ، نأمل أن يبدوا نادي سابانج لليخوت يشبه نوادي اليخوت في البلد المجاور مثل بانكور (تايلاند) ، لانكاوي (ماليزيا) يدعى نادي لانكاوي لليخوت” ، قال أجوس

وفقا لأجوس ، يحمل نادي اليخوت دورا هاما في ترقية المناطق السياحية ، ولا سيما المناطق التي غالبا ما يزورها أصحاب اليخوت. وجود نادي سابانج لليخوت ، وهو وحدا من الأعمال الجديدة في (BPKS) ، بمثابة حاوية جديدة للقيام بالترويج السياحي خاصةً لمجموعة من أصحاب اليخوت في العالمي

كما أضاف أجوس أن مجموعة نادي سابانج لليخوت سوف يؤثر أيضًا على اقتصاد سابانج. ويعتبر إنشاء هذا النادي لفتح وظائف جديدة لمجتمع سابانج ، وخاصة بالنسبة للمرشدين المحليين و ضابط الاتصال المحلي

“لأن هذه الحاوية تعمل أيضاً على تجهيز جميع احتياجات اليختر مثل الوقود والترخيص وغيرها من احتياجات اليختر ، فإن هذه الدورة سوف تستوعب العمال ” ،
وقال أجوس “مع وجود نادي سابانج لليخوت سيجتذب أصحاب اليخوت ليأتوا إلى سابانج وهذا بالتأكيد سيكون له تأثير مباشر على اقتصاد المجتمع”

وقد نظمت BPKS مهرجان سابانج البحرية عدة مرات وأصبحت أجندة سنوية منذ عام 2015. كما أن مهرجان سابانج البحري له دور في تعزيز السياحة ، وخاصة السياحة البحرية لجذب أصحاب اليخوت من أجل التوقف إلى مدينة سابانج

وقال آجوس “نأمل أن تصبح سابانج أكثر شهرة وستصبح واحدة من وجهات أصحاب اليخوت لقضاء العطلات”

المترجمة :مايا يونياتي | المحرر: فارس البدر | المصدر: ديتيك

تعليقات
Loading...