هذه هي خطة السعودية للقضاء على الإرهاب

Ini Langkah Saudi untuk Berangus Terorisme

0 1٬014

إندونيسيا اليوم–  أوضح سفير المملكة العربية السعودية لدى إندونيسيا، أسامة بن محمد عبد الله الشعيبي، عن عدد من الإجراءات التي اتخذتها الرياض لتقليل تطور الجماعات الإرهابية داخل بلادهم. الجزيرة العربية هي من إحدى الدول في الشرق الأوسط التي قلت منها أن تكون ضحية للإرهاب.

وفي حديثه بعد الإفطار مع الصحفيين في مقر إقامته في مينتينج جاكرتا المركزية، قال أسامة إن هناك ثلاث خطوات اتخذتها السعودية لقمع الجماعات الإرهابية، بحيث لا يستطيعون تطوير وتنفيذ أعمالهم داخل البلاد.

وقال أسامة الليلة الماضية: “أول شيء يفعله السعوديون ، كما يفعل الإرهابيون، عبر وسائل الإعلام الاجتماعية ، لأن الإعلام الاجتماعي غالباً ما يستخدمه الإرهابيون لنشر نفوذهم ، لذا فإننا أول ما نقاتلهم هو وجودهم في وسائل الإعلام الاجتماعية”.

ثم يذكر أسامة ، فإن الخطوة التالية هي أن تفعل ديراديكاليساسي أولئك الذين يعتبرون أن لديهم فهم الإرهاب. في حين أن الثالث هو “قتل” الخلايا الإرهابية التي ما زالت نائمة.

“والثاني هو إعادة تأهيل الناس الذين لديهم مفاهيم إرهابية، لمنحهم الفهم الصحيح لدين الإسلام ، من خلال قربهم من العلماء الصالحين” ، قال.

وقال أسامة “بالمثل ، من خلال القبض على الخلايا الإرهابية التي ما زالت نائمة قبل أن تستيقظ ، لذلك لا توجد فرصة لكي يتمكنوا من النهوض مرة أخرى”.

المترجم: أحمد شكري | المحرر: فارس البدر | المصدر: سيندونيوز


Jakarta, Indonesiaalyoum.com Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Osama bin Mohammed Abdullah as-Shuaibi mengungkapkan sejumlah langkah yang diambil Riyadh untuk meredam perkembangan kelompok teror di dalam negeri mereka. Saudi adalah salah satu negara di Timur Tengah yang bisa terbilang jarang menjadi korban terorisme.

Berbicara pasca melakukan buka bersama dengan awak media di kediamannya di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Osama menyatakan ada tiga langkah yang diambil Saudi untuk memberangus kelompok terorisme, sehingga mereka tidak bisa berkembang dan melakukan aksinya di dalam negeri.

“Yang pertama yang dilakukan Saudi adalah, seperti yang dilakukan teroris, melalui media sosial. Karena sosial media kerap digunakan teroris untuk menyebarkan pengaruhnya, jadi yang pertama kita perangi adalah keberadaan mereka di media sosial,” ucap Osama semalam.

Osama kemudian menyatakan, langkah berikutnya adalah dengan melakukan deradikalisasi mereka yang dianggap memiliki paham radikal. Sedangkan yang ketiga adalah dengan “membunuh” sel-sel teroris yang masih tertidur.

“Kedua adalah merehabilitasi orang-orang yang memiliki paham-paham radikal. Memberikan pemahaman yang benar tentang agama Islam, dengan mendekatkan mereka kepada ulama-ulama yang pandanganya benar,” ucapnya.

“Begitu juga dengan melakukan penangkapan terhadap sel-sel teroris yang masih tertidur sebelum mereka bangun, sehingga tidak ada kesempatan bagi mereka untuk bisa berkembang kembali,” tukas Osama.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares Al Badr | Sumber: Sindonews

تعليقات
Loading...