هيئة الأرصاد لم تطلق صفارات الإنذار للتحذير من تسونامي، توجد صفارات لهيئات أخرى

BMKG Sebut Sirene di Selat Sunda Ada Milik Instansi Lain

0 654

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – صرح رئيس حيئة الأرصاد الجوية وعلم المناخ والجيوفيزياء، تيار براسيتيا، بأن صفارات الإنذار التي سمعت بمضيق سوندا لا تنتمي لهيئته، وإنما هناك صفارات انذار أخرى لعدد من الوكالات. و ذلك ردًا على السؤال عن صفارات الإنذار التي سمعت بمنطقة لابووان ببانتن بعد الكارثة بمضيق سوندا، ليل السبت (22/12).

وقال تيار بمكتب الهيئة: “هناك عدة أنواع لصفارات الإنذار. لنا ولوكالات أخرى، يجب التمييز بينها”، جاكرتا (23/12).

قال تيار ان لوكالة الأرصاد الجوية وعلم المناخ والجيوفيزياء ثلاث صفارات انذار بمناطق مختلقة ببانتن، أي بلابووان، باساوران، وبانيمبونج. و أكد على أن الصفارات الثلاث لم تنطلق على الاطلاق من قبل هيئة الأرصاد الجوية وعلم المناخ والجيوفيزياء.

وقال أن الدليل على عدم تفعيل الصفارات الثلاث هو بقراءة البيانات التابعة للصفارات الثلاث التي تملها الهيئة.

أضاف: “صفاراتنا التي بلابوان، و باساوران، وبانمبانج متوقفة عن الخدمة. فإذا سمع صفير، يجب التحقق أولاً أهي لهيئة الأرصاد الجوية وعلم المناخ والجيوفيزياء أم لوكالة أخرى. كما أن صفارات الهيئة مختلفة”.

أوضح تيار أن الصفارة التابعة لهيئة الأرصاد الجوية وعلم المناخ والجيوفيزياء مختلفة، صوتها ثابتة ويصل صوتها لبعد كيلومترين. وطريقة تفعليها ليس بمجرد الضغط على زر التفعيل.

قال تيار: “يمكن تفعيلها عن بعد عندما يكون هناك حاجة. و يوجد عدة مراحل لتفعيل صفارة الإنذار، فليس أي شخص يستطيع تفعيلها”.

من ناحية أخرى، يقول تيار ان الصفارات الأخرى التابعة للوكالات الأخرى هي مكملة لصفارات وكالة الأرصاد الجوية وعلم المناخ والجيوفيزياء، حتى يسهل تحذير السكان.

لكن، يؤكد تيار مرة أخرى أن صوتها مداها مختلف.

قال: “هناك عدد من المؤسسات التكميلية، مثال على ذلك ببادانج، يستعملون صفارات الإنذار العادية المشهور بـ(تووا)، وذلك من أجل تسهيل إنذار السكان. ولكن الصوت يكون مختلف وامتداده أيضًا مختلف، وهذا ما يجب معرفته وفهمه”.

قال رئيس مركز الزلازل والتسونامي رحمت ترييونو أن إنذار التسونامي لن يصدر من وكالة الأرصاد الجوية وعلم المناخ والجيوفيزياء فحسب. يقول أن وكالة الأرصاد الجوية وعلم المناخ والجيوفيزياء تقوم بالإنذار إذا كان التسونامي ناتج عن نشاط زلزالي.

يقول رحمت: “عدا ذلك، و إذا حدث تسونامي أو ارتفاع مستوى المياه ليس بسبب الزلزال، لن نصدر أي انذار. مثال على ذلك صفارة الإنذار بمكتب حكومة المنطقة. لاحقا يمكننا أن نرى”.

المترجمة: فتحية غزالي | المحرر: مؤمن السيفي


Jakarta, Indonesiaalyoum.com — Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Tiar Prasetya menyatakan sirene peringatan bencana di Selat Sunda bukan hanya milik BMKG. Hal itu menanggapi sirene peringatan yang berbunyi di kawasan Labuan, Banten pascatsunami di Selat Sunda, Sabtu (22/12) malam.

Ia berkata ada sejumlah instansi yang memiliki sirene di kawasan tersebut.

“Sirene itu ada dari beberapa macam. Dari kita dan instansi lain. Itu harus dibedakan,” ujar Tiar di Kantor BMKG, Jakarta, Minggu (23/12).

Tiar mengatakan BMKG hanya memiliki tiga sirene yang ditempatkan di tiga wilayah berbeda di Banten, yakni di Labuan, Pasauran, dan Panimbang. Ketiga sirene itu, klaim dia, sama sekali tidak diaktifkan oleh BMKG.

Ia mengatakan bukti bahwa ketiga sirene tersebut tidak diaktifkan terbaca dari log sirene yang dimiliki oleh BMKG.

“Sirene yang di kami, Labuan, Pasauran, Panimbang itu tidak diaktifkan. Jadi kalau tadi ada bunyi sirene harus dipastikan dahulu itu sirene punya BMKG atau sirene, namanya sama sirene tapi (pemiliknya) beda,” ujarnya.

Lebih lanjut, Tiar menjelaskan sirene milik BMKG berbeda dengan sirene milik instansi lain. Sirene milik BMKG berbunyi statis dan dapat menjangkau dua kilometer. Prosedur aktivasi sirene BMKG, kata dia, juga tidak bisa dilakukan sembarangan, seperti hanya dengan menekan tombol.

“Itu bisa kita remote atau pada saat manual pun ada beberapa tahapan sehingga sirene itu bisa nyala. Itu dalam rangka secure, tidak sembarangan orang mengaktifkan sirene yang kita punya,” ujar Tiar.

Di sisi lain, Tiar mengatakan kepemilikan sirene oleh isntasi lain dalam rangka pelengkap sirene yang dimiliki oleh BMKG. Ia berkata sirene di luar milik BMKG mempermudah memberi peringatan kepada masyarakat.

Namun, ia kembali mengatakan bunyi dan jangkauan sirene berbeda-beda.

“Ada beberapa lembaga complement, contoh di Padang mereka mengadakan sirene menggunkan toa. Ini dalam rangka juga mempermudah warning terhadap masyarakat. Tapi mungkin bunyi toa akan beda, radiusnya juga akan beda. Nah ini yang harus juga dipahami,” ujarnya.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Rahmat Triyono menyatakan peringatan bencana tsunami bukan hanya dari BMKG. Ia berkata BMKG hanya mengeluarkan peringatan jika tsunami disebabkan oleh aktivitas seismik.

“Kecuali kalau memang dalam hal ini misalnya tiba-tiba ada tsunami atau air naik yang diakibatkan bukan oleh gempa bumi ya karena kami tidak memberikan warning misalnya ada di pemerintah daerah sirenenya kemudian melihat sendiri bisa saja,” ujar Rahmat

Penerjemah: Fathiyah Gazali | Editor: Momen | Sumber: CNN

تعليقات
Loading...