هيئة الخدمات المالية (OJK) تفتتح بنك الوقف مايكرو "أوساها مانديري سكينة" في يوجياكارتا - إندونيسيا اليوم
إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

هيئة الخدمات المالية (OJK) تفتتح بنك الوقف مايكرو “أوساها مانديري سكينة” في يوجياكارتا

OJK resmikan Bank Wakaf Mikro di Yogyakarta

- الإعلانات -

0 163

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – افتتحت هيئة الخدمات المالية (OJK) بنك الوقف مايكرو “أوساها مانديري السكينة” في جامعة عيشية (UNISA) في يوجياكارتا من أجل توفير فرص الحصول على التمويل للمجتمع والتمكين الاقتصادي للمرأة.

إنشاء هذا البنك وفقاً لمذكرة التفاهم بين (OJK) وبين المجلس المركزي لجامعة “عيشية” لتطوير التمويل الإسلامي من أجل التمكين الاقتصادي للمرأة”، قاله رئيس مجلس المفوضين لـ(OJK) ويمبوه سانتوسو في بيان رسمي له لـ (أنتارا) يوم الجمعة الماضية في جاكرتا.
ومن خلال مخططات ويمبوه لتمويل البنك، ينوي أن تكون الأعمال الصغيرة الموجودة حول جامعة “عيشية” أكثر تطويراً وتوفيراً للدخل الإضافي بحيث يصل اقتصاد المجتمع إلى أفضل حال.

وقد حصل بنك الوقف مايكرو “أوساها مانديري سكينة” على ترخيص مزاولة المهنة من قبل OJK فرع محافظة يوجياكارتا في 16 مايو 2018، وهو أول بنك وقفي للتمويل الأصغر الذي أنشئ خارج المعهد الإسلامي (Pesantren) وقام في منطقة جامعة عيشية.

هذا البنك الوقفي هو الثاني من نوعه الذي تم افتتاحه في منطقة يوجياكرتا، بعد أن افتتح OJK تأسيس البنك الوقفي الأول وهو بنك الوقف “المُنى بركة مانديري” في كرابياك (Krapyak)، مديرية بانتول.

ويملك هذا البنك حاليا 300 عميل تقريباً، و25 من العملاء الذين قد اجتازوا التدريب الإلزامي وسيحصلون على تسهيلات تمويلية بقيمة 1.000.000 ريبة والتي سوف تزيد من تطوير أعمالهم.

وغالب عملاء البنك هم من التجار، سواء كانوا بقالين متنقلين أو تجّار مواد غذائية في محلات سوق بوندونج (Pundung) أو تجار الأطعمة والحلويات في سوق سونمور (Sunmor) قرب جامعة “غاجه مادا” (UGM)، وكذلك الموردين من الباتيك في ماليوبورو.

إن مخططات التمويل من بنك الوقف مايكرو “أوساها مانديري سكينة” هو تمويلٌ خالٍ من الضمانات بقيمة قصوى تبلغ 3.000.000 روبية مع هوامش المشاركة في الربح تعادل 3٪ سنويًا. وقد تم أيضا توفير المساعدة للمجموعات.

وعلى الصعيد الوطني ، اعتبارًا من 30 يونيو 2018 فقد تم إنشاء 26 بنكاً لوقف مايكرو في جميع أنحاء إندونيسيا بتمويل إجمالي قدره 6.052 مليار روبية إلى 5735 عميلًا.

المترجم: لالو هيري | المحرر: فارس البدر | المصدر: وكالة أنتارا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meresmikan Bank Wakaf Mikro Usaha Mandiri Sakinah yang berlokasi di Universitas Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta guna memperluas penyediaan akses keuangan bagi masyarakat kecil serta pemberdayaan ekonomi perempuan.

“Pendirian Bank Wakaf Mikro Usaha Mandiri Sakinah ini sesuai dengan nota kesepahaman OJK dengan Pengurus Pusat Aisyiyah, untuk mengembangkan keuangan syariah dalam pemberdayaan ekonomi perempuan,” kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dalam keterangan resmi yang diterima Antara di Jakarta, Jumat.

Wimboh mengharapkan, melalui skema pembiayaan bank wakaf mikro, usaha-usaha mikro kecil yang ada di sekitar wilayah Universitas Aisyiyah dapat lebih berkembang dan memberikan tambahan penghasilan sehingga ekonomi masyarakat menjadi lebih baik.

Bank Wakaf Mikro Usaha Mandiri Sakinah telah mendapatkan izin usaha dari Kantor OJK DIY pada 16 Mei 2018 dan merupakan bank wakaf mikro pertama yang didirikan di luar pesantren dan berdiri di wilayah Universitas Aisyiyah.

Bank Wakaf Mikro Usaha Mandiri Sakinah merupakan bank wakaf mikro kedua yang telah diresmikan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, setelah sebelumnya OJK meresmikan pendirian Bank Wakaf Mikro Almuna Berkah Mandiri di Krapyak, Kabupaten Bantul.

Saat ini Bank Wakaf Mikro Usaha Mandiri Sakinah memiliki 300 orang calon nasabah dan 25 orang nasabah yang telah lulus Pelatihan Wajib Kelompok (PWK) akan mendapatkan fasilitas pembiayaan pertama sebesar Rp1.000.000 yang selanjutnya akan terus meningkat seiring dengan perkembangan usaha nasabah.

Nasabah BWM Usaha Mandiri sebagian besar merupakan pedagang, baik pedagang kelontong, pedagang sembako di Pasar Pundung dan makanan di pasar kaget Sunmor UGM, pedagang aneka ragam makanan dan kue kering hingga empon-empon, serta penyuplai batik di Malioboro.

Skema pembiayaan melalui bank wakaf mikro adalah pembiayaan tanpa agunan dengan nilai maksimal Rp 3.000.000,- dan margin bagi hasil yang dikenakan setara 3 persen per tahun. Dalam skema pembiayaan bank wakaf mikro juga disediakan pendampingan bagi kelompok.

Secara nasional, sampai 30 Juni 2018 telah berdiri 26 Bank Wakaf Mikro di seluruh Indonesia dengan total pembiayaan sebesar Rp6,052 miliar kepada 5.735 nasabah.

Penerjemah: Lalu Heri Afrizal | Editor: Fares alBadr | Sumber: Antara

(8)

تعليقات
Loading...
Click Me