إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

وزيرة الشؤون الخارجية الإندونيسية تبحث فرص التعاون في مجال السياحة مع تايلاند

Menlu Retno Buka Peluang Kerja Sama Pariwisata dengan Thailand

- الإعلانات -

0 153

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  أكدت وزيرة الخارجية الإندونيسية، رتينو مارسودي، على إمكانية التعاون في مجال السياحة مع تايلاند. جاء هذا على هامش اجتماعها التاسع للجنة المشتركة (JCM) الذي حضره وزير الشؤون الخارجية في مملكة تايلاند، دون برامودويناي.

تعتبر هذه المناقشة هامة عند الوزيرة ريتنو، نظرا إلى أن تايلاند حاليا واحدة من دول جنوب شرق آسيا تولي اهتماما كبيرا للسياحة.

وقالت ريتنو بعد اجتماعها في يوجياكارتا، يوم الجمعة (6/7): “السياحة مهمة للغاية لأن تايلاند بلد كبير من ناحية عدد السياح الأجانب الذي بلغ عددهم 35 مليون سائح أجنبي، ونحن نحاول ربط ترويجنا للزيادة السياحية”.

ووفقا لها، فإن إندونيسيا تبحث إمكانية التعاون في مجال السياحة مع تايلاند. لذا تمت دعوة وزير الخارجية التايلاندي لزيارة معبد بوروبودور.

“لذلك، سأذهب مع وزير الخارجية التايلاندي بعد ظهر اليوم إلى بوروبودور، هذا في مناسبة الترويج للسياحة لأن السفر من تايلاند إلى إندونيسيا يستغرق 3 ساعات فقط، والسفر جوا جيد سواء خطوط جارودا، الناقل الرسمي والخطوط الجوية الخاصة. لذلك ليس هناك مشكلة في التواصل ” قالت ريتينو.

في هذا التعاون، أشركت ريتينو أيضًا وزارة السياحة الإندونيسية التي رحبت بالخطة.

وقالت ريتينو، “تحدثت مع وزير السياحة الإندونيسي ووافق على العمل على تعزيز السياحة مع تايلاند”.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر: كومباران


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menggarisbawahi kemungkinan kerja sama di bidang pariwisata dengan negara Thailand. Hal tersebut dibahas Retno di sela pertemuannya dalam 9th Joint Commision Meeting (JCM) yang dihadiri Menlu Kerajaan Thailand, Don Pramudwinai.

Pembahasan ini dianggap penting oleh Retno mengingat Thailand saat ini termasuk salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang memiliki nilai kunjungan wisatawan asing yang cukup besar.

“Pariwisata penting sekali karena Thailand termasuk negara yang kunjungan wisatawan asingnya cukup besar, 35 juta. Kita coba untuk connect promosi kita dan kunjungan wisata,” ujar Retno usai pertemuan di Yogyakarta, Jumat (6/7).

Menurutnya, Indonesia saat ini tengah melirik kemungkinan kerja sama di bidang pariwisata dengan Thailand. Salah satu cara adalah dengan mengajak Menlu Thailand berkunjung ke Candi Borobudur.

“Oleh karena itu nanti sore saya bersama Menlu Thailand akan ke Borobudur, itu adalah dalam konteks promosi wisatawan. Karena dari Thailand ke Indonesia kan cuma 3 jam. Konektivitas sudah bagus baik untuk Garuda, flag carrier maupun maskapai swasta. Sehingga sudah tidak ada alasan bicara connectivity,” ucap Retno.

Dalam kerja sama ini, Retno turut menggandeng Kementerian Pariwisata yang menyambut baik rencana tersebut.

“Saya bicara dengan menteri pariwisata dan beliau setuju untuk menggarap bagaimana menggandengkan promosi pariwisata dengan Thailand,” kata Retno.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor:  Talal alSahiqi | Sumber:  Kumparan

(15)

تعليقات
Loading...
Click Me