إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

وزير التكنولوجيا: يَجب عَلينا الإهتمام بالبرمجة

Menristek: Indonesia Perlu Menambah Ahli Coding

12

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – قَال وزير البَحث والتكنولوجيا (Menristek)، بامبانج بيرمادي سومانترو برودجونيجورو، أن إحدى العوامِل المهمة في هذا العَصر هي البرمجة. وأن إندونيسيا تحتاج إلى زيادة عَدد الخبراء في هذا المجال.

قَال بابمانج في لقاء عقد معه على هامش مؤتمر إندونيسيا التكنولوجي (Indonesian Digital Conference) المنعقد في مسرج جاكارتا، يوم الخميس (28/11): “سوق العَمل يحتاج إلى موارِد بشرية تمتلك مهارة البرمجة. وهذا ما سوف ندعمه”.

يَرى بامبانج أن إحتياج سوق العَمل للمبرجمين، يَرجع إلى نمو صناعة التكنولوجيا في الأعوام الأخيرة. فالعديد مِن الشركات الناشئة في مجال البرمجة مازلت تستعين بخبراء مِن بلاد أخرى. وهذا يُنبهنا لأهمية وجود موارِد بشرية إندونيسية مُدربة عَلى تِلك المهارة بجودة عالية.

فشباب هذا الجيل في إندونيسيا يَجب أن يُدرَّب بشكل أكبر عَلى التعايش والتأقلم في ظل الثورة التكنولوجية 4.0. لذلك، يجب أن يكون هُناك جهود ضخمة مِن جميع مؤسسات المجتمع الإندونيسية لإدخال البرمجة في جميع مستويات المجتمع.

وأضاف: “يَجب أن نعلم جميعًا أن هذا الأمر أصبح ضرورة. فإندونيسيا مازلت تحتاج إلى خبراء مدربين في هذا المجال. وأن وجودهم مهم لضمان إستقرار الشركات الرقمية”.

وأكَّد أن وزارة البحث والتكنولوجيا تعمل الآن عَلى خطط لإنتاج جيل مُدرَّب عَلى البرمجة. وأن إحدى تِلك الخطط هي دورة البرمجة الشامِلة المفتوحة لجميع المواطنيين.

 

المترجم : محمد علي | المصدر: وكالة ريبوبليكا الإخبارية


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro mengatakan salah satu elemen penting di era digital adalah sistem coding. Menurutnya Indonesia saat ini perlu menambah jumlah tenaga ahli di bidang coding.

“Kalau memang kebutuhan dari pasar mengindikasikan kurangnya SDM unggul Indonesia yang mempunyai kemampuan coding, maka itu yang kita dorong,” kata Bambang, dalam Indonesia Digital Conference (IDC) 2019 yang diselenggarakan di Ballroom XXI Djakarta Theater, Jakarta, Kamis (28/11).

Bambang menuturkan kebutuhan tenaga ahli coding semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan positif industri digital dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini beberapa perusahaan startup digital masih menggunakan ahli dari negara lain. Tantangan yang harus segera dipenuhi adalah diperlukannya  SDM unggul Indonesia, sebagai tenaga ahli coding berkualitas.

Menurut dia, masyarakat Indonesia khususnya generasi milenial, perlu untuk beradaptasi maksimal menghadapi perkembangan revolusi industri 4.0. Untuk itu diperlukan upaya masif dan terstruktur, baik dari pemerintah maupun pihak swasta untuk mengenalkan sistem coding ke seluruh lapisan masyarakat.

“Yang penting harus ada pemahaman bahwa pelatihan (kursus) coding harus menjadi lebih massal, karena saat ini Indonesia masih kekurangan SDM unggul dibidang ini. Padahal tenaga ahli  coding sangat penting bagi sustainability perusahaan digital,” kata Bambang.

Ia mengatakan saat ini Kemenristek/BRIN sedang merancang berbagai skema untuk melahirkan lebih banyak tenaga ahli coding di Indonesia. Salah satu pendekatan yang akan digunakan adalah kursus atau pelatihan coding massal yang terbuka bagi seluruh lapisan masyarakat.

Penerjemah: Mohamed Ali | Sumber: republika.co.id

(5)

تعليقات
Loading...
Click Me