وزير الدفاع العطية: قطر لن تشعل حربًا مع إيران - إندونيسيا اليوم
إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

وزير الدفاع العطية: قطر لن تشعل حربًا مع إيران

Menhan Attiyah: Qatar Tak Akan Kobarkan Perang Dengan Iran

- الإعلانات -

0 195

سنغافورة، إندونيسيا اليوم – قال وزير الدفاع القطري خالد بن محمد العطية إن بلاده لن تدخل إلى صراع مع إيران. وأصر على أن الدوحة لن تشن حربًا على طهران.

تم تقديم تأكيد العطية في مؤتمر دولي للأمن في سنغافورة.

وقال العطية الذي رد أيضا كنائب لرئيس قطر:”قطر لديها خلافات كثيرة مع إيران لكن هذا لا يعني أننا نذهب ونشن حربا في المنطقة.”

وقال: “هل من الحكمة دعوة الولايات المتحدة ومطالبة المحتل الصهيوني بالذهاب لمحاربة إيران ؟.”

وقال العطية الذي نقلت عنه الجزيرة الليلة الماضية (3/6/2018) “إذا كان هناك طرف ثالث يحاول دفع المنطقة أو بعض دول في تلك المنطقة لبدء الحرب في إيران، فسيكون الأمر خطيرًا للغاية”.

وفي خطابه في المؤتمر، لم يذكر أي بلد أو حزب. ومع ذلك، فإن قوله يشير إلى السعودية باعتبارها منافسة إيران.

السعودية هي دولة من أربع دول عربية منعت وقطعت العلاقات الدبلوماسية مع قطر منذ يونيو من العام الماضي. الدولة الصغيرة والغنية في الخليج هي معادية للسعوديين وحلفائهم بسبب الادعاءات بأن الدوحة تدعم الإرهاب وترفض قطع العلاقات مع طهران. ولقد رفضت قطر الاتهامات بدعم الإرهاب.

وقال العطية في كلمته: “إيران جارة، ويجب علينا أن نناديها ونضع كل الملفات على الطاولة ونبدأ في مناقشة أمور الأمن والسلام وليس الحرب.”

وردا على سؤال حول هل يمكن استخدام القاعدة الجوية القطرية لشن هجمات ضد إيران ؟، قال العطية إن بلاده ليست من محبي الحرب بل تدعم الحوار.

من باب المعلومات، فإن قطر استوعبت عشرة آلاف جندي أمريكي يتمركزون في قاعدة الأوديد الجوية كجزء من الحملة ضد داعش والحرب في أفغانستان.

المترجم: أحمد شكري | المحرر: فارس البدر | المصدر: سيندونيوز


Singapura, Indonesiaalyoum.com – Menteri Pertahanan(Menhan) Qatar Khalid bin Mohaammad al-Attiyah mengatakan bahwa negaranya tidak akan terseret ke dalam konflik dengan Iran. Dia menegaskan bahwa Doha tidak akan mengobarkan perang dengan Teheran.

Penegasan Attiyah itu disampaikan dalam konferensi keamanan internasional di Singapura.

“Qatar memiliki banyak perbedaan dengan Iran, tetapi itu tidak berarti kita pergi dan mengobarkan perang di kawasan itu,” ujar Attiyah yang juga menjawab sebagai Wakil Perdana Menteri Qatar tersebut.

“Apakah bijaksana untuk menyerukan Amerika Serikat dan menyerukan Israel untuk pergi dan memerangi Iran?,” ujar dia.

“Apakah ada pihak ketiga yang mencoba untuk mendorong wilayah atau beberapa negara di wilayah tersebut untuk memulai perang di Iran, ini akan sangat berbahaya,” imbuh Attiyah, yang dikutip Al Jazeera, semalam (3/6/2018).

Dalam pidatonya di konferensi itu, dia tidak menyebut negara atau pihak manapun. Namun, spekulasi mengarah pada Arab Saudi sebagai rival Iran.

Saudi merupakan satu dari empat negara Arab yang memblokade dan memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar sejak Juni tahun lalu. Negara kecil yang kaya rayak di Teluk itu dimusuhi Saudi dan para sekutunya atas tuduhan Doha mendukung  terorisme dan menolak untuk memutus hubungannya dengan Teheran. Qatar telah menolak tudingan telah mendukung terorisme.

“Iran adalah tetangga. Kita harus memanggil Iran, meletakkan semua file di atas meja dan mulai membahas untuk membawa kedamaian daripada perang,” kata Attiyah dalam pidatonya.

Menanggapi pertanyaan apakah pangkalan udara Qatar dapat digunakan untuk meluncurkan serangan terhadap Iran, Attiyah mengatakan bahwa negaranya bukan penggemar perang dan mendukung dialog.

Sekadar diketahui, Qatar menampung 10.000 tentara AS yang ditempatkan di pangkalan udara Al-Udeid sebagai bagian dari kampanye melawan kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) dan perang di Afghanistan.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares Al Badr | Sumber: Sindonews

(8)

تعليقات
Loading...
Click Me