وضع اليد على شركة فريبورت

Kuasai Freeport, Menteri Sri Mulyani pastikan penerimaan pajak dan royalti meningkat

0 767

جاكرتا، إندونيسيا اليوم — أكدت وزيرة المالية سري مولياني أن إيرادات الدولة من الضرائب ستكون أكبر بنسبة 51 % في شركة فريبورت إندونيسيا. تقوم الحكومة حالياً بوضع اللمسات الأخيرة على كل اللوائح الحكومية وتراخيص أعمال التعدين الخاصة التي سوف تشمل جميع مكونات إيرادات الدولة.

وقالت في المقر الرئيس للمديرية العامة للضرائب، جاكرتا، يوم السبت (14/7): “بالنسبة لعائدات الضرائب من أجل منح تصاريح التعدين إلى فريبورت تنص عليها المادة 169 من قانون مينيربا الذي يفرض على الحكومة تلقي إيرادات أكبر”

“سواء كان ذلك ضريبة دخل الشركات، أوضريبة القيمة المضافة، وضريبة الأرض والبناء،    والعمولات، ثم تقاسم الأرباح  لصالحالمركز والحكومة المحلية، ثم كل نوع من الضرائب الحكومية، ورسوم الدمغة، كلها مدرجة في الاتفاق المتعلق بالاستقرار المالي. مع إنالوم ، “كما أضافت.

أما بالنسبة للجزء الذي سيتم الحصول عليه لصالح المنطقة قالت بأن هذا الأمر في مناقشته بين الحكومة المحلية و شركة إنالوم.

وقالت: “لقد تناقشوا، أي الحكومة المحلية وشركة إنالوم، وهناك اتفاق على  التنسيق من بداية الملكية   وصولا إلىعائدات المنطقة  ونصيبها.

المترجم: أحمد شكري | المحرر: طلال الشيقي | المصدر: ميرديكا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com — Menteri Keuangan, Sri Mulyani, kembali menegaskan bahwa penerimaan negara dari sisi perpajakan akan menjadi lebih besar dengan kepemilikan 51 persen saham PT Freeport Indonesia. Saat ini pemerintah tengah melakukan finalisasi baik dari sisi Peraturan Pemerintah maupun nanti di dalam IUPK, yang akan mencakup seluruh komponen penerimaan negara.

“Untuk penerimaan dari sisi perpajakan dalam rangka untuk memberi izin usaha pertambangan kepada Freeport. Itu diatur dalam UU minerba pasal 169 yang memandatkan pemerintah mendapatkan penerimaan lebih besar,” ungkapnya di Kantor Pusat DJP, Jakarta, Sabtu (14/7).

“Baik itu pajak penghasilan yang korporat, PPN, PBB, dan royalti, kemudian bagi hasil keuntungan pempus dan pemda, kemudian berbagai pajak pemerintah, biaya meterai, retribusi, itu semua masuk di dalam perjanjian yang berhubungan dengan financial stability. Mengenai harga silakan nanti bicara dengan Inalum,” tambahnya.

Sementara untuk porsi yang bakal didapat daerah, kata dia, hal tersebut sedang dibicarakan antara Permda dan PT Inalum.

“Mereka sudah membahas, pemerintah daerah selama ini dengan Inalum, dan ada suatu kesepakatan mengenai arrangement dari mulai pemilikan sampai nanti yang berhubungan dengan penerimaan negara yang dibagihasilkan dengan daerah,” tandasnya.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Talal Al-Shaiqi | Sumber: Merdeka

تعليقات
Loading...