إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

يجب عليك أن تغسل يديك بعد مسك الأموال

Ini alasan kuat mengapa Anda harus cuci tangan setelah pegang uang

0 429

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – لا يزال النداء لغسل اليدين بعد مسك المال يعتبر أمرا هينا. مع أن هناك سببا قويا وراء هذا النداء.

تنتقل الأموال التي نستخدمها للمدفوعات اليومية مئات المرات. فلا عجب من الآباء والأمهات الذين يمنعون أطفالهم من الاحتفاظ بالمال.

قد يهمك: وجبة خفيفة بعد الإفطار دون القلق بشأن زيادة الوزن

وجدت دراسة جديدة، نشرت في فرونتيرز في ميكروبيولوجي، أن النقود الورقية يمكن أن تكون موقعًا للبكتيريا المسببة للأمراض.

لهذه الدراسة، جمع الباحثون النقود الورقية من 12 مستشفى وثلاث محطات في هونغ كونغ. ثم يتم مسح هذه الأموال للتحقق من إمكانية بقاء الحشرة على الورق. كما أنهم يأخذون عينات من أيدي الناس، والهواء في المحطات، ومياه الشرب، وأيضا البرك.

ووجد الباحثون أنه بعد تحليل العينات المذكورة أعلاها، أن الأوراق النقدية تستقر فيها أكثر الأمراض مقارنة بالأماكن الأخرى التي تم اختبارها أعلاها.

قد يهمك: مسجد تشينغ خصوصية فريدة في ماكسار

البكتيريا التي تلتصق بالأموال الورقية ليست بكتيريا غير ضارة. ستة وثلاثون في المئة من جميع البكتيريا هي مسببة للمرض، أي أنها يمكن أن تمرضك. وتحتوي على بكتريا إي-كولي وكلوستريديوم ديفيكل، وهما نوعان من البكتيريا التي يمكن أن تسبب البكتيريا وأمراض خطيرة أخرى.

مقاومة للمضادات الحيوية

كما وجد الباحثون أن عدد البكتيريا المقاومة للمضادات الحيوية أعلى بكثير في النقود الورقية أكثر من أي مكان آخر.

“باختصار، تعمل النقود الورقية كوسيلة” لامتصاص “البكتيريا من أماكن أخرى، وتنمو مسببات الأمراض المحتملة على سطح الأوراق النقدية”، كما كتب مؤلف الدراسة جون لي، دكتوراه.

قد يهمك: قَلَّ مَنْ يعلم هذه هي فائدة الصيام للأسنان والفم

يمكن تلويث النقود الورقية بالجراثيم من الجو أو من سطح الأشياء. لكن السلوك غير الصحي للحامل – مثل عدم غسل اليدين بعد الخروج من المرحاض، أو السعال في اليد ثم لمس المال – يلعب دوراً مهماً.

ونظرًا لأن الأموال تستمر في الانتقال بين الأيادي، فإنها ستجعل التلوث يتراكم. تأكد من غسل اليدين دائمًا بعد التعامل مع النقود، نقلت من مينس هيلت، الإثنين (21/05/2018).

قد يهمك: نائب الرئيس الأمريكي يجتمع مع إدارة جمعية نهضة العلماء

المترجم : أحمد شكري | المحرر : فارس البدر | المصدر : ميرديكا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Imbauan untuk mencuci tangan setelah memegang uang masih dianggap sebelah mata dan berlebihan. Padahal, ada alasan kuat loh di balik imbauan tersebut.

Uang yang kita gunakan untuk pembayaran sehari-hari sudah berpindah tangan entah berapa ratus kali. Tak heran jika ada orangtua yang melarang anak-anaknya yang masih kecil untuk memegang uang.

Studi baru yang diterbitkan dalam Frontiers in Microbiology menemukan, uang kertas bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri penyebab penyakit.

Untuk penelitian ini, para peneliti mengumpulkan uang kertas dari 12 rumah sakit dan tiga stasiun bisa di Hong Kong. Uang ini kemudian di usap untuk mengecek, apakah serangga bisa bertahan di kertasnya. Mereka juga mengambil sampel dari tangan orang, udara di stasiun, air minum, dan juga genangan air.

Setelah menganalisis sampel-sampel di atas, para peneliti menemukan, uang kertas ternyata menyimpan lebih banyak jenis penyakit dari tempat-tempat lain yang diuji di atas.

Bakteri yang menempel di uang kertas juga bukannya bakteri yang tak berbahaya. Tiga puluh enam persen dari semua bakteri yang ada bersifat patogenik, artinya, mereka bisa membuat Anda sakit. Termasuk bakteri E. coli dan Clostridium difficile, dua bakteri yang bisa menyebabkan bakteri dan penyakit serius lain.

Resisten terhadap antibiotik

Para peneliti juga menemukan, jumlah bakteri yang resisten terhadap antibiotik jauh lebih tinggi pada uang kertas dibanding tempat-tempat lain di atas.

“Singkatnya, uang kertas bekerja bagai medium yang ‘menyerap’ bakteri dari tempat lain. Patogen potensial tumbuh subur di atas permukaan uang kertas,” tulis penulis penelitian Jun Li, Ph.D.

Uang kertas bisa terkontaminasi oleh kuman dari udara atau dari permukaan benda. Tapi perilaku tidak higienis dari pemegangnya–seperti tidak mencuci tangan setelah dari toilet, atau batuk ke tangan dan lalu menyentuh uang–memegang peranan penting.

Dan karena uang terus berpindah tangan, hal ini akan membuat kontaminasinya semakin menumpuk. Pastikan Anda selalu mencuci tangan setelah memegang uang, melansir Men’s Health, Senin (21/5/2018).

Penerjemah : Ahmad Syukri | Editor : Fares Al Badr | Sumber : Merdeka

تعليقات
Loading...
Click Me