إندونيسيا وأستراليا يوافقان على التعاون البحري

Indonesia-Australia Sepakati Kerja Sama Maritim

0 740

 

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  وقعت إندونيسيا وأستراليا على خطة عمل للتعاون البحري بين البلدين. وهذه الخطة تطبيقة من الإعلان المشترك للتعاون البحري الموقع في فبراير 2017.

صرحت بذلك وزيرة الخارجية الأسترالية، جولي بيشوب، في بيان رسمي نشرته السفارة الأسترالية لدى إندونيسيا، يوم الجمعة (16/3/2018)، بأن خطة عمل للتعاون البحري وضعت جدول أعمال طموح لتعزيز وتوسيع المشاركة البحرية لكلا البلدين. كما تواصل التزام رئيس الوزراء الأسترالي، مالكولم تيرنبول، والرئيس الإندونيسي جوكو ويدودو.

خلال الزيارة إلى أستراليا في عام 2017 الماضية، دعا جوكووي إلى زيادة التعاون البحري بين البلدين. وتشمل الخطة 85 نشاطًا منفصلاً تضم 17 مؤسسة أسترالية و20 مؤسسة إندونيسية.

“ستشجع هذه الخطة زيادة التعاون الثنائي عبر الأولويات”. قالت بيشوب.

وتشمل القطاعات ذات الأولوية التنمية الاقتصادية، والأمن البحري، ومكافحة الصيد غير المشروع، والسلامة البحرية، والبحث والإنقاذ البحري، والتعاون في مجال العلوم البحرية، والإدارة المستدامة للموارد البحرية، والتراث البحري، والتعاون في المنتديات الإقليمية والمتعددة الأطراف.

“أستراليا وإندونيسيا شريكان بحريان طبيعيان يشتركان في توزيع واحدة من أطول الحدود البحرية في العالم. لدينا الأمن والاقتصادي البحري الواسع والمتكامل.” قالت بيشوب.

وأضافت أن الإعلان عن هذه الخطة يعكس الأولوية القصوى لأستراليا وإندونيسيا في القضايا البحرية والتزام مشترك بالتعاون لمواجهة التحديات التي تواجه المنطقة البحرية.

كما أعلنت أستراليا عن مبادرة جديدة، مبادرة تنمية القدرات البحرية الثنائية لمدة أربع سنوات في إندونيسيا لدعم تنفيذ الخطة. وبهذه المبادرة، ستزيد أستراليا تخصيص الموارد للمساعدة في تعزيز القدرات البحرية الإندونيسية.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر:  صحيفة كومباس

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Indonesia dan Australia menyepakati Rencana Aksi Kerja Sama Maritim antara kedua negara. Rencana tersebut menerapkan Deklarasi Bersama tentang Kerja Sama Maritim yang ditandatangani pada bulan Februari 2017 silam.

Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop dalam keterangan resmi yang diterbitkan Kedutaan Besar Australia untuk Indonesia, Jumat (16/3/2018) menyebut, Rencana Aksi Kerja Sama Maritim menetapkan agenda ambisius untuk memperkuat dan memperluas keterlibatan maritim kedua negara. Hal ini juga meneruskan komitmen yang dibuat oleh Perdana Menteri Malcolm Turnbull dan Presiden Joko Widodo.

Dalam kunjungannya ke Australia pada tahun 2017 lalu, Jokowi menyerukan peningkatan kerja sama maritim antara kedua negara. Rencana tersebut mencakup 85 kegiatan terpisah yang melibatkan 17 institusi Australia dan 20 institusi Indonesia.

“Rencana ini akan mendorong peningkatan kerja sama bilateral di seluruh prioritas,” kata Bishop.

Sektor prioritas yang dimaksudnya adalah pembangunan ekonomi, keamanan maritim, memerangi penangkapan ikan ilegal, keselamatan, pencarian dan penyelamatan laut, kolaborasi ilmu kelautan, pengelolaan sumber daya kelautan yang berkelanjutan, warisan budaya maritim, dan bekerja sama dalam forum regional dan multilateral.

“Australia dan Indonesia adalah mitra maritim alami yang berbagi salah satu batas maritim terpanjang di dunia. Kami memiliki keamanan dan ekonomi maritim yang luas dan saling melengkapi,” sebut Bishop.

Pengumuman Rencana ini, imbuh dia, mencerminkan tingginya prioritas Australia dan Indonesia dalam masalah maritim dan komitmen bersama untuk bekerja sama dalam menanggapi tantangan yang dihadapi di wilayah maritim.

Australia juga mengumumkan sebuah inisiatif baru, Prakarsa Pengembangan Kapasitas Maritim bilateral empat tahun di Indonesia untuk mendukung pelaksanaan Rencana tersebut. Dengan inisiatif ini Australia akan meningkatkan alokasi sumber daya untuk membantu memperkuat kemampuan maritim Indonesia.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alSahiqi | Sumber:  Kompas

 

تعليقات
Loading...