إندونيسيا والمغرب تتعاونان في مجال الطاقة المتجددة

Indonesia jajaki kerja sama energi terbarukan dengan Maroko

0 713

 

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – من خلال وزارة التنسيق بوزارة الشؤون البحرية تبحث اندونيسيا فرص التعاون فى مجال الطاقة المتجددة مع المغرب فى الاجتماع الذي عقد فى المغرب يوم الاربعاء (8/11).

وقال نائب قسم تنسيق الموارد الطبيعية ووزارة تنسيق شؤون البحرية  اجونج كوسواندونو فى بيان مكتوب يوم الجمعة الذي ترجمه “اندونيسيا اليوم”، انه التقى مع الامين العام لوزارة الطاقة والتعدين والبيئة بالمملكة المغربية.

وقال: “التقيت بالأمين العام لوزارة الطاقة والتعدين والبيئة في المملكة المغربية من أجل استكشاف التعاون في قطاع الطاقة”.

وأوضح أغونغ أن الحكومة المغربية تركز حاليا على تطوير الطاقة المتجددة، مثل طاقة الرياح والطاقة الشمسية.

وأبان  أن الطاقة المتجددة  في المغرب كانت معتدلة جدا بحيث لا يتجاوز سعر البيع 2.6 سنت دولار أمريكي لكل كيلوواط.

ومخطط الطاقات المنتجة في المملكة المغربية من طاقة الرياح والطاقة الشمسية سيصل إلى  52 % بحلول عام 2030.

بل إن المغرب يريد أن يعلن نفسه كمورد للطاقة المتجددة في أوروبا وأفريقيا لأنه أقام تعاونا مع إسبانيا والبرتغال.

هذا وبالإضافة إلى فرص التعاون في مجال الطاقة المتجددة، فإن القطاعات الأخرى مثل السياحة ومصايد الأسماك لديها الفرصة على تطويرها.

واضاف ان “ملك المغرب سيزور اندونيسيا في مطلع ديسمبر 2017 للقاء مع الرئيس جوكو ويدودو من أجل مواصلة بحث التعاون الذي سيبنى مع اندونيسيا”، مضيفا انه سينسق مع الوزارات / المؤسسات الفنية المعنية للستعداد على هذا التعاون.

المترجم : هان هان علوم الدين | المحرر: فارس البدر | المصدر : أنتارا نويز

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Indonesia melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman menjajaki peluang kerja sama di bidang energi baru terbarukan dengan Maroko dalam pertemuan yang digelar di Maroko, Rabu (8/11).

Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam (SDA) dan Jasa Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Agung Kuswandono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, mengatakan telah bertemu dengan Sekretaris Jenderal Kementerian Energi, Pertambangan, dan Lingkungan Hidup Kerajaan Maroko.

“Saya kemarin bertemu Sekjen Kementerian Energi, Pertambangan, dan Lingkungan Hidup Kerajaan Maroko dalam rangka menjajaki kerja sama di bidang energi,” katanya.

Agung menjelaskan, saat ini pemerintah Maroko sedang berfokus mengembangkan energi baru terbarukan, seperti energi angin dan surya.

Teknologi energi baru terbarukan di Maroko, lanjut dia, sudah sangat efisien sehingga harga jualnya hanya sekitar 2,6 sen dolar AS per kWh.

Rencananya, pada 2030, sekitar 52 persen energi Kerajaan Maroko berasal dari energi angin dan surya.

Negara itu bahkan ingin memproklamirkan diri sebagai penyuplai energi terbarukan di Eropa dan Afrika lantaran telah menjalin kerja sama dengan Spanyol dan Portugal.

Agung menambahkan, selain peluang kerja sama di bidang energi baru terbarukan, sektor lain seperti pariwisata dan perikanan juga punya potensi untuk dikembangkan.

“Pada awal Desember 2017 mendatang, Raja Maroko berencara mengunjungi Indonesia untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Kedatangan Raja Maroko ini dalam rangka untuk membicarakan lebih lanjut kerja sama yang akan dibangun dengan Indonesia,” katanya seraya menambahkan akan berkoordinasi dengan kementerian/lembaga teknis terkait untuk persiapan kerja sama.

Penerjemah: Han Han Ulumuddin | Editor: Fares Albadr | Sumber: Antara

 

تعليقات
Loading...