رحلة إلى كيندال.. كفيلة بتعريفك على الأطعمة التقليدية القروية

Anda Ingin Menikmati Makanan Orang Desa? Datanglah ke Kendal

0 889

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – رادجا بيندابا وجهة سياحية، في دوسون سيغرومنغ، قرية ميتيسه بوجا، منطقة كندال ، جاوى الوسطى على ما يبدو ليس فقط جيدة لإلتقاط سيلفي فحسب.

فالوجهة السياحية التي تقع حول الغابات المطاطية من الوجهات المفضلة لدى كثير من الناس, لأنهم من جانب يستمتعون بجمال الطبيعة ومن جانب يريدون أن يتذوقوا أيضا الطعام التقليدي الأصلي من أهل القرى، والذي كان يحظى بشعبية كبيرة.

رحلة إلى كيندال.. كفيلة بتعريفك على الأطعمة التقليدية القروية- اندونيسيا اليوم

وهذه الأطعمة كما قال أحد الزوارويدعى: عمران (38)، الأحد (7/1/2018) مثل الأرز الذرة، وبيندير بيسيل ، والشاي سيري ، وويدانغ روندي، والقهوة، وبيسيل، وداويت، والجليد ليلين، وغيرها.

كما أفاد عمران أنه عرف الوجهة السياحية رادجا بيندابا، بعد أن قرأ الأخبار من موقع كومباس دوت كوم. وبعد ذلك رغب في زيارتها, لأن الموقع قريب من منزل شقيقه على بعد عشرة كيلومترات في جنوب كاليونغو كندال.

وأضاف عمران “كنت أعرف، إن هذا المكان مناسب لالتقاط الصورة سيلفي فقط، ولكن إلى جانب ذلك هناك العديد من البائعين الأطعمة التقليدية”.

واستمر عمران قائلا “وجدت العديد من الأطعمة التليدية تباع في رادجا بيندابا، وهذا ما أتذكره عن ذكريات عصر طفولتي مضيفا “عندما كنت طفلا, وبيتي قريب من السوق, كنت أحب أن أتناول فطور غيمدار كينجاو” .

وعلى عكس عمران، قالت زهري (40)، أنها أتت عدة مرات لزيارة رادجا بيندابا. خصوصا، لأنها تريد أن تأكل الأرز بيسيل.

وقالت: “أتيت دائما مع عائلتي. لأن بيتي قريب في سيمارانج الغربية. ولا يستغرق الوقت سوى 30 دقيقة “.

وأوضحت مبتسمة “وبالاضافة الى الأرز بيسيل، إنني أشرب دائما الجليد داويت وأما زوجي، فيحب القهوة”.

وفي وقت سابق قال مدير رادجا بيندابا، دون كاردونو إن هناك حوالي 30 نوعا من الأطعمة التقليدية التي تباع في هذا المكان السياحي.

“والبائون هو السكان المحلي. والزوار الذين يدخلون إلى رادجا بيندابا، مجانا لا يوجد أي رسوم الدخول. مشيرا إلى أن البائعين يفتحون كل يوم أحد فقط”.

قد يعجبك: تناول التمور باستمرار يمنع الأمراض المزمنة

المترجم : هان هان علوم الدين | المحرر: طلال الشيقي | المصدر : كومباس

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Tempat wisata Radja Pendapa, di Dusun Segrumeng, Desa Meteseh Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah rupanya tidak hanya bagus digunakan untuk selfie saja.

Tempat wisata yang ada di sekitar hutan karet ini, banyak dikunjungi orang, juga karena mereka ingin menikmati makanan asli orang desa, yang dulu sangat populer.

Makanan itu, seperti nasi jagung, gendar pecel, teh sere, wedang ronde, kopi, pecel, dawet, es lilin, dan lainnya. Seperti yang diakui oleh Imron (38), Minggu (7/1/2018).

Menurut Imron, dirinya tahu ada tempat wisata Radja Pendapa, setelah membaca berita di Kompas.com. Ia kemudian tertarik datang karena kebetulan tempatnya hanya belasan kilometer dari rumah saudaranya yang ada di Kaliwungu Selatan Kendal.

“Tahunya saya, hanya tempat selfie, ternyata banyak penjual makanan tradisional, “ kata Imron.

Warga Rembang itu, menambahkan, banyak makanan yang dijual di Radja Pendapa, mengingatkan dirinya pada masa kecil.

رحلة إلى كيندال.. كفيلة بتعريفك على الأطعمة التقليدية القروية 4 - اندونيسيا اليوم

“Rumah saya dekat pasar. Dulu waktu kecil, saya suka sarapan gendar kincau,” ujarnya.

Berbeda dengan Imron, Zahara (40), mengaku sudah beberapa kali datang ke tempat wisata Radja Pendapa. Terutama sekali, bila ingin menikmati nasi pecel.

“Saya selalu datang bersama keluarga. Rumah saya dekat, di Semarang Barat. Hanya memakan waktu sekitar 30 menit,” tuturnya.

Selain pecel, katanya, dirinya juga selalu minum es dawet. “Kalau suami saya ini, suka kopi,” jelasnya sambil tersenyum lebar.

رحلة إلى كيندال.. كفيلة بتعريفك على الأطعمة التقليدية القروية 3 - اندونيسيا اليوم

Sebelumnya pengelola Radja Pendapa, Don Kardono, mengatakan ada sekitar 30 jenis makanan tradisional yang dijual di tempat wisata ini.

Penjualnya adalah masyarakat setempat. Pengunjung yang masuk di Radja Pendapa, tidak dipungut biaya alias gratis.

“Bukanya hanya setiap Minggu,” katanya.

Penerjemah: Han Han Ulumuddin | Editor: Fares alBadr | Sumber: Kompas.com

 

تعليقات
Loading...