الرئيس الإندونيسي: تبسيط إجراءات الترخيص مفتاح لزيادة الاستثمار

Presiden: Penyederhanaan perizinan kunci peningkatan investasi

0 654

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – ذكر الرئيس جوكو ويدودو مجددا أهمية دور الحكومة المحلية فى زيادة النمو الاقتصادى، وذلك من خلال تبسيط إجراءات الترخيص من أجل تشجيع عملية الاستثمار والتصدير.

“إن المشكلة، كما ذكرت ونوّهت فى كثير من الأحيان، وكررت باستمرار بشأن طول مدة الترخيص وكثرة القواعد واللوائح والشروط. فأطلب فى أقرب وقت ممكن اختصاروتبسيط الإجراءات”. قاله رئيس الدولة للصحفيين بعد أن ألقى كلمة في توجيه مشاركي اجتماع عمل وطني في باندونغ، يوم الخميس.

وفي مناسبات عديدة، ذكر الرئيس جوكو ويدودو دائما أمرين يمكن بهما تحسين النمو الاقتصادي، وهما زيادة الاستثمار وقيمة الصادرات.

ولدى مخاطبته حكام المحافظات من جميع أنحاء إندونيسيا الذين انضموا إلى رابطة حكومة محافظات إندونيسيا (أببسي).

وبحسب الرئيس، فإن تبسيط إجراءات الترخيص قادر على تسريع عالم الأعمال والتحرك والتوسع والاستثمار.

“لذلك نتوقع أن تزيد فرص العمل”. قاله جوكوى الذى أصدره نائب السكرتير العام للبروتوكولات والصحافة وإعلام الرئاسة، بى محمودين.

من أجل تحقيق ذلك، تخطط الحكومة لوضع لائحة من شأنها أن تكامل نمط التوزيع بين المحافظات في جميع أنحاء البلاد لتكون أكثر فعالية و وكفاءة.

“هذا ما سنعده بعد أن نلتقي، واما تفاصيله. فلا ينبغي أن يكون هذا معسرا، بل يجب أن يكون مسهلا ومسرعا”، قاله الرئيس جوكوي.

وليس ذلك فحسب، فإن الحكومة ستقوم بتكامل نمط التوزيع مع برامج الحكومة الأخرى، وهو الطريق السريع البحري.

 

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر:  صحيفة أنتارا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Presiden Joko Widodo kembali mengingatkan pentingnya peran pemerintah daerah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, salah satunya dengan menyederhanakan proses perizinan agar bisa mendorong kegiatan investasi dan ekspor.

“Problemnya seperti yang sering disebutkan, saya sampaikan, saya ulang-ulang terus mengenai lamanya perizinan, banyaknya aturan, banyaknya rekomendasi, banyaknya persyaratan. Itu yang saya minta untuk secepat-cepatnya dipangkas, sebanyak-banyaknya disederhanakan,” kata Kepala Negara kepada para jurnalis usai memberikan sambutan dalam pengarahan kepada peserta Rakernas APPSI di Kota Bandung, Kamis.

Dalam beberapa kesempatan, Presiden Joko Widodo selalu mengingatkan dua hal yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, yaitu peningkatan investasi dan nilai ekspor.

Begitu pula saat berbicara di hadapan gubernur dari seluruh Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI)

Menurut Presiden, penyederhanaan perizinan inilah yang akan ?mempercepat dunia usaha untuk bergerak, berekspansi, serta berinvestasi.

“Sehingga kita harapkan lapangan kerja semakin bertambah,” ucap Jokowi yang dirilis oleh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin.

Guna mewujudkan hal tersebut, pemerintah berencana akan membuat sebuah peraturan yang akan mengintegrasikan pola distribusi antar provinsi di seluruh Tanah Air agar lebih efektif dan esien.

“Ini nanti kita siapkan setelah bertemu detailnya seperti apa sih. Jangan sampai ini malah meruwetkan, harusnya memudahkan, mempercepat,” ujar Presiden.

Tak hanya sampai disitu, pemerintah juga akan mengintegrasikan pola distribusi tersebut dengan program pemerintah lainnya, yakni tol laut.

Translated by: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alShaiqi | Source: Antara

 

تعليقات
Loading...