جونان : سيتم سحب أسهم الاستثمار قبل أبريل

Jonan: Divestasi Saham Freeport Selesai Sebelum April

0 529

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – قال وزير الطاقة والثروة المعدنية إغناسيوس جونان بأن المناقشات المتعلقة بسحب 51% من أسهم فريبورت من قبل الحكومة سيكتمل على الأقل في أبريل. وأوضح جونان أن الحكومة قررت اتخاذ خطوات لتصبح الأغلبية في فريبورت بطريقتين.

وأوضح جونان أن الطريقة التي ستسلكها الحكومة، منها جذب اهتمام مشاركة ريو تينتو (PI) بنسبة 40%. أما الباقي فالحكومة سوف تأخذ ملكية سهم فريبورت ماكموران في إندوكوبر.

وقال جونان في مكتبه يوم الاثنين (5/3): “قال الرئيس على الأقل قبل أبريل. والطريقة هي أخذ اهتمام مشاركة ريو تينتو (PI) ونأخذ سهم فريبورت في إندوكوبر”.

وأوضح جونان أنه قبل أبريل ستكتمل عملية حساب الأسهم  وشراء أسهم فريبورت مكموران في إندوكوبر. وقال جونان ان الخطوة التالية هي أن يقوم وزير الطاقة والثروة المعدنية  بوضع اللمسات الأخيرة على مشروع رخصة أعمال تعدين الخاصة (IUPK) الجديدة.

وأوضح جونان أيضا بأن تكون الأغلبية في فريبورت لإندونيسيا فإن الحكومة ستحاول شراء أسهم بسعر معقول. وقال جونان “بالطبع، سنشتري بسعر معقول حتى تتقاسم الحكومة حصة ملكية تصل إلى 51%”.

 

المترجم : أحمد شكري I المحرر: فارس البدر I المصدر : ريفوبليكا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Menteri ESDM, Ignasius Jonan mengatakan pembahasan terkait divestasi 51 persen saham Freeport oleh Pemerintah akan selesai paling tidak pada April mendatang. Jonan menjelaskan pemerintah akhirnya mengambil langkah untuk menjadi mayoritas di Freeport dengan dua cara.

Jonan menjelaskan cara yang akan ditempuh oleh pemerintah, antara lain adalah mengambil participacing interest (PI) Rio Tinto sebesar 40 persen. Sedangkan sisanya pemerintah akan mengambil kepemilikan saham Freeport McMoran yang ada di Indocopper.

“Pak Presiden bilang paling tidak selesai sebelum April. Langkahnya kita ambil PI Rio Tinto dan kita ambil saham Freeport di Indocopper,” ujar Jonan di Kantornya, Senin (5/3).

Jonan menjelaskan sebelum April ini perhitungan valuasi dan proses pengambilan PI serta pembelian saham Freeport McMoran di Indocopper akan selesai dilakuan. Jonan mengatakan, langkah selanjutnya adalah Kementerian ESDM mefinalisasi draft IUPK yang baru.

Jonan juga menjelaskan untuk menjadi mayoritas di Freeport Indonesia, pemerintah akan berusaha untuk membeli saham dengan harga yang sewajarnya. “Ya, kita akan membeli dengan harga wajar hingga kepemilikan saham pemerintah sampai 51 persen,” ujar Jonan.

Penerjemah I Ahmad Syukri I Editor: Fares alBadr I Sumber: Rol

 

تعليقات
Loading...