زفاف ابنة الرئيس جوكووي يمكن أن يكون أيقونة للثقافية الاندونيسية

Pernikahan Kahiyang-Bobby Bisa Jadi Ikon Menduniakan Wisata Budaya

0 792

سولو، اندونيسيا اليومحفل زفاف ابنة الرئيس جوكو ويدودو كاهيانغ و آيو يوم الثلاثاء (7/11) سيكون مثيرا للاهتمام ،فهذا الزفاف الملكي  يتوقع أن يكون محل تجارة للثقافية الاندونيسية.

ونتأكد أن سحره ستجذب انتباه المجتمع بل العالم. لأنه كما هو معلوم الزفاف الملكي دائما أصبح عناوين وسائل الإعلام والموضوع الشائع في المجتمع.

وسيتركز اهتمام 250 مليون إندونيسي إلى سولو لمدة يومين الثلاثاء (7/11) و الأربعاء (8/11). بل نتوقع أن يشهد المجتمع العالمي العرس المقدس لابنة الرئيس، ومن هذه الناحية  يرى وزير السياحة عريف يحيى إمكانية الترويج  لبرنامج السياحي “سحر اندونيسيا” مع “اندونيسيا الرائع ” أيضا.

وقال الوزير عريف يحيى.” التأثيرواسع جدا وقد تعدى مستوى العالم ! ونستطيع نستعد ما لايقل  200 عربة بيجاك الملصقة بشعار العلامة “سحر اندونيسيا” للضيوف من منطقة وقوف السيارات الميدانية بانيوانيار  ”

هذا ومع احترامي لشخصية الرئيس فإن زواج ابنة االرئيس الجمهورية في نظر السياحة هي المهرجان الثقافي الجذاب.إنها فرصة ذهبية لجلب انتباه المجتمع العالمي لأنهم يحبون مشاهدة الحدث الثقافي مثله, ف 60٪ من السياح الأجانب يدخلون اندونيسيا بسبب الثقافة . لذلك نحن موجودون في مثل هذا البرنامج و أصبح الرئيس جوكوي مؤيدا للسياحة الإندونيسية “.

وجدير بالذكر أن هناك ستة مواكب مثيرة للاهتمام. فالموكب الأول “سيرامان” التي سيفعلها كل  من العريس والعروسة. الموكب “سيرامان” للعروسة سيقام في مقر الرئيس جوكو ويدودو في سومبر، منطقة بانجارساري، مدينة سولو. في حين سيقام “سيرامان” للعريس في فندق أليلا، مدينة سولو.

و خاصة للعروسة بعد “سيرامان” سيواصل  في الليل مع الموكب “ليلة ميدوداريني” التي ستقام أيضا في مقر الرئيس جوكو ويدودو.

وقال مضيف “سيرامان” و”ميدوداريني” ويدارسيه سورانتو ” كلاهما سلسلة من العادات الجاوية التي لا ينفك قبل مراسم الزواج، ومن ثم سيعقد  في يوم واحد قبل مراسم الزواج”.

و في (8/11) سيعقد عقد الزواج ثم سيعقبها بعد ذلك  “طقوس بانغيه” التي سيلتقي العريس والعروسة وكلاهما سيقيم في مبنى غراها سابا بوانا مدينة سولو.

وسوف تركب كل عائلة من العريس والعروسة  العربات التي تجرها الخيول والعربات كانجانا في اتجاه إلى الموقع الفرح، وأضاف “ثم في الآخر سيختم البرنامج بحفل زفاف التي سيتوقع أن يحضرها 8.000 ضيف”.

و في هذه الحفلة أيضا كلف الرئيس جوكو ويدودو المجتمع المشاركة لدعم نجاح هذه الحفلة, ومن هذه المشاركة التكليف على 200 سائقي العربة بيجاك التي سوف تكون مسؤولة عن توصيل الضيوف من موقف السيارات إلى قاعة الاجتماع.

وسوف يتمركز السائقون في اثنين من مواقف السيارات، وهما ميدان سومبر و ميدان بانيوانيار.ومن المخطط  سيرتدي السائقون  الزي الرسمي الباتيك.

 

وقال الحاكم المحلي  مدينة سولو هادي رودياتمو، “والهدف من استخدام هذا الزي الرسمي  ليكون السائقون من عربات بيجاك أنيقين ونظيفين. وأيضا  ليكون المنظر رائع للضيوف والمجتمع الأخرين. لأن هذه الحفلة ستكون بالتأكيد مركز الاهتمام لدى كثير من الناس.

وأضاف العمدة: “بالإضافة إلى ذلك، فإن استخدام الزي الرسمي للتعرف على سائقي العربات المكلفة في هذه الحفلة “.

وفي سياق متصل ينتظر زير السياحة عريف يحيى بالحماسة هذا الزفاف الملكي في اندونيسيا. لأنه من المعلوم أن مثل هذا البرنامج له صلة وثيقة جدا مع السياحة.

وقال الوزير عريف يحيى “إنها أيضا ستكون نوع من الحفلة الكبرى لللشعب الاندونيسى، وادعو الجميع الى الاستمتاع بجمال الثقافة الاندونيسية “. (*)

المترجم : هان هان علوم الدين | المحرر: فارس البدر | المصدر : وزارة السياحة


Solo, Indonesiaalyoum.com – Ada yang menarik dari pesta pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, Selasa (7/11) mendatang. Pernikahan yang disebut sebagai “The Royal Wedding” di Indonesia ini diprediksi akan menjadi etalase budaya Indonesia yang begitu kuat.

Pesonanya bakal menarik perhatian dari masyarakat luas, bahkan dunia. Di mana-mana setiap Royal Wedding selalu saja menjadi headlines media dan trending topic di sosial media.

Perhatian 250 juta orang Indonesia, bisa jadi terfokus di Solo, selama dua hari, Selasa (7/11) dan Rabu (8/11). Bahkan masyarakat dunia pun diprediksi bakal menyaksikan momentum sakral puteri presiden itu. Rupanya, di titik inilah Menteri Pariwisata Arief Yahya melihat potensi untuk menaikkan branding Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia sekaligus.

“Impression-nya sangat besar dan berskala dunia! 200 becak pengantar tamu dari parkir Lapangan Sumber dan Lapangan Banyuanyar pun ditempel logo national brand Pesona Indonesia!” sebut Menteri Arief Yahya.

Tanpa mengurangi rasa hormat, dalam kacamata pariwisata, pesta perkawinan puteri presiden itu adalah atraksi budaya yang luar biasa. Momen yang menarik perhatian publik dunia dan orang senang menyaksikan prosesi yang sarat budaya itu. “Wisman masuk ke Indonesia, 60% karena faktor bidaya! Jadi di situlah kami hadir! Pak Presiden Jokowi menjadi endorser pariwisata Indonesia,” kata dia.

Ada enam prosesi yang menarik. Pertama acara siraman yang akan dilakukan masing-masing pihak antara calon pengantin wanita dan calon pengantin pria. Siraman pengantin wanita, akan berlangsung di kediaman Presiden Joko Widodo di Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo.

Sementara siraman pengantin pria akan dilangsungkan di hotel Alila, kota Solo.

Khusus untuk pengantin wanita, setelah siraman pada pagi hari, di malam hari akan dilanjutkan dengan malam Midodareni yang juga berlangsung di kediaman Presiden Joko Widodo.

“Dua acara tersebut merupakan rangkaian adat jawa yang tidak terpisahkan sebelum akad nikah. Untuk itu acaranya akan digelar sehari menjelang akad nikah,” ujar pemandu acara siraman dan midodareni, Widarsih Suranto.

Setelah itu, di tanggal (8/11) akan dilangsungkan Akad Nikah dan Ijab Qabul di Gedung Graha Saba Buana. Setelah itu akan dirangkai dengan ritual Panggih yang mempertemukan pengantik wanita dan pria. Juga dilakukan di Gedung Graha Saba Buana Solo.

Saat menuju lokasi resepsi, masing-masing keluarga dan pengantin akan menggunakan kereta kuda dan kereta kencana.

“Kemudian baru ditutup dengan resepsi pernikahan yang diperkirakan dihadiri 8.000 tamu,” ujarnya.

Dalam pernikahan ini Presiden Joko Widodo juga melibatkan masyarakat guna mendukung kelancaran acara. Termasuk 200 pengemudi becak yang akan bertugas mengantarkan para tamu dari lapangan parkir menuju gedung pertemuan.

Para pengemudi becak itu akan bertugas di dua lapangan parkir yaitu Lapangan Sumber dan Lapangan Banyuanyar. Nantinya dalam bertugas para pengemudi becak akan mengenakan seragam batik.

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan, penggunaan seragam ini dilakukan agar para pengemudi becak terlihat rapi. Dan juga menjadi suguhan yang menarik bagi tamu dan juga masyarakat luas. Karena pernikahan ini tentunya akan menjadi perhatian masyarakat luas, bahkan dunia.

“Selain itu, penggunaan seragam berfungsi untuk mengidentifikasi pengemudi becak yang ditugaskan dalam acara itu,” ujar Wali Kota.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun ikutan bicara. Dia mengaku sangat antusias menantikan The Royal Wedding di Indonesia ini. Maklum, agendanya sangat kental dengan pariwisata.

“Ini tentunya juga menjadi pestanya rakyat Indonesia. Saya mengajak untuk semua bisa menikmati sajian indahnya budaya Indonesia yang kuat,” ujar Menpar Arief Yahya. (*)

تعليقات
Loading...