سورابايا تهيئ أراضي زراعية متكاملة

Surabaya Ciptakan Lahan Pertanian Terpadu

0 745

سورابايا، إندونيسيا اليوم – حكومة مدينة سورابايا في محاولة تطوير مشروع الغرفة المفتوحة الخضراء  (RTH)  في منطقة جاروك، لاكارسانتري، سورابايا. أراضي بمساحة ستة هكتارات سيستفاد من هذه الأرض للزراعة المتكاملة.

وقال جستامادجي رئيس مكتب الأمن الغذائي والزراعة في سورابايا، إن التقدم في العمل الزراعي المتكامل دخل الآن مرحلة المزاد. ويضمن أن يبدأ العمل في عام 2018.

وقال جوستامادجى : “إن الزراعة المتكاملة التي لها ستة هكتارات ستعد للمناطق الزراعية والثروة الحيوانية والسمكية”. سورابايا، الخميس  (22/2)

تنقسم هذه الزراعة المتكاملة إلى  ثلاثة أقسام : أولا : قسم الزراعة. بالإضافة إلى الأرز وسيتم أيضا تطوير أنواع مختلفة من الخضروات.

وثانيا، قسم الثروة الحيوانية، حيث سيتم في هذا المجال زراعة المواشي مثل الماشية والماعز. بينما في القطاع الثالث هو مصائد الأسماك. وفي وقت لاحق، سيتم بناء بركة خاصة للاستزراع السمكي.

ويرى جوستامادجي، فإن هذا النظام الزراعي المتكامل هو نظام يجمع بين أنشطة الزراعة والثروة الحيوانية ومصايد الأسماك والغابات وغيرها من العلوم المتعلقة بالزراعة في حقل واحد. وسيتم تطبيق المكينة الزراعية في هذا المجال، ومن المتوقع أن يكون ذلك حلا للمزارعين لزيادة الإنتاجية، وخفض تكلفة الإنتاج.

ومستقبلا يستطيع المجتمع الاستفادة من نتائج الزراعة والثروة الحيوانية ومصايد الأسماك لزيادة النمو الاقتصادي. جستامادجي ويخطط أيضا لإشراك مجموعة من المزارعين حوله بحيث يكون هناك تآزرا بين حكومة مدينة سورابايا والمجتمع. وقال: “مستقبلا سوف نشرك إحدى مجموعات المزارعين حولنا سري سيدونو جاروك، من أجل التآزر”.

وأوضح جستامادجي أيضا، أن الأرض بمساحة 6 هكتارات مخططة لتكون وسيلة للسياحة التعليمية. بحيث يمكن للزائرين تعلم علم الزراعة، ويمكن أيضا الاستمتاع بالمناظر العجيبة في جوانب المدينة.

ومن المخطط أيضا أن تكون الزراعة المتكاملة مجالا يشجع على كفاءة الزراعة والثروة الحيوانية ومصايد الأسماك. بحيث يمكن تآزرها بين الزراعة وتربية الحيوانات ومصائد الأسماك. وقال جوستامادجي: “إن هذا التوازن سيؤدي إلى إنتاجية عالية واستدامة عالية، والحفاظ على الإنتاج بأكثر فاعلية.”

المترجم : أحمد شكري |المحرر: فارس البدر المصدر: صحيفة ريفوبليكا

Surabaya, Indonesiaalyoum.com — Pemerintah Kota (Pemkot) berupaya mengembangkan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di daerah Jeruk, Kecamatan Lakarsantri, Surabaya. Area seluas enam hektare itu rencananya akan digunakan sebagai lahan pertanian terpadu.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya Joestamadji mengatakan, progres pengerjaan pertanian terpadu saat ini sudah memasuki tahap lelang. Ia memastikan pengerjaannya akan dimulai pada 2018.

“Pertanian terpadu yang luasnya enam hektare itu, nantinya akan kita siapkan untuk area pertanian, peternakan, dan perikanan,” kata Joestamadji di Surabaya, Kamis (22/2).

Pertanian terpadu ini, kata dia, nanti akan terbagi menjadi tiga sektor. Pertama, yaitu sektor pertanian. Selain padi juga akan dikembangkan berbagai jenis sayuran.

Kedua, sektor peternakan, di mana di area ini akan dikembangbiakkan hewan ternak seperti sapi dan kambing. Sedangkan pada sektor ketiga adalah perikanan. Nantinya, akan dibangun kolam khusus untuk budi daya ikan.

Menurut Joestamadji, sistem pertanian terpadu ini merupakan sistem yang menggabungkan kegiatan pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan dan ilmu lain yang terkait dengan pertanian dalam satu lahan. Mekanisasi pertanian akan diterapkan di area ini, sehingga diharapkan dapat menjadi solusi bagi para petani untuk meningkatkan produktivitas, dan menurunkan ongkos produksi.

Harapannya, hasil dari pertanian, peternakan dan perikanan bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Joestamadji juga berencana menggandeng kelompok tani sekitar supaya ada sinergi antara Pemkot Surabaya dengan masyarakat. “Nanti kita akan menggandeng salah satu kelompok tani sekitar yaitu Sri Sedono Jeruk, supaya bisa sinergi,” ujar Joestamadji.

Joestamadji juga menjelaskan, lahan seluas 6 hektare ini rencananya akan dijadikan sebagai sarana edukasi wisata. Sehingga para pengunjung bisa belajar ilmu pertanian dan juga bisa menikmati pemandangan eksotis persawahan dipinggiran kota.

Pertanian terpadu tersebut juga diproyeksikan menjadi kawasan yang mendorong efisiensi pertanian, peternakan maupun perikanan. Sehingga bisa saling bersinergi antara pertanian, peternakan, dan perikanan. “Keseimbangan inilah yang akan menghasilkan produktivitas yang tinggi dan keberlanjutan, serta produksi yang terjaga secara efektif dan efisien,” kata Joestamadji

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares alBadr | Sumber: ROL

 

تعليقات
Loading...