شلال جزيرة كاي يسيل إلى البحر مباشرة دون حاجز

Air Terjun Lamgsung Ke Laut , kepualuan kei Juga Punya

0 1٬048

 

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  هناك ظواهر طبيعية مثل الشلال الذي يسيل مباشرة إلى البحر, يوجد هذا الشلال في جريرة كاي . شلال إيفو الجميل يمكنك أن تتلاعب فيه بالماء .

جمال طبيعة ولاية اندونيسيا الشرقية لا يقبل الجدل فيه . على الأقل مرة في السنة لازم للسياح أن يتجولوا حولها . فجزيرة كاي تقع في مالوكو الشرقية وتناسبهم في الرحلة .

في تلك الجزيرة يوجد شلال إيفو الذي يسيل إلى البحر مباشرة . شلال إيفو الذي يقع بالضبط في قرية أوهوي . يستغرق السفر إليه 30 دقيقة من مدينة لانقور , عاصمة مالوكو الشرقية .

للوصول إلى هذا الشلال, يمكن المشي على الأقدام من موقف السيارة الموجود خارج هرم الشلال . و تقف الحافلات الصغيرة جانب الطريق العسير .

شلال جزيرة كاي يسيل إلى البحر مباشرة دون حاجز
الصورة: ديتيك

ثم يمشي الزائرون مارين بالطريق العسير إلى أن يصلوا إلى الحواف الذي يقع فيه الشلال . و يختفي الشلال خلف بيوت الأهالي.

كما في الواقع . قبل أن نصل إلى الشلال الأساسي , هناك مجاري مائية للنهر تسيل بشكل كثير.

طبقا لقول أحد الاهالي. فإن شلال إيوفو يخرج من منبع ماء إيفو, وتمت تسمية بشلال بإيفو مناسبة لاسم قرية إيفو.

و يختلف هذا الشلال عن الشلالات الأخرى . لأنه يقع في الحواف وهو بهذا يتميز عن غير من الشلالات.

و إن كان الشلال يقع قريب من البحر , لكن الماء يبقى عذبا وليس مالحا . و ينزل ماء الشلال تماما ويقابل البحر مباشرة .

وجمال هذا الشلال, مناسب للجميع للتصوير فيه .

هذه الوجهة السياحية لم ترتب بشكل جيد, فنحتاج إلى اهتمام المسؤولين بالتنظيف والتخلص من النفايات . زيادة على ذلك بناء الاستراحات ودورات المياه فإن ذلك يعد مهما لتطوير المكان .

المترجم :مايا يونياتي | المحرر: فارس البدر | المصدر: ديتيك

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Fenomena alam air terjun langsung ke laut, ternyata ada juga di Kepulauan Kei. Ada Air Terjun Evu yang cantik. Kamu bisa main air sampai puas di sini!

Kecantikan alam kawasan Indonesia Timur memang tak terbantahkan. Setidaknya sekali seumur hidup, traveler harus melancong ke timur Indonesia. Kepulauan Kei di Maluku Tenggara termasuk salah satu spot yang pantang traveler lewatkan.

Di sini, ada Air Terjun Evu yang mengalir langsung ke laut. Air terjun ini terletak di Ohoi (Desa) Evu, sekitar 30 menit naik mobil dari pusat Kota Langgur, ibu kota Maluku Tenggara.

Untuk menuju ke air terjun ini, traveler butuh sedikit berjalan kaki. Itu karena belum tersedia tempat parkir mobil yang memadai. Mobil minibus harus parkir di badan jalan yang menanjak.

Baru setelah itu, traveler berjalan kaki menyusuri jalan beton hingga turun ke tepian pantai dimana air terjun ini berada. Air terjun ini ‘tersembunyi’ di balik perkampungan penduduk.

Dari tempat mobil kami parkir, gemuruh aliran air sudah terdengar. Itu menandakan kalau aliran air terjun ini sangat deras.

Benar saja, sepintas melihat sebelum ke air terjun utama, aliran air sungai dari hulu mengalir dengan kencangnya.

Menurut warga setempat, air terjun ini bersumber dari mata air Evu. Dinamakan begitu, karena sesuai dengan nama desanya, yaitu Evu.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, lokasi air terjun ini memang berada tepat di tepi pantai. Berbeda dengan air terjun kebanyakan yang berada di pegunungan.

شلال جزيرة كاي يسيل إلى البحر مباشرة دون حاجز 1 - اندونيسيا اليوم
الصورة: ديتيك

Meski di tepi pantai, tapi air terjun ini rasanya tawar dan segar, bukan payau. Persis seperti rasa air dari sebuah sumber mata air. Setelah mengalir dengan derasnya, air terjun ini memang langsung jatuh ke laut karena tidak ada pantai yang menjadi ‘penadahnya’.

Meski begitu, air terjun ini sangat menarik untuk foto-foto maupun main air. Sayang jika sudah jauh-jauh ke sini, tapi tidak ada foto untuk dibawa pulang.

Destinasi ini memang belum tertata dengan baik, ke depannya harus dijaga lagi kebersihannya dari sampah. Tempat istirahat dan juga toilet untuk wisatawan juga perlu dibuat agar berwisata ke sini makin nyaman

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Fares alBadr | Sumber: Detik.com

 

تعليقات
Loading...