لماذا بالي أصبحت الوجهة الجذابة الأفضل

?Kenapa Bali Selalu Menarik Untuk Dikunjungi

0 601

جاكرتا، اندونيسيا اليوم –  جزيرة ديواتا بالي هي جنة  السياحة الإندونيسية فهذه الجزيرة  يبدو لها جمال لا ينته واستكشافها من جانب طبيعتها, أو ثقافتها، أوغيرها من عوامل الجذب.

حتى إن بعضا من الناس الذين زار بالي  لا توجد لديهم كلمة “الملل” في بالي. دائما هناك شيء جديد ومثيرة للاستكشاف.

وأوضح رئيس مكتب السياحة في بالي أناك أغونغ يونيارثا. لماذا السياحة إلى بالي يبدو جمالها لا ينته واستكشافها دائما يثير الاهتمام ويدعو إلى زيارتها؟

وقال في اتصال هاتفي على كومباس ترافل، يوم الجمعة (2018/1/12)”السياحة في بالي هي السياحة الثقافية التي تستند إلى ثلاثة أشياء: العلاقة  المتناغمة بين الإنسان والإله، وعلاقة الانسجام بين الناس، ثم العلاقة بين الناس والبيئة”.

وهذه النقاط الثلاث ترتبط بالسياحة إلى بالي من قديم الزمان حتى الآن، وفقا له بعد تنفيذ هذه الثلاثة ،قام السكان بالي بتطوير سياحتهم، المدعومة بالثقافة والجمال الطبيعي.

واضاف “إن ذلك  يتجلى في قدرتهم على حفظ الثقافة المحلية التى أظهرت أسلوب حياة سكان بالى”.

لذلك، كما رأينا هناك تعادل بين السياحة الطبيعة الجميلة والثقافة المحلية  المحفوظة . وهذا هو العامل القوي في جذب السياح.

وقال انه للحفاظ على هذه الميزة  سنواصل تطوير المجموعة المتنوعة من الوجهات، سواء كانت الثقافية أوالطبيعية، أوالاصطناعية. ونأمل بهذا التطوير أن السياح لن يأتوا مرة واحدة فقط إلى بالي، وإنما دائما يريد أن يرى الأشياء الجديدة في بالي.

“و اذا رأينا تطور السياح الوافدين الى بالي وجدنا في كل سنة دائما يرتفع بشكل كبير جدا”.

“ومن البيانات البحثية من جامعة أوديانا، بالي، أشارت إلى أن الثقافة هي العامل الرئيس مما يجعل السياح سعداء بزيارة بالي”.

واختتم كلامه قائلا ” فثقافتنا ليس لها مثيل ولا ثاني لها في العالم، وبالتالي فإن تطوير الوجهة يتوافق مع ثقافتنا” .

المترجم: هان هان علوم الدين | المحرر: فارس البدر | المصدر travel.kompas.com:

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Pulau Dewata surganya pariwisata di Indonesia. Pulau ini seolah tidak ada habisnya untuk dieksplor keindahannya, baik alamnya, budayanya, maupun atraksi lainnya.

Bagi beberapa orang yang sudah pernah berunjung ke Bali, seperti tak ada kata “bosan” untuk datang ke Bali. Selalu ada hal baru, yang menarik untuk dieksplorasi.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Anak Agung Yuniartha menjelaskan hal tersebut. Mengapa pariwisata Bali seolah tak ada habisnya untuk dan eksplorasi, dan selalu menarik untuk dikunjungi?

“Pariwisata Bali adalah pariwisata budaya yang didasarkan Trihita. Karana hubungan harmonis antara manusia dengan Tuhannya, hubungan keharmonisan antara sesama umat, dan hubungan manusia dengan lingkungannya,” ungkapnya saat dihubungi KompasTravel, Jumat (12/1/2018).

Ketiga hal itulah yang saling terikat di pariwisata Bali, dari dulu hingga sekarang, menurutnya. Setelah ketiganya berjalan, menurutnya masyarakat Bali mengembangkan pariwisatanya ditopang oleh budaya dan keindahan alamnya.

“Hal ini dibuktikan dengan kesanggupan masyarakat Bali dalam mengakomodir kearifan lokal dan budaya yang mengemuka dalam kehidupan masyarakat Bali,” tuturnya.

Oleh karena itu, terlihat juga dari keseimbangan wisata alamnya yang tetap indah tetapi budaya dan kearifan lokalnya pun amat terjaga. Hal tersebut menjadi magnet yang kuat untuk menarik wisatawan.

Untuk menjaga konsistensi, ia mengatakan terus mengembangkan ragam destinasi, baik yang bersifat budaya, alam, juga buatan. Harapannya, dari pengembangan itulah wisatawan tak akan cukup sekali datang ke Bali, dan selalu ingin melihat hal-hal baru yang ada di Bali.

“Kalau kita melihat perkembangan wisatawan yang datang ke Bali dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan yang sangat signifikan,” ujarnya pada KompasTravel.

Dari data hasil penelitian Universitas Udayana, Bali, turis senang datang ke Bali faktor utamanya ialah dari budayanya.

“Jadi memang budaya kami ini tidak ada duanya di dunia. Jadi pengembangan destinasi disesuaikan dengan budaya kami,” tutupnya.

Penerjemah: Han Han Ulumuddin | Editor: Fares alBadr | Sumber:  travel.kompas.com

 

تعليقات
Loading...