مجلس العلماء الإندونيسي: إندونيسيا قادرة لتكون مركزا للاقتصاد الشرعي

DSN MUI Yakini Indonesia Mampu Jadi Sentra Ekonomi Syariah

0 962

جاكارتا، إندونيسيا اليوم – المجلس الشرعي الوطني  (DSN) لمجلس العلماء الإندونيسي يعتقد  أن إندونيسيا قادرة على أن تصبح مركزا للاقتصاد الشرعي في العالم. وقد نقل ذلك داود عارف خان أحد أعضاء قسم الأعمال والسياحة التابع للمجلس الشرعي الوطني لمجلس العلماء الإندونيسي في جاكرتا، السبت (10/2).

ويستند ذلك إلى عدة أسباب، وإحدى الفتاوى التي أصدرها المجلس الشرعي الوطني يعتبر  أكثر قابلية للتطبيق في العالم. الفتوى ليست مجرد استجواب اقتصاد الشريعة، ولكن أيضا للسياحة والمستشفيات الشرعية.

وبين أن في 2 فبراير  2018  تم الاجتماع بوزير السياحة كياهي الحاج معروف أمين وبحثا تنمية السياحة في إندونيسيا. وشكل الاجتماع فريقا مكلفا بتسريع تطوير السياحة الحلال في اندونيسيا.

وقال “إذا لاحظتم في هذا الاجتماع، كان فيه ارتباط قوي جدا”

وقال داود أن الاجتماع حدد عددا من المجالات للسياحة الحلال في إندونيسيا مثل أتشيه وسومطرة الغربية ونوسا تينجارا الغربية وجاكرتا وبانكا بيليتونج وتطورت إلى مناطق أخرى.

وقال داود “هناك مكان يحتاج إلى المسلمين الصادقين ولقد اتجه العالم إلى هناك”.

ويعتقد أن إندونيسيا لديها نمو اقتصادي جيد للشريعة الإسلامية. ويدعم ذلك وضع إندونيسيا بوصفها البلد الذي يوجد فيه أكبر عدد من السكان المسلمين في العالم.

المترجم : أحمد شكري | المحرر: فارس البدر | المصدر: صحيفة ريفوبليكا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com — Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI meyakini Indonesia mampu menjadi sentra ekonomi syariah di dunia. Hal ini disampaikan anggota bidang bisnis dan wisata Dewan Syariah Nasional MUI Dawud Arif Khan di Jakarta, Sabtu (10/2).

Itu didasarkan beberapa alasan, salah satunya fatwa yang dikeluarkan Dewan Syariat Nasional MUI dianggap paling aplikatif di dunia. Fatwa tersebut tak hanya menyoal ekonomi syariah, tetapi juga pariwisata dan rumah sakit syariah.

Ia menceritakan, pada 2 Februari 2018 terjadi pertemuan antara Menteri Pariwisata dan KH Maruf Amin membahas pengembangan pariwisata di Indonesia. Pertemuan itu membentuk tim yang bertugas mempercepat pengembangan pariwisata halal di Indonesia.

“Kalau lihat momentum itu, ini sangat korelatif, berhubungan,” tutur dia.

Dawud mengatakan pertemuan itu menentukan sejumlah daerah menjadi wisata halal di Indonesia, seperti, Aceh, Sumatra Barat (Sumbar), Nusa Tenggara Barat (NTB), DKI Jakarta, Bangka Belitung, dan berkembang ke wilayah lain.

“Ada tempat yang butuhkan Muslim friendly (ramah Muslim). Dunia sudah bergerak ke sana,” kata Dawud.

Ia meyakini Indonesia memiliki pertumbuhan ekonomi syariah yang baik. Hal itu didukung status Indonesia sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares alBadr | Sumber: ROL

 

تعليقات
Loading...