وزير الزراعة: إندونيسيا تصدر البصل إلى ستة بلدان

Mentan : Indonesia ekspor bawang merah ke-enam negara

0 810

بانجارماسين، إندونيسيا اليوم – قال وزير الزراعة أندى أمران سليمان، “إن إندونيسيا استطاعت تصدير البصل من مناطق مختلفة في إندونيسيا إلى ست دول.

ووفقا لما ذكره الوزير، بعد افتتاح مجلس هببونان كيروكونان تانى إندونيسيا فى كاليمانتان الجنوبية في بانجارماسين يوم السبت، قال فإن تصدير البصل يعتبر شيئا نفتخر به، ومنذ ذلك الحين تستورد إندونيسيا دائماً البصل من مختلف الدول.

وقال: “كنا نستورد البصل حتى 72 ألف طن، والآن تمكنا من تصدير ما يصل إلى 6500 طن، وهذا بالطبع نجاح ينبغي أن يستمر في التحسن”.

بعض الدول المستوردة للبصل، من بينها تايلاند وسري لانكا والعديد من البلدان الأخرى.

وبالإضافة إلى البصل، قال: إن المزارعين تمكنوا أيضا من تصدير الذرة، واستمرت الصادرات بشكل دوري.

“في الماضي، وصلت واردات الذرة 3.6 مليون طن، والآن صفر، بل يمكننا أن نصدر”.

وقال : ففي الخميس المقبل فإن المزارعين من جورونتالو سيصدرون محاصيلهم من الذرة إلى دول مختلفة ومن بينها الفليبين.

وإلى جانب تصديره، كما أضافه، أصبحت الحكومة الآن قادرة على قمع ارتفاع أسعار الاحتياجات الغذائية في مختلف المناطق الحدودية التي ارتفعت فيها أسعار الضروريات الأساسية.

كما هو الحال في منطقة الحدود من بابوا، من قبل وصل سعر الأرز 20.000 روبية للكيلو الواحد، ولكن مع ارتفاع إنتاج الأرز الوطني ارتفاعا هائلا، والآن انخفض سعر الأرز في المنطقة إلى 8.000 ألف روبية للكيلوغرام الواحد.

وقال إنه في السنوات القادمة، ستعتمد كافة الدول المجاورة على غذاء إندونيسيا.

وبالتالي، فإن جميع الاحتياجات الغذائية لهذه البلدان، بما في ذلك الأرز سيتم شحنها من إندونيسيا وجنوب كاليمانتان.

وأضاف أن ذلك لا يمكن تحقيقه إلا عندما تعمل جميع الأطراف المعنية بجد وتتكاتف لتشجيع الإنتاج وزيادته.

وأضاف أن الوزارة ستواصل زيادة المساعدات والإعانات، سواء كان ذلك لأغراض التكنولوجيا أو الأسمدة أو البذور الزراعية.

واعترف وزير الزراعة أيضا أن الرئيس وجه قرارا خاصا، لمشاريع المشتريات دون الحاجة إلى المزاد.

وهذا الأمر مهم للقيام به، لأنه إذا كان بانتظار المزاد، ثم فترة الزراعة وغيرها، لابد من التراجع وهذا ما سيعرقل المزارعين، ويؤدي إلى عدم تحقق الهدف.

وقال:  “إذا كان لابد من المزاد فإن الإجراء طويل ويجب على المزارعين الانتظار للمساعدة بينما لا تريد الفئران والفيضانات الانتظار”.

وعقب هذا البرنامج، زار الوزير جميع معارض المعارض للمنتجات الزراعية من 13 مقاطعة ومدينة في جنوب كاليمانتان.

المترجم : أحمد شكري | المحرر: فارس البدر | المصدر: وكالة انتارا

 

Banjarmasin, Indonesiaalyoum.com – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan kini Indonesia telah mampu mengekspor bawang merah dari berbagai daerah di Indonesia kepada enam negara.

Menurut Menteri, usai pelantikan pengurus DPP HKTI Kalimantan Selatan di Banjarmasin Sabtu mengatakan, ekspor bawang merah tersebut, merupakan sesuatu yang membanggakan, mengingat sebelumnya, Indonesia selalu mengimpor bawang merah dari berbagai negara.

“Dulu kita mengimpor bawang merah hingga 72 ribu ton, kini kita telah mampu mengekspor hingga 6.500 ton, ini tentu keberhasilan yang harus terus ditingkatkan,” katanya.

Beberapa negara importir bawang merah tersebut antara lain, Thailand, Sri lanka, dan beberapa negara lainnya.

Selain bawang merah, kata dia, kini petani juga telah mampu mengekspor jagung, dan secara berkala ekspor tersebut terus berlanjut.

“Dulu impor jagung mencapai 3,6 juta ton, dan sekarang nol, bahkan kita bisa mengekspor,” katanya.

Pada Kamis mendatang, kata dia, petani dari Gorontalo, juga akan kembali mengirim jagung hasil panennya ke berbagai negara antara lain ke Filipina.

Selain mengekspor tambah dia, kini pemerintah juga telah mampu menekan harga kebutuhan pangan di berbagai daerah perbatasan, yang biasanya harga kebutuhan pokok melambung.

Seperti di daerah perbatasan Papua, sebelumnya di daerah tersebut harga beras mencapai Rp20 ribu per liter, tetapi dengan produksi beras nasional yang cukup tinggi, kini beras di daerah tersebut menjadi Rp8 ribu per kilogram.

Pada tahun-tahun mendatang, kata dia, pihaknya menargetkan, seluruh negara tetangga akan memiliki ketergantungan pangan dengan Indonesia.

Sehingga, seluruh kebutuhan pangan negara-negara tersebut, termasuk beras akan dikirim dari Indonesia salah satunya dari Kalimantan Selatan.

Hal itu, tambah dia, hanya bisa terwujud bila seluruh pihak terkait bekerja keras, dan saling bahu membahu untuk mendorong dan meningkatkan produksi.

Kementerian, tambah dia, akan terus meningkatkan bantuan dan subsidi, baik itu untuk teknologi, pupuk maupun bibit pertanian.

Mentan juga mengaku telah menghadap presiden untuk diberikan kebijakan khusus, yaitu proyek-proyek pengadaan tanpa harus lelang, tetapi penunjukan langsung.

Hal itu penting dilakukan, karena kalau menunggu lelang, maka masa tanam dan lainnya, harus mundur, sehingga akan menyulitkan bagi petani, yang berujung target tidak tercapai.

“Kalau harus lelang, prosedurnya panjang dan petani harus menunggu mendapatkan bantuan, sementara tikus dan banjir tidak mau menunggu,” katanya disambut tepuk tangan dan gelak tawa para anggota HKTI.

Usai acara, Mentan mengunjungi seluruh stand pameran produk pertanian dari 13 kabupaten dan kota di Kalsel.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares alBadr | Sumber: Antaranews.com

 

تعليقات
Loading...