وصفة إدام اسماك الهامور شديدة اللذة من راناح مينانغ

Gulai Ikan Kerapu Khas Minang, Lezatnya Menendang Lidah

0 794

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – سومطرة الغربية من المحافظات التي تحيط بها المياه الذاخرة بشتّى أنواع الأسماك البحرية. وهذه البيئة بالتأكيد تفيد كثيرا في التنوع الغذائي في هذه المحافظة التي لقبت باسم “راناح مينانغ” . أصبحت الثروة السمكية المتاحة واحدة من المصادر الرئيسة في إثراء المأكولات المحلية مع الاحتفاظ بالطعم الرفيع المميز.

وفي راناح مينانغ، هناك العديد من الأطعمة التي أساسها لأسماك البحرية وغيرها من أنواع الحيوانات التي يمكن معالجتها. إحداها إدام أسماك الهامور.

إقرأ أيضا: الأطعمة الخاصة من 34 محافظة في اندونيسيا (الجزء الثالث)

فنكهة لبن جوز الهند مع الفلفل وغيرها من الأعشاب التوابل التي تمتاز بها سومطرة تمتزج في طبق واحد، مما يجعل إدام أسماك الهامور واحد أشهر الأطباق المفضلة في سومطرة الغربية. ومعظم المطاعم تبيع هذا الطبق اللذيذ خاصة المطاعم الموجودة على الساحل.

وبالنسبة للذين يتساءلون عن أميز المطاعم التي تقدّم هذا الطبق المميز فهناك مطعم أمبيرا بادانج. يقدّم فيه إدام الهامور بنكهات مختلفة، لأن كل مطعم له سره الخاص في كيفية الطهي.

إقرأ أيضا: لمن أراد المتعة السياحية: ثلاثة عشر مكانا ممتعا في سيمارانج

تقول رينا (39) إحدى الطاهيات المحترفات في مطعم أمبيرا مينانغ سوتو الذي يقع في شارع تان مالاكا، مدينة بادانغ، إن طهي هذا الطبق سهل جدا.

ما عليكم سوى أن تعدوا المكونات الأساسية التي تتكون من أسماك الهامور الطازجة، الموسمية، جوز الهند المكثف والليمون وحامض كانديس، الخولنجان والبصل والثوم والزنجبيل والكركم والفلفل راويت والملح والفلفل الأحمر المطحون.

قبل عملية الطبخ قم بغسل أسماك الهامور جيدا، ثم امسحها بعصير الليمون. ثم اطحن التوابل مثل الزنجبيل والكركم والبصل والثوم حتى تكون ناعمة، وتضبف أيضا الفلفل راويت والصلب من الليمون، والخولنجان جيبريك.

وبعد ذلك، ضع لبن جوز الهند المكثف في وعاء أو مقلاة، ثم أضف إليه التوابل، الفلفل المطحون، حامض كانديس والملح والخولنجان, واطبخها مع على نار هادئة.

إقرأ أيضا: الأطعمة الخاصة من 34 محافظة في اندونيسيا (الجزء الثاني)

بعد أن تختلط كلها، قلبها باستمرار للحفاظ على كثافة لبن جوز الهند. وبعد أن يغلي، ضع أسماك الهامور مع الفاصوليا الخضراء وقلب مرة أخرى حتى تختلط بالتساوى. مع ملاحظة أثناء الطهي لا تحرك وتقلب بسرعة أو بقوة شديدة، ذلك لأن أسماك الهامور طريّة جدا مما يسهل تفتتها.

المترجم : هان هان علوم الدين | المحرر: طلال الشيقي | المصدر : www.viva.co.id

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Sumatera Barat menjadi salah satu provinsi yang dikelilingi oleh perairan. Tentu saja itu membawa berkah tersendiri bagi provinsi dengan nama lain Ranah Minang ini. Kekayaan laut yang ada menjadi salah satu modal utama dalam memperkaya kuliner lokal dengan cita rasa tinggi.

Di Ranah Minang, sangat banyak kuliner yang berbahan dasar ikan laut maupun hewan jenis lain yang dapat diolah. Satu dari sekian banyak menu berbahan dasar ikan laut ini adalah gulai ikan Kerapu.

Paduan rasa santan, cabai dan bumbu rempah-rempah lainnya yang menyatu, membuat gulai ikan kerapu juga menjadi salah satu kuliner andalan Sumatera Barat. Rata-rata rumah makan Ampera yang ada, terutama yang berada di garis pantai, menjual kuliner yang satu ini.

Nah, bagi Anda yang penasaran seperti apa rasa kuliner yang satu ini, datang saja ke rumah makan Ampera Padang. Dipastikan Anda akan menjumpai gulai ikan kerapu dengan cita rasa yang berbeda-beda, karena tiap rumah makan punya rahasia sendiri dalam mengolah hidangan tersebut.

Mudah Dimasak

Rina (39), salah satu juru masak di rumah makan Ampera Minang Soto yang berada di jalan Tan Malaka, Kota Padang mengatakan, memasak gulai ikan kerapu ini sangatlah mudah.

Cukup siapkan sejumlah bahan dasar berupa ikan kerapu yang segar, kacang panjang, santan kental, jeruk nipis, asam kandis, lengkuas, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, cabai rawit, garam dan cabai merah giling.

Sebelum dimasak, ikan kerapu dicuci sampai bersih terlebih dahulu, lalu dilumuri dengan perasan air jeruk nipis. Bumbu seperti jahe, kunyit, bawang merah dan bawang putih ditumbuk sampai halus, lalu tambahkan juga cabai rawit dan daging buah jeruk nipis, serta lengkuas geprek.

Setelah itu, santan kental dimasukkan ke dalam panci atau wajan, lalu tambahkan bumbu halus, cabai giling, asam kandis, garam dan lengkuas, Masak dengan kondisi api yang tidak terlalu besar.

Setelah tercampur seluruhnya, aduk terus agar santan tidak pecah. Setelah mendidih, masukkan ikan kerapu beserta kacang panjang dan aduk kembali hingga rata. Pada proses ini jangan aduk terlalu cepat atau kasar, pasalnya, daging ikan kerapu yang sangat lunak bisa saja hancur.

Penerjemah: Han Han Ulumuddin |Editor: Talal alSaiqi | Sumber: Viva

 

تعليقات
Loading...