يوم دون ظل في بونتياناك

Tugu Khatulistiwa, Spot Terbaik Menikmati Hari Tanpa Bayangan

0 758

جاكرتا, إندونيسيا اليوم – سيكون حدثا ظاهريا في يوم الأربعاء 21/3 وذلك أنه في يوم الأربعاء عند النهار سينعدم الظل. وسبب هذا الحدث أن الشمس ترتفع فوق خط الاستواء تماما.

قد يهمك:هكذا كيفية علاج الأرق

ليس كل أماكن إندونيسيا سيكون فيها هذا شيء بل فقط في أماكن معينة. فالشمس ستكون فوق رؤوسنا لذلك ليس هناك ظل.

وذلك في موقع خط الاستواء بمدينة بونتياناك, كاليمانتان الغربي وأجمل مكان لتنظر إليه هو في توجو خط الاستواء.

قد يهمك:كيفين وماركوس يصلا إلى نصف نهائي يطولة إنجلترا2018

الشمس ستكون في أعلى قمة لها في تمام الساعة 11.50 نهارا. لذلك كثير من سائح لا يفوتوا هذه الفرصة حتى ينظروا إليها.

إذا رغبت فيه يمكنك الذهاب إلي بونتياناك. ويوجد مكان خاص لمشاهدة هذا في توجو خط الاستواء, في طريق كاتوليستوا بونتياناك.

قد يهمك:فوائد الرياضة في الليل

إذا وقفت تماما في وسط خط الاستواء فإنك لا تري ظل نفسك. بل سيزول الظل و مع ذلك لمن يذهبون إلي هذا المكان سينظرون أن البيض يقف بنفسه في هذا المكان.

سيتكرر هذا الحدث أيضا في 21-23 سبتمبر 2018.

قد يهمك:حزب نهضة الوطن يرشح مهيمن إسكاندر إلى الرئيس جوكوي

 

المترجمة : مايا يونياتي | المحرر: فارس البدر | المصدر: دتيك

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Rabu, 21 Maret 2018 akan terjadi fenomena alam langka di Indonesia dan pusatnya ada di Pontianak. Wisatawan bisa pergi ke sana untuk menikmati hari tanpa bayangan.

Indonesia akan mengalami fenomena alam menarik pada Rabu, 21 Maret 2018, Matahari akan berada tepat di atas ekuator (khatulistiwa). Kejadian itu akan membuat Indonesia pada siang hari tidak punya bayangan.

Tidak seluruh Indonesia, melainkan peristiwa tersebut berlangsung pada di wilayah tertentu. Matahari akan berada hampir tepat di atas kepala. Hal ini mengakibatkan tidak ada bayangan tepat di siang hari.

Di daerah ekuator, misalnya di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Matahari akan berada di atas kepala saat tengah hari vernal equinox sehingga sebuah tugu tegak akan tampak tanpa bayangan.

Tugu Khatulistiwa, Spot Terbaik Menikmati Hari Tanpa BayanganTugu Khatulistiwa di Pontianak

Pada 21 Maret 2018, LAPAN mengungkapkan Matahari akan mencapai titik puncak/kulminasi pada pukul 11.50 WIB. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang tidak ingin melewatkan kesempatan ini.

Kalau kamu tertarik, masih ada waktu untuk menyusul ke Pontianak. Pusat kegiatan pemantauan titik kulminasi ini adalah di Tugu Khatulistiwa, Jl Khatulistiwa, Pontianak.

Nah kalau berkunjung saat fenomena kulminasi, traveler bisa merasakan berdiri dengan bayangan yang menghilang di sekitar Tugu Khatulistiwa. Ini adalah fenomena alam ketika matahari tepat berada di atas garis Khatulistiwa.

Tugu Khatulistiwa, Spot Terbaik Menikmati Hari Tanpa BayanganTelur berdiri tegak saat kulminasi matahari (Ivone Suryani/d’Traveler)

Ketika berdiri tepat di garis Khatulistiwa, tidak akan ada bayangan yang terlihat. Selain bayangan bisa menghilang, pengunjung juga bisa melihat fenomena telur yang bisa berdiri di area Tugu Khatulistiwa.

Peristiwa ini akan terulang lagi pada 21-23 September 2018. Jangan dilewatkan!

Sama satu lagi: Penerjemah: Maya I Editor: Fares alBadr I Sumber: Detik

 

تعليقات
Loading...