5 روائع من مهرجان بحيرة سونتر - إندونيسيا اليوم
إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

5 روائع من مهرجان بحيرة سونتر

Lima Keseruan di Festival Danau Sunter

- الإعلانات -

0 179

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – لقد حضر في مهرجان بحيرة سونتر عشرات الآلاف من المجتمع، الأحد. (25/2). على الرغم أنه عقد للمرة الأولى إلا أنه قادر على جذب رغبة أهل جاكرتا وما حولها.

فيما لا شك فيه أن معظمهم ينتظرون هذه المناسبة المهمة والمؤثرة عبر التاريخ وهي سباق السباحة بين الوزيرة سوسي ونائب حاكم جاكرتا ساندياغا أونو. لقد أبدعت فكرة هذه المناسبة صحيفة كومباران.com

ليس مجرد السباق بين سوسي وساندي فحسب، بل إن هناك عدد من المعارض والمنصات للترفيه تحيي هذا المهرجان. على الرغم من أن الجو حار إلا أن منطقة هذه البحيرة لا تخلو من أمواج  أفراح الناس.

لقد أدخل هذا المهرجان سرورا ومتعة في قلوب الناس التي تزين يوم عطلة أهل جاكرتا. فهل تعرفون ماذا يوجد في هذا المهرجان من أفراح وسرور ومتعة؟  فها هي صحيفة اندونيسيا اليوم تقدم لكم خمس روائع لمهرجان بحيرة سونتر.

Setidaknya 10 ribu lebih warga memadati gelaran Festival Danau Sunter (FDS), Minggu (25/2). Meski baru pertama kali digelar, FDS mampu menarik animo masyarakat Jakarta dan sekitarnya.
Sebagian besar masyarakat mengaku menanti momen bersejarah adu cepat antara Susi dan Sandi. Momen adu cepat ini diinisiasi oleh kumparan.
Tak hanya adu cepat Susi dan Sandi, sejumlah kegiatan seperti bazar dan panggung hiburan turut memeriahkan acara FDS. Meski panas begitu terik, area Danau Sunter tak pernah sepi dari riuh ramai masyarakat.
FDS benar-benar menghadirkan keseruan di tengah momen libur masyarakat Jakarta. Seperti apa keseruannya? Berikut kumparan hadirkan 5 keseruan Festival Danau Sunter.

افتتاح المهرجان برياضة زومبا | Senam Zumba buka kemeriahan FDS

 

روائع من مهرجان بحيرة سونتر 2 - اندونيسيا اليوم
الصورة: كومبارانج

لقد ازدحم الناس حول نهر سونتر من الساعة السادسة صباحا منتظرين السباق بين سوسي وساندي.

ومع ذلك، قبل مشاهدة لحظة السباق، فإنهم قاموا برياضة جماعية ما يقرب من ساعة. مع أنها مدة طويلة إلا أنهم لا يزالون حريصين في تحريك أجسادهم بتوجيه المدرب الذي هو على المسرح الرئيسي.

تغيرت الرياضة الصباحية بعد ذلك إلى رياضة زومبا. وكان المجتمع أكثر حماسا ويهتمون بالرياضة على الطريقة الأمريكية اللاتينية. وقد شغلت عددا من الأغاني مثل ديسباسيتو وهولا هوب في حركاتهم.

ولشدة حماستهم حتى إن بعضهم ليس لهم نصيب للجلوس. ونتيجة لذلك فإن بعضهم كان يتريض بجانب المسرح.

Sejak pukul 06.00 WIB, masyarakat sudah memadati area Danau Sunter. Momen adu cepat Susi dan Sandi adalah saat yang dinanti-nanti.
Namun, sebelum menyaksikan momen adu cepat itu, mereka terlebih dulu mengikuti senam pagi hampir satu jam. Dengan durasi yang cukup lama, masyarakat tetap bersemangat menggerak-gerakkan badannya dipandu dengan instruktur yang berada di atas panggung utama.
Senam pagi kemudian berganti dengan senam Zumba. Masyarakat pun semakin bersemangat dan antusias mengikuti senam ala Amerika Latin ini. Sejumlah lagu seperti Despacito dan Hula Hoop diputar untuk mengiringi gerakan masyarakat.
Saking antusiasnya, banyak di antara mereka yang tak kebagian tempat. Alhasil, sebagian masyarakat bersenam di samping panggung.

مناسبة السباق بين سوسي وساندي | Momen adu cepat Susi dan Sandi

 

روائع من مهرجان بحيرة سونتر 3- اندونيسيا اليوم
الصورة: كومبارانج

أما هذه المناسبة فإنها نجمة هذا المهرجان حيث إن فيه سباقا في الماء بين الوزيرة ونائب حاكم جاكرتا.

يكاد أن يمتلئ حول ساحل بحيرة سونتر بالراغبين في مشاهدة قوة سوسي وساندي. وحتى من بين هؤلاء من يرضى بالزحمة الشديدة من أجل مشاهدة هذه المناسبة المؤثرة تاريخيا. بل وأشد من هذه كل يوجد بعض منهم من يتسلق الأشجار.

وعند دقائق بدء السباق بين سوسي وساندي ضجت البحيرة بتصفيقهم المدوي في بحيرة سونتر. وكل واحد منهم له  بطل للفوز من هذا السباق.

وفي هذه المناسبة، كانت سوسي متحدية، وتجتاز البحيرة بحركة مجداف المجلس (بيدل بورد) التي تفتخر بها. وأما ساندي فإنه يفضل أن يمشي سابحا.

بدأ السباق وكانت سوسي سبقت ساندي. ومع ذلك لا ييأس منها ساندي. وهو يحاول أن يلحق بها.

ومع ذلك كان الفوز يختار بأن يكون عند سوسي. ولقد فازت وزيرة الشؤون البحرية ومصايد الأسماك هذه المرة. ولقد تمكنت إرادتها بأن تهتم حكومة جاكرتا بتنظيف بحيرات جاكرتا التي ستتحقق سبب فوزها في السباق.

أصبحت الآن سياحة جديدة، وهي تستقبل الزائرين وتزين فرحة الأطفال عند سباحتهم فيها.

Momen yang satu ini memang primadona dari FDS sendiri. Kapan lagi, Menteri bertarung dengan seorang wakil gubernur dalam lomba adu cepat di air.
Hampir sekeliling tepi Danau Sunter dipenuhi dengan masyarakat yang ingin menyaksikan aksi Susi dan Sandi. Bahkan di antara mereka ada yang rela berdesak-desakan untuk menyaksikan momen bersejarah itu. Lebih ekstrem lagi, ada yang nekat memanjat pohon.
Saat momen ‘balapan’ Susi dan Sandi dimulai, riuh tepuk tangan masyarakat pun menggema di Danau Sunter. Mereka masing-masing memiliki jagoan siapa yang akan memenangkan adu cepat kali ini.
Dalam momen adu cepat sendiri, Susi sang penantang, mengarungi Danau Sunter dengan paddle board kebanggaannya. Sementara, Sandi memilih jalan dengan berenang.
Lomba adu cepat pun dimulai. Susi melaju dengan cepat dan mengungguli Sandi. Meski begitu, Sandi tak patah semangat. Ia terus mengejar Susi.
Tetapi, dewi fortuna kali ini lebih memihak ke Susi. Menteri Kelautan dan Perikanan itu berhasil memenangkan adu cepat. Keinginan Susi agar pemerintah DKI membersihkan danau-danau di Jakarta pun semakin berada di hadapan mata berkat kemenangannya kali ini.

التجوال حول بحيرة سونتر بسفينة الجيش | Keliling Danau Sunter dengan kapal TNI AL

 

روائع من مهرجان بحيرة سونتر 4- اندونيسيا اليوم
الصورة: كومبارانج

وكان المجتمع الذين حضروا في هذا المهرجان لهذه المرة لديهم فرصة مثيرة للاهتمام. فمنها التجول حول بحيرة سونتر عن طريق السفينة التابعة لقيادة البحرية للجيش البحري الوطني الإندونيسي

إن بعض السكان الذين أتيحت لهم الفرصة ليتجولوا حول بحيرة سونتر بسفينة الجيش البحري الوطني الإندونيسي يشعرون بالسعادة.

“حقا إنها رائعة، فنحن نبحر في البحيرة بل وصلنا إلى نهايتها، وفي الوقت نفسه هي بالمجان.” قالت ذلك إيما إحدى راكبات السفينة إلى صحيفة كومباران.

وقالت أيضا مبينة فرحتها أن البحيرة اليوم أشد نظافة من قبل

Masyarakat yang hadir ke FDS kali ini juga memiliki kesempatan menarik. Salah satunya adalah berkeliling Danau Sunter dengan menjajal kapal milik Komando Lintas Laut Militer TNI AL.
Beberapa warga yang berkesempatan menjajal kapal TNI itu mengaku senang bisa mengarungi Danau Sunter.
“Seru tadi keliling sampai ujung Danau. Naiknya juga gratis tadi, “ tutur Ema salah satu penumpang kapal TNI kepada kumparan.
Ema juga mengaku senang kini Danau Sunter jauh lebih bersih daripada sebelumnya.

تلألؤ مسرح ترفيهي | Gebyar panggung hiburan

 

روائع من مهرجان بحيرة سونتر 5- اندونيسيا اليوم
الصورة: كومبارانج

لقد كان جو باتاوي مندمجا ومرتبطا بالمهرجان لهذه المرة. وهناك عدد من وسائل الترفيه النموذجية من باتاوي أظهرت لحيوية المهرجان.

إنهم جعلوا المجتمع المشاهدون يتذكرون ذكريات ماضية بشخصية بنيامين سويب مع وجود فرقة بيانج كيروك. الفرقة الصاخبة أداء أغاني بنيامين ال تهيج وتزلزل المهرجان.

وتجمع المجتمع حول المنصة الرئيسية لمشاهدة أداء بيانج كيروك.

وبالإضافة إلى ذلك جعلوا المجتمع يعيشون ذكرياتهم بمزاج باتاوي من قبل بيانج كيروك وكذا أنهم يستمتعون بإبداع فرقة والي. فتضرب بعض الأغاني يضرب إلى أسماع المشاهدين فتزيدهم أكثر حيوية تزين المهرجان.

Suasana Betawi begitu lekat dengan FDS kali ini. Sejumlah hiburan khas Betawi ditampilkan untuk memeriahkan FDS.
Masyarakat dibuat bernostalgia dengan sosok Benyamin Sueb dengan kehadiran Band Biang Kerok. Band yang lantang membawakan lagu-lagu Benyamin ini menggebrak panggung FDS.
Masyarakat pun mengerumuni panggung utama untuk menyaksikan penampilan Biang Kerok.
Selain dibuat bernostalgia dengan nuansa Betawi oleh Biang Kerok, masyarakat juga dimanjakan dengan penampilan Wali Band. Beberapa tembang hits Wali terdengar semakin meramaikan gelaran FDS.

روائع إظهار الألعاب التقليدية | Semarak pertunjukan permainan tradisional

 

روائع من مهرجان بحيرة سونتر 6- اندونيسيا اليوم
الصورة: كومبارانج

إن هذا المهرجان ليس لمجرد الترفيه الحضري والسباق بين سوسي وساندي فحسب. بل إنه ساحة لعرض الألعاب التقليدية.

من بينها لعبتا إيغرانج وباكياك اللتان تكادا أن تفنيا في هذا العصر. ولكن في هذا المهرجان يستطيع المجتمع أن يشاهدهما.

لا شك أن كثيرا من الأطفال والشباب والشابات يلعبون هاتين اللعبتين التقليديتين. ويهتمون بلعبتهما وهم حريصون عليهما. رغم أن بعضا منهم لم يجدهما إلا أنهم لم ييأسوا منهما.

ويلاحظ أيضا أن المجتمع يزاحمون مصدر هذه الأدوات التقليدية.

المترجم : أحمد شكري | المحرر: فارس البدر | المصدر: كومباراجغ

FDS tak hanya soal hiburan modern dan adu cepat antara Susi dan Sandi. Tetapi, FDS adalah ajang ketika banyak permainan tradisional dipertontonkan.
Sebut saja egrang dan bakiak. Dua permainan itu kini hampir luntur disapu zaman. Namun, di FDS masyarakat dapat menjumpai dua permainan itu.
Banyak anak-anak dan muda-mudi mencoba permainan tradisional ini. Mereka tampak antusias memainkan dua alat permainan tersebut. Meskipun di antara mereka belum lancar memainkan alat tersebut, mereka tak patah arah untuk mencobanya.
Masyarakat pun terpantau mengerumuni pusat bermain alat-alat tradisional ini
Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares alBadr | Sumber: Kumparan

(4)

تعليقات
Loading...
Click Me