إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

500 من الأيتام يتلقون تبرعات في مسجد بيت السلام BSD

500 Anak Yatim Terima Santunan di Masjid Baitussalam BSD

- الإعلانات -

0 100

تانجيرانج الجنوبية، إندونيسيا اليوم –  حصل 500 يتيم اجتمعوا في مسجد بيت السلام، دي غرين BSD، تانجيرانج الجنوبية، الأحد (2018/06/03).  على تبرعات ملابس إسلامية مع بعض النقود.

الأيتام الذين جاءوا من أجزاء مختلفة من مدينة تانجرانج الجنوبية، استمعوا إلى المحاضرة قبل بدء توزيع التبرعات. “لقد جئت مع مجموعة  منهم من منطقة سيلينجانج”  ، قال ذلك أحمد بايهاقي (8) ، أحد الأيتام الذين حضروا.

يتناسب توزيع التبرعات للأيتام مع الذكرى الثامنة لمسجد بيت السلام. بالإضافة إلى التبرعات، جاء بعض الفضلاء المشهورين مثل الأستاذ ديدين حافظ الدين، والأستاذ سومارنو الشافعي، والأستاذ جوجون جونايدي.

رئيس مؤسسة مسجد بيت السلام، السيد محمد سوريو علم، أوضح أن تقديم التبرعات هو نشاط روتيني في رمضان من كل سنة. لاسيما أن هذا البرنامج يتناسب مع يوم الذكرى الثامن لتأسيس مسجد  بيت السلام.

“إن منح هذه التبرعات بالتعاون مع بازناز، في حين أنه يوم الذكرى ال8  لهذا المسجد. وهو تعبير عن شكرنا عندما نرى المسجد ضخما ومريحا لكل من يريد العبادة فيه.  في بداية البناء، كان عدد المصلين واحد أو اثنان فقط لكنه الآن ممتلئ بل حتى يصل إلى الخارج، يعني ذلك أن هذا المسجد قد تطور في الوقت الحالي”.

وقال رئيس لجنة التبرعات، بودي سودارمونو، إن جزء من التبرع الذي تم جمعه هو من ربح برنامج تسمين الأبقار بالتعاون مع بازناز. وهناك أيضاً مناقشة لأعمال أخرى ليتم جمع التبرعات منها، وهي في شكل تجارة زكاة سوق تجاري (Z-Mart).

“الحمد لله، كان التعاون مع بازناز كان على ما يرام، فقد قمنا بتربية الماشية، ثم هناك أيضا الأغنام التي هي الآن أثناء العمل عليها. وحتى في المستقبل سوف ننشئ Z-مارت الخاص بالأيتام ثم إن نتائج جهودنا توزع على الفقراء. كما قال سودارمونو.

وفي الوقت نفسه، قال ناصر تاجانج مدير توزيع واستخدام بازناز، خلال هذه الفترة يقوم بازناز بالتعاون مع العديد من مؤسسات المسجد ويمكن التوزيع على المجتمع المحيط.

“خلال شهر رمضان، فإننا سوف نبذل الجهود الكبيرة في التنشئة الاجتماعية نحو هذه الزكوات. ولقد أجري البحث وكانت نتائج البحث عام 2011 أن عائدات الزكاة حوالي 217 تريليون، وإذا استطلعنا النمو الاقتصادي حتى عام 2018 فإن عائدات هذه الزكوات حوالي 300 تريليون روبية. في حين أن الذي جمعت من الزكوات وطنيا في عام 2017  ب2.6 تريليون روبية، أو اثنين في المائة. لذلك بوجود مثل هذه الأنشطة الاجتماعية ستكون أقوى وعائدات الزكوات تكون أكبر مقدار ممكن” ، قال ذلك في نفس المكان.

المترجم: أحمد شكري | المحرر: فارس البدر | المصدر: سيندونيوز


Tangerang Selatan, Indonesiaalyoum.com – Sebanyak 500 anak-anak yatim berkumpul di Masjid Baitussalam, The Green BSD, Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu (3/6/2018). Mereka menerima santunan berupa paket pakaian muslim beserta sejumlah uang tunai.

Anak-anak yatim yang datang berasal dari berbagai wilayah di Kota Tangsel, mereka dengan khidmat mendengarkan ceramah sebelum santunan dimulai. “Saya datang bareng rombongan, dari daerah Cilenggang,” tutur Ahmad Baihaqi (8), salah seorang anak yatim yang hadir.

Pemberian santuan terhadap anak yatim itu bertepatan pula dengan peringatan milad Masjid Baitussalam yang ke-8. Selain santunan, rangkaian itu diisi pula oleh tausiyah dari para penceramah kondang seperti ustaz Didin Hafidhuddin, ustaz Sumarno Syafi’i, dan ustaz Jujun Junaedi.

Ketua Yayasan Masjid Baitussalam, H. Mohamad Suryo Alam, menjelaskan, pemberian santunan merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap Ramadhan. Apalagi momentumnya bertepatan pula dengan milad ke-8 Masjid Baitussalam.

“Pemberian santunan ini bekerja sama dengan Baznas, sekaligus milad ke 8 masjid ini. Ini ungkapan rasa syukur kita, melihat masjid ini menjadi megah dan membuat nyaman setiap jamaah yang akan beribadah. Kalau dulu waktu awal-awal dibangun, jamaahnya hanya satu atau dua orang, tapi sekarang sampai penuh dan meluber ke bagian luar, artinya begitu besar peningkatan masjid ini sekarang,” katanya.

Ketua Panitia Pelaksana santunan, Budi Sudarmono menambahkan, eluruh donasi yang terkumpul sebagiannya merupakan hasil keuntungan dari program penggemukan sapi yang bekerja sama dengan Baznas. Selanjutnya, usaha lainnya pun tengah digodok, yakni berbentuk usaha perdagangan Zakat Market (Z-Mart).

“Alhamdulillah kerja sama dengan Baznas selama ini berlangsung sesuai target perencanaan, artinya kita sudah jalani program penggemukan sapi, lalu ada juga untuk domba yang sekarang sedang berjalan. Bahkan dalam waktu dekat, kita akan membuat Z-Mart, yang pengelolaannya melibatkan anak-anak yatim-piatu, dan hasil usahanya kita salurkan untuk kaum fakir miskin,” ujar Sudarmono.

Sementara itu, Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas, Nashir Tajang mengungkapkan, selama ini Baznas bekerja sama dengan banyak yayasan masjid yang berpotensi membina ummat disekitarnya.

“Selama bulan puasa ini, kami akan memaksimalkan sosialisasi terhadap zakat ini. Hasil penelitian tahun 2011 potensi zakat sekitar 217 triliun, kalau kita ekstrapolasi dengan pertumbuhan ekonomi sampai tahun 2018 jadi potensi zakat itu sekira Rp300 triliun. Sementara yang berhasil dihimpun secara nasional itu tahun 2017 baru Rp6,2 triliun, atau dua persen. Jadi dengan adanya kegiatan seperti ini sosialisasinya akan semakin gencar, dan potensi zakat akan terhimpun,” ucapnya di lokasi yang sama.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares Al Badr | Sumber: Sindonews

(4)

تعليقات
Loading...
Click Me