آثار زلزال لومبوك بالصور

Potret Dampak Gempa 7 SR yang Mengguncang Lombok

0 996

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  أسفر زلزال بقوة 7 درجات على مقياس ريختر في لومبوك، نوسا تنجارا الغربية، يوم الأحد (5/8) ،  لتضرر عدد كبير من المباني وسقط فيه عدد من الضحايا. وفيما يلي صور تظهر حجم  الدمار الذي خلفه الزلزال:

آثار زلزال لومبوك بالصور1

1. قال رئيس الوكالة الوطنية لإدارة الكوارث (BMKG)، أن الزلزال بقوة 7 درجات على مقياس ريختر هز جزيرة لومبوك، نوسا تينجارا الغربية (NTB)، يوم الأحد (5/8) كان يمكن أن يؤدي إلى تسونامي على الرغم من أن مركز الزلزال على الأرض. السبب هو مصدر الزلازل ليست نقطة ولكن منطقة صدع مستمر يمتد إلى منطقة الصدع أو الصخور المتصدعة،التى تمتد إلى قاع البحر بالقرب من شاطئ لومبوك في الشمال.

آثار زلزال لومبوك بالصور2

2. كما تسبب الزلزال الذي بلغت شدته 7 درجات على مقياس ريختر في الهلع في مطار لومبوك الدولي، نوسا تنجارا الغربية. وتم إجلاء الركاب الذين كانوا يستعدون لركوب طائرة في رحلة جوية من مطار لومبوك الدولي إلى خارج المبنى.

آثار زلزال لومبوك بالصور3

3. أسفر الزلزال أيضا عن تضرر عدد من المباني في جيلي تراوانجان. وإحدى، المبانى يطل على شاطئ جيلي تراوانجان.

آثار زلزال لومبوك بالصور4

4. ما بقي من المنازل التي انهارت بسبب الزلزال بقوة 7 درجات على مقياس ريختر في جزيرة لومبوك.

آثار زلزال لومبوك بالصور5

5. سار السياح حاملين أمتعتهم أمام منازل السكان الذين تضرروا بسبب الزلزال الذي وقع في لومبوك، نوسا تنجارا الغربية.

آثار زلزال لومبوك بالصور6

6. كما تسبب الزلزال في تضرر عدد من دور العبادة بشدة. وعلى وجه الخصوص مسجد الإنسان.

آثار زلزال لومبوك بالصور7

7. كما تسبب الزلزال في تضرر عدد من الطرق بشكل كبير.

آثار زلزال لومبوك بالصور8

8. لم يقتصر الأمر على جزيرة لومبوك، بل وصلت آثار الزلزال أيضا إلى جزيرة بالي حتى أن سقف مطار نغوراه راي تضرر  أيضا.

آثار زلزال لومبوك بالصور9

9. تضرر عدد من مباني ومنازل السكان جراء الزلزال الذي هز مر لومبوك. وقد شوهدت الدراجات النارية التي يملكها السكان تضررت بشدة بسبب حطام المباني.

آثار زلزال لومبوك بالصور10

10. سجلت الوكالة الوطنية لإدارة الكوارث إجمالي عدد القتلى 98 شخصا، منهم 96 شخصا في جزيرة لومبوك و شخصين في جزيرة بالي. وأصيب ما مجموعه 209 شخص، وتضررت آلاف المنازل جراء الزلزال .

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشايقي | المصدر: ديتيك


Lombok, Indonesiaalyoum.com – Gempa 7 SR di Lombok, NTB, Minggu (5/8), mengakibatkan sejumlah bangunan rusak parah hingga memakan korban jiwa. Berikut potret dampak gempa tersebut:

1. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan gempa 7 SR di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (5/8) berpotensi tsunami meski letak episenternya berada di darat. Penyebabnya sumber gempa bumi bukanlah suatu titik tetapi merupakan bidang patahan yang menerus atau melampar memanjang hingga bidang patahan atau robekan batuan tersebut masuk di dasar laut di dekat Pantai Lombok di bagian utara.

2. Gempa berkekuatan 7 SR itu juga mengakibatkan kepanikan para penumpang Bandara Lombok, NTB. Penumpang yang akan naik pesawat di Bandara Internasional Lombok pun dievakuasi ke luar gedung.

3. Gempa 7 Skala Richter yang mengguncang Lombok mengakibatkan kerusakan sejumlah bangunan di Gili Trawangan. Salah satunya, bangunan di tepi pantai Gili Trawangan.

4. Ini salah satu penampakan rumah yang ambruk akibat gempa 7 SR di Lombok tersebut.

5. Para turis berjalan membawa kopernya di depan rumah warga yang rusak akibat gempa di Lombok, NTB.

6. Gempa itu juga mengakibatkan sejumlah bangunan ibadah rusak parah. Salah satunya bangunan masjid Al-Insan ini.

7. Gempa itu juga mengakibatkan sejumlah ruas jalan mengalami rusak parah.

8. Tak hanya di Lombok, gempa itu juga terasa hingga di Bali. Bahkan plafon Bandara Ngurah Rai juga berjatuhan.

9. Sejumlah bangunan dan rumah warga ikut rusak akibat guncangan gempa yang berpusat di Lombok itu. Terlihat motor milik warga rusak parah akibat terkena puing-puing bangunan.

10. BNPB mencatat total korban meninggal dunia 98 orang, 96 orang di Lombok dan 2 orang di Bali. Sebanyak 209 orang luka-luka, dan ribuan rumah rusak akibat gempa Lombok 7 SR.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor:  Talal Al-Shaigi | Sumber: detik

تعليقات
Loading...