أنيس باسويدان: نحتاج 465 مليون روبية لإصلاح حدائق جاكارتا بَعد أحداث 22 مايو

Anies: Biaya Perbaikan Taman Dampak Kerusuhan 22 Mei Rp 465 Juta

0 438

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – أعلن محافظ العاصة جاكارتا أنيس باسويدان أن المدينة سوف تتحمل 465 مليون روبية إندونيسية لإصلاح الحدائق التي تَلفت بسبب أعمال الشغب يوم 22 مايو.

قال أنيس في لقاء عُقد معه يوم الجمعة (24/05/2019) في مَقر ادارة المحافظة بشارع ميدان ميرديكا الجنوبي في جاكارتا الوسطى: “وَصلت الخسائر المادية إلى 465 مليون روبية إندونيسية، حيث أننا سَوف نتحمل هذا المبلغ لتصليح الحدائق التي تضررت بسبب أعمال الشغب”.

أكد أنيس على أن ميزانية المحافظة لن تتأثر بذلك المبلغ بسبب وجود ميزانية مسبقة لإصلاح غابات وحدائق جاكارتا بشكل عام مِن وزارة الغابات. ولكن بسبب أعمال الشغب سوف يَتم صَرف تِلك الميزانية على الحدائق التي تضررت.

قال أنيس: “لا نحتاج لميزانية جديدة لعملية إصلاح الحدائق، فتلك الحدائق سوف تجدد عاجلًا أم آجلًا وميزانية تجديدها موجودة مِن قبل ذلك. ولكن تِلك الأحداث جعلتنا نقوم بعملية التجديد قبل الموعد المحدد قبل ذلك”.

ذكر أنيس أن حدائق جاكارتا تضررت بشكل عام خاصة حدائق منطقة تمرين، ولكن لم يَذكر أي منها على وجه التحديد.

يأسف أنيس لما حدث في 22 مايو، حيث أن الشغب أضر بمرافق الشوارع بداية مِن حواجز الشوارع حتى الحدائق.

قال أنيس: “إنه شئ مؤسف للغاية، خاصة وإننا رأينا آثاره الجانبية. ولكن الأهم مِن ذلك هو أن نبقى في سلام”.

يأمل أنيس أن تُسرِع الشرطة في التحقيق لتعرف مرتكبي تِلك الأحداث والعقول المدبرة لها. أكمل أنيس حديثه: “نأمل جميعًا أن ينتهي التحقيق سريعًا لنعرف مَن المسؤول عن أعمال الشغب أمس”.

المترجم : محمد علي | المصدر: وكالة نيوز ديتيك الإخبارية


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan sejumlah taman terkena dampak akibat kerusuhan 22 Mei. Baya perbaikan taman dan pagar itu senilai Rp 465 juta.

“Jadi terutama pada taman yang paling banyak itu adalah kerugian kerusakan taman dan pagar itu Rp 465 juta. Itu angka perbaikan, nilai perbaikannya Rp 465 juta. Kemudian itu yang biaya langsung terkena dari kejadian kemarin,” ujar Anies, di Balai Kota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat, (24/5/2019).

Anies mengatakan Pemprov DKI tidak perlu lagi menganggarkan Rp 465 juta itu karena sudah termasuk dalam anggaran perbaikan taman Dinas Kehutanan DKI Jakarta. Dinas Kehutanan memiliki anggaran untuk mengganti tanaman secara berkala. Namun karena kejadian kemarin, dana perbaikan tersebut dikeluarkan lebih awal.

“Nggak perlu (dianggarkan lagi), dan sebetulnya juga taman-taman itu pasti akan digantiin juga. Jadi bukan sesuatu yang harus pengadaan, bukan. Itu memang tanaman itu sudah disiapkan untuk dipasang lagi, kebetulan baru kejadian dipasang lebih awal. Tapi anggaran sudah ada, sudah dialokasikan dan harus dipakai,” ujarnya.

Meski begitu, Anies menyebut tanaman di kawasan Thamrin rusak akibat kerusuhan itu. Anies tidak menyebutkan taman mana saja yang rusak.

Anies menyayangkan adanya kerusuhan pada 22 Mei lalu. Kerusuhan tersebut berdampak pada kerusakan fasilitas umum seperti pembatas jalan hingga taman.

“Ya sebetulnya benturannya saja disayangkan. Itu kan side effect-nya (taman rusak). Tapi yang sebenarnya mendasar adalah seharusnya damai,” kata Anies.

Anies berharap polisi dapat menyelidiki pelaku dan dalang kerusuhan secara tuntas. “Kita semua berharap nanti penyelidikan setelah tuntas. Kita akan tahu orang-orang yang bertanggung jawab sebagai pemancing terjadinya kerusuhan kemarin,” imbuhnya.

Penerjemah: Mohamed Ali | Sumber: detik

تعليقات
Loading...