الاجتماع الثلاثي يقر إعلان بوغور للسلام

0 807

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – اتفق الاجتماع الثلاثي بين إندونيسيا وأفغانستان وباكستان على إقرار إعلان بوغور للسلام الذي يدعم تحقيق السلام في أفغانستان.

قد يهمك: الرئيس الإندونيسي يدين قرار نقل السفارة الأمريكية إلى القدس

تلا اعلان بوغور للسلم ممثل علماء أفغانستان، عطا الله لودين والأستاذ الدكتور قريش شهاب بالتناوب بعد اختتام الاجتماع على الشرفة الخلفية بقصر بوغور، جاوة الغربية، الجمعة.

ووفقًا لنائب الرئيس الإندونيسي، محمد يوسف كالا، فإن قراءة إعلان بوغور للسلام يعد خطوة أولى نحو عملية تحقيق السلام.

وقال نائب الرئيس الإندونيسي، “هذه هي الخطوة الأولى، وما زال الطريق طويلا، ولكنها جيدة كونه خطوة أولى لحل الصراع، وبشهادة جميع العلماء (الحاضرين) “.

قد يهمك: الفنانون يشاركون في مظاهرة 115 للدفاع عن فلسطين

علاوة على ذلك، أوضح نائب الرئيس أيضا أن الاجتماع كان يتحدث فقط عن المشاكل العامة في أفغانستان. وأوضح أن ما تم تقديمه في هذا الاجتماع بمثابة الاقتراحات من كل من المنظمات الدينية أو مجلس العلماء الإندونيسي بموافقة الحكومة.

وردا على سؤال حول حضور ممثل من طالبان، أوضح نائب الرئيس أنه لا يوجد لكن طالبان تدعم السلام.

وقال نائب الرئيس، “إن شاء الله إذا تحقق السلام هذا العام يكون الأمر عظيما”.

ومع ذلك ، أضاف يوسف كالا أنه بناء على خبرته في حل الصراعات المختلفة ما زلنا في حاجة إلى الوقت لإجراء المفاوضات التالية.

قد يهمك: تفرق المتظاهرين للدفاع عن فلسطين عن ساحة موناسبعد صلاة الجمعة

“المهم، نشجع الدول التي فيها صراع للقيام بالمحادثات والمفاوضات معا من أجل تحقيق السلام. وإندونيسيا تشجعها على ذلك.” قال نائب الرئيس الإندونيسي.

وقام إعلان بوغور للسلام على الآتي:

أولاً ، الإسلام دين سلام وتسامح واعتدال. كلمة الإسلام تعني التحية والسلام. لذلك سيظل المسلمون الحقيقيون يحبون السلام.

ثانيا، يدعو المسلمين إلى رسالة السلام والرحمة والتعاطف. نحن ندعم أفغانستان لتحقيق السلام الذي يشجعه العلماء.

ثالثًا، السلام من أوامر الله تعالى ونصيحته فيجب حل الصراع عن طريق الشورى. نحن نقدر الدول المحيطة بالمنطقة والعالم الإسلامي والدول الدولية على دعمها للسلام في أفغانستان.

قد يهمك: أنيس يؤدي صلاة الجمعة جماعة مع المتظاهرين في عملية 115

رابعاً ، ندعو جميع الأطراف إلى المشاركة مباشرة في حل الصراع وتحقيق السلام عن طريق الشورى لأن الشورى من خصائص الإيمان.

خامسا، يلعب العلماء دورا مهما لتوريث القيم الإسلامية. ويلعب العلماء دورا مهما في السلام.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر: صحيفة أنتارا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Pertemuan Ulama Trilateral Indonesia-Afghanistan-Pakistan sepakat membacakan Deklarasi Perdamaian Bogor yang mendukung tercapainya perdamaian di Afghanistan.

Deklarasi Perdamaian Bogor dibacakan secara bergantian oleh perwakilan ulama Afghanistan, Ataullah Lodin dan Prof. DR Quraish Shihab usai penutupan di tangga teras belakang Istana Bogor, Jabar, Jumat.

Menurut Wapres M Jusuf Kalla dengan pembacaan Deklarasi Perdamaian Bogor tersebut merupakan langkah awal untuk menuju proses lanjut dalam rangka mencapai perdamaian.

“Ini langkah awal. Ini masih panjang tapi bagus pernyataan awal sebagai payung, agar sepakat menyelesaikan konik. Dan semua ulama (yang hadir) sepakat,” kata Wapres.

Lebih lanjut Wapres juga menjelaskan bahwa pertemuan kali ini baru membicarakan masalah-masalah umum di Afghanistan. Wapres juga menjelaskan bahwa apa yang dibawa dalam pertemuan ini merupakan usulan dari masing-masing organisasi ulama atau MUI masing-masing dengan persetujuan pemerintah.

Ketika ditanyakan apakah ada perwakilan dari Taliban yang hadir, Wapres menjelaskan bahwa secara khusus tidak ada tapi Taliban mendukung adanya perdamaian.

“Insya Alloh kalau bisa tahun ini (perdamaian tercapai) itu akan bagus sekali,” kata Wapres.

Namun, tambah JK berdasarkan pengalamannya menyelesaikan berbagai konik masih diperlukan waktu untuk proses perundingan selanjutnya.

“Intinya kita, mendorong agar yang berkonik itu mau membicarakan bersama-sama, berunding untuk mencapai perdamaian. Dan Indonesia mendorong perdamaian itu,” kata Wapres.

Sementara itu point-point isi Deklarasi Perdamaian Bogor antara lain: Pertama, Islam adalah agama damai, toleran dan moderat. Kata Islam sendiri berarti salam dan perdamaian. Karena itu para Islam sejati akan selalu mencintai perdamaian.

Kedua, umat Islam menyerukan pesan perdamaian belas kasih dan kasih sayang. Kami mendukung Afghanistan untuk mencapai perdamaian yang di dorong oleh para ulama.

Ketiga, perdamaian adalah peritah dan anjuran Alloh sehingga semua konik harus diselesaikan dengan musyawarah. Kami mengapresiasi negara sekitar kawasan, dunia Islam dan negara internasioal atas dukungan agar tercapainya perdamaian di Afghanistan.

Keempat, kami meyerukan semua pihak untuk ikut langsung dalam penyelesaian konik dan perdamaian dengan musyawarah karena musyawarah itu ciri-ciri keimanan.

Kelima, ulama memegang peran penting untuk mewariskan nilai-nilai Islam. Ulama memegang peran penting dalam perdamaian.

Translated by: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alSahiqi | Source: Antara

تعليقات
Loading...