إندونيسيا وبروناي وافقتا على استكمال مذكرة التفاهم لحماية العمال المهاجرين الإندونيسيين في نهاية هذا العام

RI-Brunei Sepakat MoU Perlindungan TKI Selesai Akhir Tahun

0 856

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – اتفقت اندونيسيا وبروناي دار السلام على استكمال مذكرة التفاهم لحماية العمال المهاجرين الإندونيسيين قبل نهاية عام 2018. وتم التوصل إلى الاتفاق عندما التقت وزيرة الخارجية الإندونيسية ريتنو مرسودي مع وزير الخارجية البروناوي إيروان يوسف في مبنى بانجاسيلا، وزارة الشؤون الخارجية، يوم الجمعة (20/7).

“اتفقت بروناي على استكمال مذكرة التفاهم قبل نهاية هذا العام. وعلى أقل تقدير، هذا الجدول الزمني يكون معيار بالنسبة لنا [إندونيسيا] لمواصلة تكثيف المفاوضات”، قالت ريتنو للصحفيين بعد استقبال الوزير إيروان.

وقالت ريتنو إن مذكرة التفاهم ركزت على توظيف العمال المهاجرين الإندونيسيين. وأوضحت أن مذكرة التفاهم لا تغطي فقط العمال الإندونيسيين في قطاع المعلومات، بل أيضا العمال المؤهلين الإندونيسيين في بروناي.

وفقا لريتنو، فإن حماية المواطنين الإندونيسيين هي إحدى أولويات الحكومة نظرا إلى العدد الكبير من المواطنين الإندونيسيين الذين يعيشون ويعملون في بروناي. استنادا إلى بيانات وزارة الشؤون الخارجية الإندونيسية، هناك ما لا يقل عن 83 ألف مواطن إندونيسي في بروناي من إجمالي 417 ألف نسمة من سكان بروناي.

“فخمس سكان بروناي من المواطنين الإندونيسيين. ويمكننا أن نرى مدى أهمية استكمال هذه المذكرة. السلطان حسن بلقيه نفسه عندما التقى مع الرئيس جوكوي في جاكرتا، شهر مايو الماضي، عبر عن مدى أهمية اكمال مذكرة التفاهم بين البلدين”، قالت ريتنو.

وفي بيان صحفي مع ريتنو، عبر الوزير إيروان أيضا عن التزام بروناي رغبته في الإسراع بإكمال مذكرة التفاهم.

ويعتقد أن مذكرة التفاهم تعتبر إحدى الطرق لتعزيز التعاون الاقتصادي بين جاكرتا وبندر سيري بيغاوان في المستقبل.

“أنا أؤكد إلى الوزيرة ريتنو أن بروناي أيضا ترغب في اكمال هذه الاتفاقية بحيث يتم حماية العمال الإندونيسيين الذين ساهموا في النمو الاقتصادي لبروناي”، قال إيروان.

بالإضافة إلى قضية حماية المواطنين الإندونيسيين، ناقش الوزيران أيضا تعزيز التعاون الاقتصادي، خاصة في مجال الاستثمار. وهو إحدى القطاعات التي تستهدفها بروناي موضوع الاستثمار السياحي في إندونيسيا.

اتفق البلدان على زيادة الاستثمار والتعاون في تطوير 10 وجهات سياحية جديدة في إندونيسيا أو غالبا ما يطلق عليه اسم 10 بالي جديدة، وهي أحد الأفكار الذي أطلقها الرئيس جوكو ويدودو.

وتلك العشر  تشمل بحيرة توبا، وبليتونغ، وتانجونج لسونغ، وجزر ألف، وبوروبودور، وجبل برومو، ومانداليكا لومبوك، وجزيرة كومودو، والحديقة الوطنية واكاتوبي، وموروتاي.

وفيما يتعلق بالتعاون السياحي، أكد إريوان أيضا على أن كلا البلدين بحاجة إلى تكثيف الاتصال. وفقا له، دون الاتصال الكافي أو طرق النقل بين البلدين، فإن مجال السياحة لن ينمو بسرعة.

وكانت إحدى خطوط الطيران الاندونيسية، سريويجايا أير، وقعت مؤخرا مذكرة تفاهم مع شركة بيليت بوميبوترا الهندسية سدنبهد لفتح رحلات طيران عارض من بندر سيري بيغاوان الى باليكبابان، كاليمانتان.

“لتعزيز السياحة يجب أن يكون هناك اتصال جيد، ليس فقط لجلب سياح بروناي إلى إندونيسيا، لكن العكس أيضا. ولذلك، يحتاج إلى التعاون في الاتصال بين البلدين” قال إيروان.

وبالإضافة إلى الاقتصاد، قالت ريتينو إن إندونيسيا وبروناي اتفقتا على تعزيز التعاون في القضاء على الجريمة عبر الحدود الدولية والاتجار بالبشر وتهريب المخدرات والإرهاب.

في السياق الاستراتيجي، قالت ريتنو إن بروناي تنوي شراء عدد من المنتجات العسكرية الإندونيسية.

“وعندما زار سلطان بروناي اندونيسيا في شهر مايو الماضي، أبدى رغبته لإمكانية شراء المنتجات العسكرية الإندونيسية. ومن المؤكد أن الامر ما زال قيد الدراسة، إن العملية تخضع للدراسة واتفقنا على تسريع هذه المفاوضات”، قالت ريتنو.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر: سي إن إن إندونيسيا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Indonesia dan Brunei Darussalam sepakat merampungkan nota kesepahaman (MoU) Perlindungan Pekerja Migran Indonesia sebelum akhir 2018. Kesepakatan itu dicapai saat Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bertemu dengan Menlu Brunei Erywan Yusof di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri RI, Jumat (20/7).

“Pihak Brunei menyanggupi untuk menyelesaikan MoU itu sebelum akhir tahun ini. Paling tidak, timeline ini yang akan jadi patokan untuk kita [Indonesia] terus dorong negosiasi dapat diintensifkan,” kata Retno kepada wartawan usai menerima kedatangan Erywan.

Retno mengatakan nota kesepahaman ini berfokus pada proses penempatan mereka. MoU ini, paparnya, tak hanya mencakup pekerja Indonesia di sektor informa tapi juga tenaga profesional yang bekerja Negeri Petro Dollar itu.

Menurut Retno perlindungan warga Indonesia menjadi salah satu prioritas pemerintah melihat banyaknya jumlah WNI yang tinggal dan bekerja di Brunei. Berdasarkan data Kemlu RI, sedikitnya 83 ribu orang dari total 417 ribu penduduk Brunei merupakan WNI.

“Satu per lima penduduk Brunei adalah WNI. Kita bisa lihat seberapa pentingnya MoU ini harus diselesaikan. Sultan Hassanal Bolkiah sendiri saat bertemu Presiden Jokowi di Jakarta Mei kemarin menyampaikan betapa pentingnya MoU ini dirampungkan kedua negara,” kata Retno.

Dalam pernyataan pers bersama Retno seusai pertemuan, Erywan juga mengungkapkan komitmen Brunei merampungkan MoU ini.

Dia menganggap MoU ini merupakan salah satu cara untuk memperkuat kerja sama ekonomi antara Jakarta dan Bandar Seri Begawan ke depannya.

“Saya yakinkan kepada bu Retno bahwa Brunei juga sama-sama ingin menyelesaikan MoU ini agar para pekerja Indonesia yang selama ini berkontribusi juga pada pertumbuhan ekonomi Brunei selalu terlindungi,” tutur Erywan.

Selain isu perlindungan WNI, kedua menlu turut membahas penguatan kerja sama ekonomi, terutama dalam bidang investasi. Salah satu bidang yang dibidik Brunei yakni investasi pariwisata Indonesia.

Kedua negara sepakat memperbanyak investasi dan kerja sama pembangunan 10 destinasi wisata baru di Indonesia atau yang kerap disebut proyek 10 New Bali, salah satu ide yang digagas Presiden Joko Widodo.

Sepuluh destinasi wisata prioritas tersebut mencakup Danau Toba, Belitung, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Candi Borobudur, Gunung Bromo, Mandalika Lombok, Pulau Komodo, Taman Nasional Wakatobi, dan Morotai.

Soal kerja sama pariwisata, Erywan juga menekankan bahwa kedua negara perlu mengintensifkan kerja sama konektivitas secara bersamaan. Menurutnya, tanpa konektivitas atau jalur perhubungan yang memadai antara kedua negara, bidang pariwisata tidak akan cepat berkembang.

Salah satu maskapai Indonesia, Sriwijaya Air, baru-baru ini juga meneken MoU dengan Syarikat Kejuruteraan Bumiputra Belait Sdn Bhd untuk membuka penerbangan charter dari Bandar Seri Begawan menuju Balikpapan, Kalimantan.

“Untuk memperkuat pariwisata harus ada konektivitas yang bagus tidak hanya untuk memboyong turis Brunei ke Indonesia, tapi juga sebaliknya. Maka dari itu, kerja sama konektivitas perlu diperkuat kedua negara,” kata Erywan.

Selain ekonomi, dalam kesempatan itu Retno juga mengatakan Indonesia dan Brunei sepakat memperkuat kerja sama membasmi kejahatan lintas-batas seperti perdagangan manusia, penyeludupan obat-obatan terlarang, dan terorisme.

Dalam konteks strategis, Retno mengatakan Brunei tengah menjajaki rencana pembelian sejumlah produk militer Indonesia.

“Saat Sultan Brunei ke Indonesia Mei kemarin, beliau juga menyampaikan keinginan awal untuk kemungkinan membeli produk militer Indonesia. Tentunya ini masih ditindaklanjuti ya, proses sedang berjalan dan kami sepakat mempercepat negosiasi ini,” ujar Retno.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor:  Talal alSahiqi | Sumber:  cnnindonesia

تعليقات
Loading...