البنك الدولي يقدم 9.6 تريليون روبية للاجئي الروهينجا

Bank Dunia Sediakan Rp 6,9 Triliun untuk Pengungsi Rohingya

0 797

كوكس بازار، إندونيسيا اليوم – سيقدم البنك الدولي حوالي 480 مليون دولار أمريكي أو 6.9 تريليون روبية لدعم احتياجات لاجئي الروهينجا في بنغلاديش. وتشمل هذه المساعدة الصحة والتعليم والمياه والمرافق الصحية والحماية الاجتماعية.

وافق مجلس البنك الدولي على منحة قدرها 50 مليون دولار لتوسيع مشروع دعم القطاع الصحي في بنغلاديش. هذه هي الإسعافات الأولية في سلسلة تصل إلى 480 مليون دولار أمريكي.

تشمل منح القطاع الصحي المساهمات بموجب شراكة بين كندا ومجموعة التنمية التابعة للبنك الدولي. وهذا ما سيساعد لاجئي الروهينجا في بنغلاديش على تلقي خدمات صحة الأم والطفل والتغذية والولادة والمراهقة. سيكون هناك أيضا برامج رعاية الصحة الإنجابية ودعم تنظيم الأسرة.

سيشمل دعم المؤسسة الدولية للتنمية (IDA) حوالي 400 مليون دولار أمريكي بتقديم منح لمساعدة بنغلاديش على التغلب على الأزمة. المؤسسة الدولية للتنمية هي صندوق مصرفي لأفقر دول العالم.

منذ أغسطس الماضي، فر أكثر من 700 ألف من الروهينجا من العنف في ميانمار.  وقد لجأوا إلى منطقة كوكس بازار في بنغلاديش. مما يجعل كوكس بازار أكبر وأسرع مخيم للاجئين في العالم.

وقال رئيس البنك الدولي جيم يونج كيم في بيان “تأثرنا بشدة بمعاناة الروهينجا ونحن على استعداد لمساعدتهم حتى يتمكنوا من العودة إلى ديارهم بطريقة آمنة وطوعية وكريمة.”

وأضاف إن البنك الدولي سيدعم أيضا شعب بنغلاديش. وتقول وزيرة التنمية الدولية الكندية ماري كلود بيبيو إن أي صندوق تبرعت به كندا سيستخدم لدعم خدمات الصحة والتغذية واللاجئين.

من المقرر أن يزور كيم والأمين العام للأمم المتحدة أنطونيو جوتيريس بنغلاديش في 1-2 يوليو.  وسوف ينظرون مباشرة إلى شدة الأزمة ويناقشوا الخطوات التي يجب اتخاذها للتغلب عليها.

المترجم : أحمد شكري | المحرر : فارس البدر  | المصدر : ريبوبليكا


Cox’s Bazar, Indonesiaalyoum.com – Bank Dunia akan menyediakan dana hingga 480 juta dolar AS atau Rp 6,9  triliun untuk membantu kebutuhan pengungsi Rohingya di Bangladesh. Ini termasuk bantuan untuk kesehatan, pendidikan, air, sanitasi dan perlindungan sosial.

Dewan Bank Dunia menyetujui hibah 50 juta dolar AS untuk menambah proyek dukungan sektor kesehatan yang ada di Bangladesh. Ini bantuan pertama dalam sebuah rangkaian yang dapat mencapai 480 juta dolar AS.

Hibah sektor kesehatan termasuk kontribusi berdasarkan kemitraan antara Kanada dan kelompok International World Bank’s Development Association. Ini akan membantu pengungsi Rohingya di Bangladesh menerima layanan kesehatan dan gizi ibu, persalinan, bayi, anak, dan remaja. Selain itu juga akan ada program perawatan kesehatan reproduksi dan dukungan keluarga berencana.

Dukungan dari International  Development Association (IDA), akan mencakup hingga 400 juta dolar AS dengan syarat hibah untuk membantu Bangladesh mengatasi krisis. IDA merupakan dana bank untuk negara-negara termiskin di dunia.

Sejak Agustus lalu, lebih dari 700 ribu Muslim Rohingya melarikan diri dari kekerasan di Myanmar. Mereka berlindung di Distrik Cox’s Bazar di Bangladesh. Ini menjadikan Cox’s Bazar menjadi kamp pengungsi terbesar dan paling cepat berkembang di dunia.

“Kami sangat tersentuh penderitaan orang-orang Rohingya dan siap membantu mereka sampai mereka dapat kembali ke rumah dengan cara yang aman, sukarela, dan bermartabat,” kata Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim dalam sebuah pernyataan.

Ia menambahkan Bank Dunia juga akan mendukung rakyat Bangladesh. Menteri Pembangunan Internasional Kanada Marie-Claude Bibeau mengatakan setiap dana yang disumbangkan oleh Kanada akan digunakan mendukung layanan kesehatan, gizi dan populasi bagi para pengungsi.

Kim dan Sekretaris Jenderal PBB António Guterres dijadwalkan mengunjungi Bangladesh pada 1-2 Juli. Mereka akan melihat langsung  tingkat keparahan krisis dan membahas langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi itu.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares Al Badr | Sumber: Republika

تعليقات
Loading...