الذكرى السنوية للإمبراطور و 60 سنة من العلاقات الدبلوماسية فرصة لتعزيز التعاون بين اليابان وإندونيسيا

HUT Kaisar dan 60 Tahun Hubungan Diplomatik jadi momentum perkuat kerja sama Jepang-Indonesia

0 762

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – قال سفير اليابان لدى اندونيسيا ماساكاتسو ايشي إن عيد ميلاد الإمبراطور أكيهيتو الـ 85 والذكرى الستين للعلاقات الدبلوماسية بين اليابان وإندونيسيا في عام 2018 فرصة لتعزيز التعاون بين البلدين.

وقال إيشي في حفل إحياء ذكرى الإمبراطور أكيهيتو في جاكرتا، ليلة الخميس (22/11) “إن كلا هذين الاحتفالين يمثلان فرصة ودافع لنا لنكون أقرب، وأكثر حميمية، ويمكن تسمية هذه السنة بسنة الشراكة”.

وفقا لإيشى، متابعة الزخم فى عام 2018، تناقش اليابان وإندونيسيا حاليا “مشروع 2045” للتنبؤ بمستقبل الدولتين لـ 27 سنة قادمة، وتحديد مجالات التعاون المختلفة التى يمكن تحسينها.

وقال “في ذلك الوقت، وفي الاحتفال بيوم استقلال إندونيسيا المائة، أعتقد أن الناتج المحلي الإجمالي لإندونيسيا سيكون رابع أكبر اقتصاد في العالم، وستكون اليابان وإندونيسيا قوة بحرية متوسطة قادرة على تحقيق الرخاء بما يتجاوز أهداف التنمية المستدامة”.

ويستند أحد التفاؤلات إلى نمو الاقتصادي بإندونيسيا الذي يقاوم نسبياً الاضطرابات العالمية، والتي يتوقع أن تصل في عام 2019 إلى 5.1 %.

وقال “أنا شخص يؤمن حقا بمستقبلنا المشرق وآمل أن تكون كذلك.”

وفي تلك المناسبة، صرح إيشي أيضا عن تعازيه في كارثة الزلزال وأمواج تسونامي في بالو ومناطق عديدة في وسط سولاويسسي في أكتوبر 2018، وكرر التزام اليابان بمساعدة عملية إعادة التأهيل وإعادة الإعمار.

وقال “ستستكمل اليابان قريبا خطة” لإعادة البناء بشكل أفضل “وأتمنى أن يتم الانتهاء من إعادة الإعمار في أقرب وقت ممكن.”

في الذكرى الخامسة والثمانين لاستقبال الإمبراطور أكيهيتو، كان نائب الرئيس يوسف كالا حاضراً كضيف لشرف وممثل للحكومة والشعب الإندونيسي ليتمنوا له حياة طويلة وسعيدة.

و اعتبر السفير إيشي حضور نائب الرئيس يوسف كالا في حفل الاستقبال، شرف عظيم لليابان وأصبح رمزا للعلاقات الوثيقة بين البلدين.

وقال ايشي الذي استقبله بضحكات نائب الرئيس يوسف كالا والحاضرين “هذه المرة ستكون على الأرجح الفرصة الاخيرة للترحيب بكم كنائب للرئيس لكننا سنظل ندعوكم في المستقبل أيا كان الموقف الذي ستحصلون عليه فيما عدا ما لم تطلبوا منا التوقف عن مضايقتك.

المترجمة: فتحية غزالي | المحرر: فارس البدر | المصدر: وكالة أنتارا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masakatsu Ishii mengatakan Hari Ulang Tahun Kaisar Akihito yang ke-85 dan peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Jepang-Indonesia pada 2018 menjadi momentum untuk memperkuat kerja sama kedua negara.

“Kedua perayaan ini adalah momentum bagi kita untuk menjadi lebih dekat, lebih akrab, suatu masa yang seharusnya kita sebut sebagai tahun kemitraan bersama,” kata Ishii dalam resepsi HUT Kaisar Akihito di Jakarta, Kamis malam (22/11).

Menurut Ishii, menindaklanjuti momentum pada 2018, saat ini Jepang dan Indonesia tengah membahas “Project 2045” untuk memprediksikan masa depan kedua negara 27 tahun yang akan datang, dan mengidentifikasi berbagai bidang kerja sama yang bisa ditingkatkan.

“Saat itu, pada perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-100, saya percaya PDB Indonesia akan menjadi terbesar keempat di dunia, dan Jepang-Indonesia akan menjadi kekuatan maritim menengah yang mampu mencapai kesejahteraan yang melampaui SDGs,” kata dia.

Optimisme itu salah satunya didasarkan pada pertumbuhan ekonomi Indonesia yang relatif tahan terhadap gejolak global, yang pada 2019 diprediksikan sebesar 5,1 persen.

“Saya adalah orang yang sangat percaya pada masa depan kita yang cerah dan saya harap Anda pun demikian,” kata dia.

Dalam kesempatan itu, Ishii juga menyampaikan belasungkawa atas musibah bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan beberapa wilayah di Sulawesi Tengah pada Oktober 2018, serta kembali menegaskan komitmen Jepang untuk membantu proses rehabilitasi dan rekonstruksi.

“Jepang akan segera menyelesaikan rancangan cetak biru untuk ‘membangun kembali yang lebih baik’ dan saya berharap rekonstruksi akan segera selesai secepat mungkin,” kata dia.

Pada resepsi HUT Kaisar Akihito ke-85 tersebut, Wakil Presiden Jusuf Kalla hadir sebagai tamu kehormatan dan mewakili pemerintah serta rakyat Indonesia mengucapkan selamat panjang umur bagi Kaisar Jepang.

Terkait kehadiran Wapres JK dalam resepsi tersebut, Dubes Ishii menganggapnya sebagai kehormatan besar bagi Jepang dan menjadi simbol eratnya hubungan kedua negara.

“Kali ini mungkin akan menjadi kesempatan terakhir untuk menyambut Anda sebagai wakil presiden, namun kami akan tetap mengundang Anda di masa depan, apapun jabatan yang akan Anda miliki, kecuali dan hanya jika Anda meminta kami berhenti mengganggu Anda,” kata Ishii yang disambut tawa Wapres JK dan para hadirin.

Penerjemah: Fathiyah Gazali | Editor: Fares alBadr | Sumber: Antara

تعليقات
Loading...