الرئيس الإندونيسي يطلب من قادة مجموعة العشرين بعدم تكرار أخطاء جائحة كورونا

Jokowi: Jangan Ulang Kesalahan Saat Pandemi Corona, Never Again!"

0 195

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – طلب الرئيس الإندونيسي جوكو ويدودو من أعضاء قمة العشرين اتخاذ خطوات ملموسة لتعزيز المنظمومة الصحية العالمية. حتى لا تتكرر أخطاء مثل جائحة كورونا.

أدلى جوكوي بتصريحه أثناء افتتاحه الجلسة التانية حول الصحة في قمة مجموعة العشرين المقامة حاليًا في جزيرة بالي الإندونيسية. بدأ جوكوي كلمته بالطلب من قادة مجموعة العشرين بألا يهملوا الملف الصحي، على الرغم من إن العالم حاليًا في مرحلة التعافي من جائحة كورونا.

قال جوكوي: “يا قادة مجموعة العشرين، العالم آخذ في التعافي من جائحة كورونا، على الرغم من ذلك لا يمكن أن نهمل الملف الصحي. حالة الطوارئ الصحية التالية يمكن أن تبدأ في أي وقت. يجب أن يكون العالم أكثر استعدادًا لإنقاذ الأرواح والاقتصاد العالمي. يجب أن تتخذ مجموعة العشرين خطوات حقيقية وسريعة”.

أضاف جوكوي: “لا يمكن أن يسمح العالم بتكرار خطأ جائحة كوفيد 19 مرة أخرى. لقد كانت الجائحة درسًا غاليًا للعالم؛ حتى نحمي العالم من أن يصل لحالة طوارئ صحية مرة أخرى. يجب أن نجعل Never Again تميمة لنا”.

ذكر جوكوي في خطبته أن العالم الآن بحاجة لأن تصبح منظمة الصحة العالمية أقوى وأن يكون لها أنياب. يرى جوكوي أن قيم التضامن والتكافل والعدالة يجب أن تكون روح الهيكل الصحي العالمي.

قال جوكوي: “مجموعة العشرين نجحت في تأسيس صندوق للجائحة، هذا الإجراء يجب أن يتبعه زيادة في قيمة مساهمة كل دولة لكي يعمل الصندوق بأفضل شكل ممكن. وأنا أدعو كل الأطراف للمساهمة في هذا الصندوق. إندونيسيا أعطت تعهدًا بالمساهمة بخمسين مليون دولار. كذلك يجب أن تشارك مجموعة العشرين في الإشراف على مهاهدة الجائحة. هذا مهم لتقوية الاستعدادات الصحية على المستوى المحلي والإقليمي والدولي”.

طلب جوكوي أن يتم دعم الدول النامية كجزء من الحل. شدد جوكوي على أنه لا يمكن أن يتم السماح بوجود فجوة في الاستعدادات الطبية.

قال جوكوي: “الدول النامية تحتاج لشراكة تمكينية. يجب أن تكون الدول النامية جزءًا من سلسسلة عالمية بما يشمل البحث  والتصنيع في المجال الصحي. وهذا يمكن أن يحدث إذا زادت الاستثمارات في صناعة الرعاية الصحية، وتعزيز التعاون في مجال البحث ونقل التكنولوجيا وتوفير المواد الخام للدول النامية”.

 

 

المترجم : مؤمن السيفي | المصدر: ديتيك نيوز


Jakarta, Indonesiaalyoum.com –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta anggota G20 mengambil langkah nyata dan siap siaga memperkuat arsitektur kesehatan global. Jokowi meminta dunia tidak mengulang kesalahan yang sama seperti pandemi virus Corona atau COVID-19.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat membuka sesi II mengenai kesehatan di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang digelar di Bali, Selasa (15/11/2022). Jokowi mulanya meminta pemimpin G20 untuk tidak lengah, meski saat ini dunia semakin pulih dari pandemi COVID-19.

“Para pemimpin G20 dunia kita semakin pulih dari COVID-19, tapi kita tidak boleh lengah. Darurat kesehatan berikutnya dapat muncul kapan saja. Kali ini dunia harus lebih siap kesiapsiagaan kita akan menyelamatkan nyawa dan perekonomian. Kita G20 harus mengambil langkah-langkah nyata dan segera,” kata Jokowi.

Jokowi meminta dunia tidak mengulang kesalahan yang sama seperti saat pandemi COVID-19. Dia meminta agar ‘Never Again’ menjadi mantra untuk menyiapkan dunia dari darurat kesehatan global.

“Dunia tidak boleh mengulang kesalahan saat pandemi COVID-19. Ini adalah pelajaran berharga untuk menyiapkan dunia dari darurat kesehatan global. ‘Never Again’ harus menjadi mantra kita bersama,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Jokowi juga mengatakan saat ini dunia membutuhkan Lembaga Kesehatan Dunia (WHO) yang lebih kuat dan bertaring. Menurutnya, solidaritas dan keadilan harus menjadi roh arsitektur kesehatan global.

“G20 telah berhasil membentuk pandemic fund. Ini harus diikuti dengan penambahan kontribusi pendanaan agar berfungsi secara optimal. Saya mengajak semua pihak berkontribusi. Indonesia telah memberikan komitmen 50 juta dolar. G20 juga harus ikut mengawal proses pembentukan traktat pandemi. Ini penting untuk memperkuat kesiapsiagaan di tingkat nasional, kawasan, dan global,” tutur Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi juga meminta agar negara berkembang diberdayakan sebagai bagian dari solusi. Jokowi menegaskan, kesenjangan kapasitas kesehatan tidak boleh dibiarkan.

“Negara berkembang perlu kemitraan yang memberdayakan. Negara berkembang harus menjadi bagian dari rantai fase global termasuk pusat manufaktur dan riset. Ini hanya bisa terjadi jika investasi industri kesehatan ditingkatkan. Kerja sama riset dan transfer teknologi diperkuat dan akses bahan baku produksi untuk negara berkembang diperluas,” kata dia.

Translated by: Mukmin Assaifi | Source: detikNews

تعليقات
Loading...