إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

الرئيس الإندونيسي يكشف عن حقيقة علاقته بمحافظ جاكارتا

Jokowi: Banyak Mengira Saya dan Anies Ada Masalah, Padahal Tiap Hari Guyon

- الإعلانات -

0 255

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – كشف الرئيس الإندونيسي جوكو ويدودو (جوكوي) عن حقيقة الأخبار التي أثيرت في الأيام الماضية عن مشكلات بينه وبين محافظ جاكارتا أنيس باسويدان.

ففي لقاء جمعهم بمبنى سيرباجونا سوكو بوزارة الشباب والرياضة الإندونيسية يوم الأربع الموافق (9/1/2019) لتوزيع 3000 عقد تمليك أراضي لسكان جاكارتا الغربية ، تكلم الرئيس على أهمية إلتزام كل فرد بتعاليم دينه ووحدة أبناء الوطن خصوصا وأن الدولة تبدأ عام سياسي جديد سوف يعقد فيه إنتخابات رئاسية.

ثم أكمل حديثه قائلًا: “كثيرًا من الناس يتكلمون عن مشاكل بيني وبين محافظ جاكارتا الحالي الأستاذ أنيس باسويدان في حين أننا كل يوم تقريبا نلتقي ودائما ما نتبادل النكات ونضحك سويًا.. وهذا ما أريد أن أذكر به الإندونيسيين. لا أريد أن تجعلنا الديموقراطية متفرقين، فلا يوجد أي إنتخابات على أي مستوى سواء كانت رئاسية أو إنتخابات محافظ أو رئيس المدينة تستطيع أن تفرق بيننا”.

وقال الرئيس أنه قد وصلته أخبار بإن هناك مجلس تعليم في مدينة أخرى غير جاكارتا لا يلقي الحاضرون فيه السلام على بعضهم بسبب إختيارتهم السياسية المختلفة. وأكد على أن الإنتخابات الرئاسية تحدث مرة كل خمسة سنوات فقط.

وعلّق جوكوي أيضًا على الشائعة التي تتهمه بإنه عضو في الحزب الشيوعي الإندونيسي (PKI) وقال أن هذا إفتراء، حيث قال: “كلما نقترب أكثر من الحدث السياسي الأكبر في هذا العام كلما زادت الإفترائات والإشاعات والأخبار الكاذبة على مواقع التواصل الإجتماعي، فكثير من الناس على هذه المواقع يقولون أنني من الحزب الشيوعي الإندونيسي (PKI). فهل يعقل أن أكذب عليكم 4 سنوات وأقول الآن خبر كهذا؟”.

المترجم : محمد علي | المصدر: ديتيك


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bicara soal hubungannya dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Seperti apa hubungan keduanya?

Hal itu disinggung Jokowi saat pembagian 3.000 sertifikat tanah untuk warga Jakarta Barat di Gedung Serbaguna Suku Dinas Pemuda dan Olahraga Jakarta Barat, Cengkareng, Rabu (9/1/2019). Anies ikut mendampingi Jokowi dalam kegiatan ini.

Setelah bicara soal penyerahan sertifikat, Jokowi menyinggung soal keberagaman dan menjaga persatuan di tengah masyarakat. Apalagi saat ini Indonesia memasuki tahun politik, yang beberapa bulan lagi akan dilaksanakan pemilihan umum.

“Orang banyak yang mengira saya dan Pak Anies itu ada masalah,” kata Jokowi.

Padahal, kata Jokowi, dia dan Anies sering berbincang dan berguyon. Pandangan yang salah soal hubungan dia dan Anies, menurut Jokowi, perlu diluruskan.

“Padahal tiap hari ketemu guyonan (bercanda), tapi di bawah ini yang malah… ini yang perlu saya ingatkan,” kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengingatkan jangan sampai momen pesta demokrasi malah membuat masyarakat terpecah belah.

“Sekali lagi, jangan sampai pilihan gubernur, wali kota, pilihan presiden kita jadi kayak nggak bersaudara, antarkampung nggak saling ngomong gara-gara pilpres, pilgub,” tutur Jokowi.

Dia juga mengatakan ada jemaah majelis taklim yang tidak saling bertegur sapa hanya karena berbeda pilihan dalam pesta demokrasi. Padahal, Jokowi menegaskan, pesta demokrasi itu berlangsung setiap lima tahun sekali.

“Sampai di majelis taklim, ibu-ibu nggak saling ngomong. Saya dengar itu, tapi nggak di Jakarta Pak Gub, nggak di Jakarta, di daerah lain,” sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga meluruskan isu yang menyebut dirinya sebagai anggota Partai Komunis Indonesia (PKI). Itu merupakan fitnah atas dirinya.

“Mendekati bulan politik seperti ini, isinya di media sosial fitnah, hoax, kabar bohong semuanya. Coba buka di medsos, banyak sekali Presiden Jokowi itu PKI. Saya 4 tahun diam saja, dan sekarang saya mau ngomong. Boleh kan?” kata Jokowi.

“Boleh,” jawab warga.

Penerjemah: Mohamed Ali | Sumber: news.detik.com

(31)

تعليقات
Loading...
Click Me