الهنود في إندونيسيا يساعدون ضحايا الزلزال

Warga India di Indonesia bantu korban gempa

0 876

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  قدم كرالا سماجام إندونيسيا، وهي منظمة اجتماعية وثقافية للمواطنين الهنود من محافظة كيرالا،مساعدات لضحايا زلزال لومبوك، نوسا تينجارا الغربية يوم الأحد .

سلم رئيس كرالا سماجام إندونيسيا المساعدات مباشرة، منها الأرز والملابس والبسكويت وحفاظات الأطفال والحليب المجفف والمكرونة والسكر والنقود لنائب الأمين العام لاتحاد الطلبة وأحدالحاصلين على منحة سوبرسمار، أجوس ريانتو.

“نريد أن نظهر رعايتنا لضحايا الزلزال”، قال ماثيو وهو يرافق مسؤولي كرالا سماجام إندونيسيا، منهم جليل كوتاي وسايدو محمد، في كلمته عند تسليم المساعدات في باحة مسجد الاستقلال.

وقال ماثيو إن كرالا سماجام إندونيسيا في أنشطتها الاجتماعية أيضا توزع المساعدات إلى عدد من دور الأيتام في راوانغان، جاكرتا الشرقية، شي لينشينغ، شمال جاكرتا.

بالإضافة إلى ذلك، توفر كرالا سماجام إندونيسيا أيضًا مساعدة في التعليم للأطفال المحرومين في إندونيسيا.

ووفقا له، إن عدد أعضاء المنظمة أكثر من 200 شخص ويرغبون في تقديم المساعدات لأنهم شعروا أنهم عملوا وحصلوا على الرزق في إندونيسيا ويريدون أن يتبرعوا لشعب إندونيسيا، خاصة ضحايا زلزال لومبوك والأطفال الذين يعيشون في دور الأيتام.

فالمواطنون الهنود يعملون في قطاعات مختلفة مثل البيع بالتجزئة والشحن والتعدين وبعضهم أقاموا في إندونيسيا أكثر من 30 سنة.

“منا المسلمون والهندوسيون والمسيحيون وكلنا متحدينومتعايشين للقيام بعدد من الأنشطة الاجتماعية في جاكرتا خاصة”، قال بيني، الذي يعمل في قطاع التعدين وأقام في اندونيسيا لمدة 19 عاما.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشايقي | المصدر: أنتارا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Kerala Samajam Indonesia, sebuah organisasi sosial dan budaya yang beranggota para warga negara keturunan India asal Provinsi Kerala, menyerahkan bantuan sebagai rasa peduli untuk para korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada Minggu.

Presiden Kerala Samajam Indonesia Benny Matthew menyerahkan langsung bantuan tersebut antara lain berupa beras, pakaian, biskuit, popok bayi, susu bubuk, mie siap saji, gula, biskuit, dan uang kepada Wakil Sekjen Keluarga Mahasiswa dan alumni Penerima Beasiswa Supersemar  Agus Riyanto.

“Kami ingin menunjukkan rasa peduli kami kepada para korban gempa bumi,” kata Matthew, yang disertai para pengurus KSI antara lain Jaleel Kottay Saidumohamed dalam sambutannya pada saat penyerahan di pelataran Masjid Istiqlal Jakarta.

Dalam kegiatan sosialnya, KSI juga memberikan bantuan ke sejumlah panti asuhan di Rawangan, Jakarta Timur, Cilincing, Jakarta Utara, kata Matthew.

Selain itu KSI juga menyediakan bantuan biaya pendidikan bagi anak-anak tidak mampu di Indonesia.

Menurut dia, para anggota organisasinya yang berjumlah lebih dari 200 orang terpanggil untuk memberikan bantuan karena mereka merasa telah bekerja mencari nafkah di Indonesia dan ingin berbagi dengan orang-orang Indonesia khususnya para korban gempa bumi di Lombok dan anak-anak yang tinggal di panti asuhan.

Para warga negara India itu bekerja di berbagai sektor seperti ritel, perkapalan dan pertambangan dan masa tinggalnya di Indonesia sudah ada yang melebihi 30 tahun.

“Di antara kami, ada yang beragama Islam, Hindu dan Kristen dan semuanya bersatu dan rukun untuk melakukan berbagai kegiatan sosial di Jakarta khususnya,” kata Benny, yang bekerja di sektor pertambangan dan telah tinggal di Indonesia selama 19 tahun.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor:  Talal Al-Shaigi | Sumber:  Antara

تعليقات
Loading...