الوجهة السياحة ساونج أنكلونج أدجو الشهيرة عالمياً

Wisata ke Saung Angklung Udjo yang Mendunia

0 848

باندونج، إندونيسيا اليوم – اشتهر ساونج أنكلونج أدجو بباندونج في العالم. إذا كنت في باندونج، بإمكانك مشاهدة عرض أنكلونج الرائع. العطلة الممتعة لا تتسم فقط بالاستمتاع بجمال الطبيعة فقط، بل تعلم ثقافة هذا البلد أيضا من العطلة الممتعة. وقد جذبت هذه الثقافة السياح الأجانب، ولماذا نحن لا ننجذب لها؟

تقدم مدينة باندونج وجهات سياحية مثيرة للاهتمام تتعلق بالفنون والثقافة في إندونيسيا. تقع ساونج أنكلونج أدجو بقرية باداسوكا،  مدينة باندونج. يقدم ساونج أنكلونج أدجو مكانًا للأداء، ومركزًا للحرف اليدوية المصنوعة من البامبو، وورشة عمل لأدوات البامبو.

أسس أودجو نغالاغينا ساونج أنكلونج أدجو عام 1966، بهدف الحفاظ على الفن والثقافة التقليدية السونداوية والمحافظة عليها خاصة أنكلونج. وحاليا، اشتغل ساونج أنكلونج أدجو  أكثر من 50 عاما وقام بتنمية المجتمع المحيط كحرفي وفنان.

يقيم ساونج أنكلونج أدجو عرضًا كل يوم. يبدأ العرض بافتتاح من قبل رئيس الجلسة والتعريف بساونج أنكلونج أدجو. ثم بدأ عرض وايانج كمقدمة هذا لأداء الفني، يبعتها لعبة أنكاونج والأداة الموسيقية من البامبو التي لحنت أغاني الأرخبيل والأجانب.

تختلف الآلات الموسيقية المستخدمة ابتداء من أرومبا إلى جميلان. وتم إحياء العرض برقصة القناع والعروض الثقافية الأخرى في جاوا الغربية. قدم أدجو أيضًا ابتكارًا عن طريق تعديل أوركسترا أنكلونج التي لعبت أنواعًا مختلفة من الأغاني اتبدءًا من توينكلي-توينكلي ستار حتى  إلى الأغاني الأجنبية.

تنتهي العروض في ساونج أنكلونج أودجو بالتعلم واللعب مع أنغكلونغ معاً. يتم توزيع أنكلونج للزوار من قبل الأطفال الصغار هناك، ويجب على الزوار اتباع التعليمات في أنكلونج حتى تصبح أغنية. وفي العروض النهائية، يمكن للزوار شراء أنواع مختلفة من الهدايا التذكارية من البامبو بأسعار متفاوتة.

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر: طلال الشايقي | المصدر: ديتيك


Bandung, Indonesiaalyoum.com – Saung Angklung Udjo di Bandung, sudah terkenal hingga mancanegara. Traveler yang lagi di Bandung, bisa mampir melihat langsung pertunjukan angklung yang keren. Liburan bukan hanya untuk menikmati keindahan alam saja. Belajar mengenal budaya negeri ini juga bisa membuat liburan menjadi menyenangkan. Banyak orang luar negeri pun tertarik, mengapa kita tidak?

Kota Bandung menyuguhkan destinasi wisata yang menarik yang berhubungan dengan seni dan budaya Indonesia. Terletak di Padasuka, Kota Bandung, Saung Angklung Udjo menyuguhkan tempat pertunjukan, pusat kerajinan tangan dari bambu, dan workshop instrument dari bambu.

Didirikan pada tahun 1966, Udjo Ngalagena sebagai pemilik dari Saung Angklung Udjo bermaksud melestarikan dan memelihara seni dan kebudayaan tradisional Sunda khususnya angklung. Sekarang, sudah lebih dari 50 tahun Saung Angklung Udjo berdiri dan mensejahterakan masyarakat sekitarnya sebagai pengrajin maupun performer di sana.

Setiap hari, Saung Angklung Udjo melaksanakan sebuah pertunjukan. Pertunjukan dimulai dengan opening oleh MC dan pengenalan mengenai Saung Angklung Udjo. Kemudian, pertunjukan wayang golek menjadi pembuka dari pentas seni ini, dilanjutkan dengan permainan angklung dan alat musik dari bambu yang menyenandungkan lagu-lagu Nusantara bahkan mancanegara.

Alat musik yang digunakan sangat beragam mulai dari arumba sampai gamelan. Dan pertunjukan pun dimeriahkan dengan tarian topeng dan pagelaran budaya Jawa Barat lainnya. Udjo juga melakukan sebuah inovasi dengan memodifikasi angklung orchestra yang memainkan berbagai jenis lagu mulai dari Twinkle Twinkle Little Star sampai dengan lagu-lagu mancanegara.

Pertunjukan di Saung Angklung Udjo diakhiri dengan belajar dan memainkan angklung bersama. Angklung dibagikan kepada pengunjung oleh anak-anak kecil di sana, dan pengunjung harus mengikuti instruksi untuk menggoyangkan angklung sehingga menjadi sebuah lagu. Selesai pertunjukan, pengunjung bisa membeli berbagai macam suvenir dari bambu dengan harga yang bervariasi.

Penerjemah: Sairul Nafsahu | Editor: Talal Al-Shaiqi | Sumber: detik

تعليقات
Loading...