الولايات المُتَحِدة الأمريكية تَحُث المُحمَدية على رَفضْ الذي يَحدُثْ في الصين..

AS Dorong Muhammadiyah Suarakan Pelanggaran HAM di Xinjiang

256

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – تُشَجِع الولايات المُتحدة الأمريكية، مسؤولين جَمعية المحمدية أن يواصلوا شَجبْهم واعرابهم عَن مخاوفهم تجاه ما يحدث لأقلية الإيجور المسلمة في الصين، من انتهاكات لحقوق الإنسان. عَبّر عن ذلك، سفير الولايات المتحدة لدى إندونيسيا، جوزيف إير دونوفان، عند لقاءه بالرئيس العام لجمعية المحمدية، حيدر ناصر.

أكد دوفان أنه بَحث مَع حيدر العديد مِن الأمور. بداية مِن المشاكل الثنائية بين البلدين، والمشاكل الدَولية. تم ذلك اللقاء في المبنى العام الدعوي لجمعية المحمدية في جاكارتا الوسطى، يَوم الثلاثاء (15/10/2019).

قال دوفان: “الجَمعية المحمدية تُعطي مثال جيد للعالم، في كيفية احترام حرية العقيدة الدينية. وهذه من القيم المشتركة بيننا وبين إندونيسيا. ناقشنا العديد من الأمور، مثل سُبل التعاون بين الجمعية المحمدية وسافرة الولايات المتحدة الأمريكية، خصوصا في الجانِب التعليمي والصحي. بالإضافة إلى استرجاع بعض الشركات الناجحة بالفعل، مثل ورش محكافحة الفساد، وبرامِج الصحة العامة”.

وأضاف: “ناقشنا سويًا بعض المشاكل العالمية، وشجعتُ الجمعية المحمدية على مواصلة رفض مايحدث تجاه أقلية الإيجور في الصين. وأتفقنا على أن نلتقي مجددا وأن نناقش تلك المشكلة مرة أخرى”.

وعندما سُئل دوفان، هل ناقش مشكلة الإيجور مع الحكومة الإندونيسية بشكل رَسمي. قال أنه ناقشها بالفعل ولكن لم يعطي أي معلومات تفصيلية عن شكل المناقشة أو عن رد الحكومة الإندونيسية.

حيثق قال: “لَن أقول ما هو رَد الحكومة الإندونيسية. هذا ليس بالأمر العادِل أو الصحيح. وبشكل عام فإننا نُعرِبُ عن قلقنا، ليس فقط عن ما يحدث في الصين، ولكن في كازاختسان وأماكن أخرى”.

وعندما سُئل عن تواجُد تعاون مشترك بين المحمدية والولايات المتحدة الأمريكية لحل مشكلة الإيجور في الصين. أجاب أنه لا يوجد تعاون وأنهم فقط يُشجعون المحمدية لرفض تِلك المشكلة.

 

المترجم : محمد علي | المصدر: وِكالة سيدونيوز الإخبارية


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Amerika Serikat (AS) mendorong pihak Muhammadiyah untuk terus menyuarakan keprihatinan atas pelanggaran HAM yang dilakukan China terhadap etnis Uighur di Xinjiang. Dorongan itu disampaikan Duta Besar AS untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr saat bertemu Ketua Umum Muhammadiyah, Haedar Nashir.

Donovan, yang ditemui di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, menuturkan, dia dan Haedar membahas sejumlah isu, mulai dari bilateral hingga isu internasional.

“Muhammadiyah memberikan contoh kuat kepada dunia tentang penghormatan kemerdekaan beragama dan keberagaman. Nilai bersama yang dijunjung Indonesia dan AS. Kami tadi membahas berbagai permasalahan, termasuk kerjasama antara Muhammadiyah dan Kedutaan Besar AS, terutama di bidang kesehatan dan pendidikan. Kami juga membahas kemitraan sukses, seperti contohnya lokakarya literasi media bidang anti korupsi dan program kesehatan publik,” ucap Donovan.

“Saya juga tadi membahas beberapa masalah internasional dan mendorong Muhammdiyah untuk terus menyuarakan keprihatinan atas aksi represif yang dilakukan terhadap minoritas Uighur di China. Kami sepakat akan bertemu lagi, untuk bekerja sama untuk mengatasi masalah ini,” sambungnya pada Selasa (15/10/2019).

Ketika disinggung apakah dia juga telah membahas masalah Xinjiang dengan pemerintah Indonesia, Donovan mengaku telah membahasnya. Namun, Donovan menolak memberikan keterangan mengenai sikap atau respon Indonesia mengenai masalah ini.

“Saya tidak akan mengkarakterisasi tanggapanya. Tidak adil jika saya melakukannya. Tapi yang pasti, kami menyampaikan keprihatinan kami tentang apa yang terjadi, bukan hanya di Xinjiang, tapi juga di Kazakstan dan di tempat lainnya,” ungkapnya.

Lalu, saat ditanya apakah ada kerjasama dengan Muhammadiyah soal Xinjiang. Dia mengatakan tidak ada kerjasama dan menyebut dirinya hanya mendorong Muhammadiyah untuk terus menyuarakan isu ini.

Penerjemah: Mohamed Ali | Sumber: international.sindonews.com

تعليقات
Loading...